20 Katalog Harga Ikan Terbaru dan Lengkap!

Beternak ikan bukanlah suatu hal yang mudah, ada banyak sekali kendala yang akan dihadapi dan juga harus dilewati agar beternak menjadi sukses dan berhasil. Lalu mengapa harus beternak ikan nila dan bukan jenis ikan lainnya?

Sebab nila memiliki pasaran yang sangat tinggi, ikan tersebut banyak digemari oleh masyarakat. Olahan menggunakan ikan tersebut sebagai bahan dasarnya pun sangat mudah sekali dan juga terdapat aneka macam menu.

Sebelum melangkah jauh, mari kita ulas sedikit mengenai pengertian ikan. Apa itu ikan? Ikan sendiri adalah hewan yang hidup bertempat tinggal di dalam air. Alat pernapasan utamanya adalah insang dan bergerak dengan sirip.

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur, namun ada beberapa ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Salah satunya adalah lumba-lumba. Macam-macam ikan sendiri terbagi lagi menjadi dua yakni ikan air laut dan ikan air tawar.

Selengkapnya simak daftar isi berikut ini.

Ikan Air Laut

 Ikan Air Laut
Gambar Ikan Air Laut (Tokopedia)

Jenis ikan air laut ini tentunya hidup di dalam laut, akan mati apabila dipindahkan ke dalam air tawar. Ikan laut masih bisa hidup diluar habitat aslinya, namun terdapat kondisi khusus terlebih dahulu.

Air yang digunakan untuk menampung ikan tersebut harus merupakan air yang sudah dicampur dengan garam khusus yang membuat air tersebut menyerupai air laut. Kebanyakan ikan air laut adalah ikan hias yang kecil-kecil apabila masih berada di dalam kedalaman air yang dangkal.

Namun tak hanya berfungsi sebagai ikan hias saja, ikan air laut juga bisa dikonsumsi dan kaya sekali akan omega yang bermanfaat bagi otak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ikan laut akan sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan otak anak dan remaja. Ikan laut sering diolah menjadi minyak ikan kemasan yang kemudian dikonsumsi dalam bentuk kapsul.

Ikan Air Tawar

Ikan Air Tawar
Gambar Ikan Air Tawar (Tokopedia)

Ikan air tawar ini jelas keberadaannya adalah di air tawar, bisa di sungai, di danau maupun di rawa-rawa. Ikan nila adalah salah satu ikan yang masuk ke dalam kategori ikan air tawar.

Ikan air tawar ini lebih banyak diminati sebagai konsumsi sehari-hari dibandingkan dengan ikan laut. Sebab cara mendapatkannya lebih mudah, harganya lebih murah serta proses pengolahannya lebih mudah pula.

Sama halnya dengan ikan laut, ikan air tawar apabila dimasukkan ke dalam air asin laut juga pasti akan mati. Oleh sebab itu antara keduanya tidak bisa dipindah tempatkan, di luar hal itu semua tetap ada beberapa jenis ikan yang bisa beradaptasi di kedua jenis air tersebut, yakni air asin dan air tawar.

Cara Budidaya Ikan Nila


Selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara pengembang biakkan ikan nila. Ikan nila ini tergolong ikan yang sangat mudah sekali untuk dikembang biakkan.

Meskipun begitu, mudah bukan berarti tidak ada kesulitan dan tidak perlu ada yang harus diperhatikan dalam pembudidayaannya. Ikan nila sendiri apabila sudah besar bisa mencapai berat 1 kg, dagingnya gurih dan juga sangat banyak.

Tidak seperti umumnya ikan, ikan nila ini mencapai kedewasaan saat umur 4 bulan hingga 5 bulan. Ikan ini berkembang biak dan siap kawin pada umur antara 1 sampai 2 tahun.

Waktu yang cukup lama bila dibandingkan dengan ikan jenis lainnya. Ketika ikan nila sudah mencapai umur 1 tahun pertama, berat ikan tersebut bisa mencapai 1 kilogram.

Satu ekor ikan nila bisa mengeluarkan larva atau telur ikan sekitar 1200 sampai dengan 1500 sekaligus. Cukup banyak sekali namun tentu saja tidak semua telur tersebut menetas dan berhasil tumbuh menjadi ikan nila dewasa.

Pertumbuhan ikan nila ini tergantung pH di dalam air, suhu air sebaiknya antara 20 sampai dengan 30 derajat celcius, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Sementara itu kadar pH di dalam air sebaiknya antara 7 sampai dengan 8 saja.

Pakan ikan juga sangat berpengaruh sekali dalam perkembangan dan pertumbuhan si ikan. Macam-macam pakan ikan tersebut antara lainnya adalah lumut, pelet dan juga cacing. Tidak jarang potongan daging ikan kecil yang masih mentah juga dijadikan sebagai pakan ikan.

Nasi dan roti juga kerap kali dijadikan sebagai pakan ikan, sayangnya hal itu amat tidak sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan nila tersebut. Hanya berikan pakan yang benar dan juga bergizi pada ikan agar ikan tumbuh dengan baik.

Selanjutnya hal yang juga harus diperhatikan baik-baik dalam pengembang biakkan ikan adalah dengan cara memilih benih ikan yang baik. Antara bibit jantan dan betina, sebaiknya Anda memilih benih jantan yang lebih banyak, sebab perkembangannya 40% jauh lebih cepat dari pada yang betina.

Namun bila untuk indukan, dalam satu kolam bisa ditaruh 3 ekor betina dengan 1 ekor jantan. Sebab 1 ekor jantan mampu membuahi betina tersebut, selanjutnya pisahkan atau angkat indukan tersebut dan biarkan telur ikan menetas.

Satu lagi tips yang bisa Anda lakukan untuk bibit adalah, jangan mencampur bibit jantan dan betina dalam satu kolam. Sebaiknya dipisahkan saja sebab ikan nila sangat mudah sekali untuk kawin dan berkembang biak.

Hal itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap berat badan ikan. Akibatnya dalam satu kolam, berat ikan akan banyak sekali yang berbeda. Hal itu sedikit banyak akan merugikan bisnis ternak nila Anda. Sediakan kolam pembenihan sendiri dan kolam bibit sendiri.

Untuk membuat kolam ikan juga harus diperhatikan betul-betul, tinggi minimal kolam adalah 30 cm dari permukaan. Tinggi minimal tersebut akan mencegah ikan nila meloncat dari dalam air.

Kolam tanah maupun kolam terpal bisa digunakan, untuk kolam tanah sendiri sangat mudah sekali untuk dibuat. Kelebihan dari kolam tanah dibandingkan dengan kolam terpal adalah bahwa kolam tanah membuat ikan mendapatkan sumber pangan alami dari dalam tanah.

Misalnya saja lumut, cacing dan juga hewan kecil lainnya. Namun baik itu kolam tanah maupun kolam terpal, hal itu terserah Anda. Kolam terpal di sisi lain akan lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan kolam tanah.

Untuk intensitas kekotoran kolam, baik kolam terpal maupun kolam tanah akan sama-sama sering kotor dan harus dibersihkan minimal seminggu sekali. Tergantung dari banyaknya ikan yang ada di kolam serta luas kolam tersebut.

Kolam yang sudah digali harus didiamkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari secara langsung selama 3 sampai dengan 7 hari. Baru setelahnya kolam bisa diisi dengan air dan benih dimasukkan ke dalam kolam.

Penebaran ikan juga harus diperhatikan, setiap meter kubiknya setidaknya hanya boleh 15 sampai dengan 30 ekor benih ikan nila yang dimasukkan. Apabila terlalu banyak maka ikan akan kecil-kecil dan tidak maksimal beratnya.

Itulah tadi sedikit tips mengenai pengembang biakkan ikan yang dapat Anda tiru untuk dilakukan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp24000 to Rp32000


Ikan Nila

Ikan ini termasuk dalam jenis ikan air tawar dan sering dibudidayakan oleh masyarakat baik karena hobi atau untuk usaha.Ikan ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan bahkan banyak yang berpendapat bahwa ikan ini dapat menambah kecerdasan.Biasanya ikan nila akan mendiami berbagai habitat air tawar yang memiliki saluran air yang dangkal, sungai, kolam maupun danau. Karena termasuk jenis ikan yang mudah didapat, harga ikan nila sangat terjangkau

Ikan Gabus

kan gabus pada umumnya ditemukan di dataran air tawar, di mana ikan  ini bermigrasi dari sungai dan danau dan kadang bertahan dengan menggali di lumpur. Dikarenakan ikan gabus adalah jenis ikan predator, maka ikan ini sering sekali memakan aneka ikan kecil-kecil seperti serangga dan berbagai hewan air lainnya termasuk berudu dan kodok.

Ikan Lele

Ikan Lele mudah dikenali karena memiliki tubuh yang licin, pipih memanjang dan yang paling khas adalah kumisnya yang panjang di bagian mulutnya. Ikan lele ini terkenal dengan patilnya sehingga Anda harus berhati-hati ketika memegang ikan ini. Di indonesia, biasanya ikan ini diolah menjadi pecel lele , menjadi abon ataupun digoreng langsung. Harga ikan lele pun sangatlah murah baik saat hidup atau pun telah menjadi hidangan

Ikan Mas

Ikan mas termasuk ikan yang cukup dikenal dengan baik di Indonesia. Ikan ini juga memiliki berbagai jenis berbeda dengan bentuk yang unik salah satunya ikan mas koki. Sebagai salah satu ikan hias, harga ikan mas bervariasi mulai dari puluhan ribu bahkan hingga jutaan rupiah.

Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red termasuk ke dalam ikan hias yang digemari karena warna nya yang cantik. Bentuk tubuhnya yang seperti bentuk naga menjadikan ikan ini sering juga disebut dragon fish. Karena kecantikannya tidak herang bila harga ikan arwana super red ini bisa mencapai puluhan juta.

Ikan Kerapu

Ikan kerapu merupakan ikan yag hidup dikarang dan cukup banyak ditemukan di Indonesia. Ikan ini menjadi primadona karena tekstur dagingnya serta kandungan vitamin di dalamnya. Sehingga tidak mengherankan bila harga ikan kerapu bisa sangat mahal dan banyak yang membudidayakan

Ayam Pelung

Ayam pelung termasuk kedalam jenis ayam yang sangat diminati di Indonesia. Selain karena warna bulunya yang indah suara kokokan dari ayam pelung ini juga sangat merdu. Contoh ayam pelung yang sangat diminati adalah Ayam pelung asli Cianjur meskipun harga ayam cepung jenis ini terbilang cukup mahal dibanding ayam biasa

Ikan Aligator

Ikan Aligator memiliki bentuk tubuh yang menyerupai dengan torpedo. Sirip anal dan sirip pungguh  ikan ini terletak dibagian bekalang dengan posisi yang hampir berlawanan. Karena bentuknya yang memanjang, untuk mengoleksi ikan ini dibutuhkan aquarium dengan ukuran yang besar hingga mencapai satu meter. Harga ikan aligator juga cukup terjangkau sehingga tidak heran jika banyak oroang yang memelihara ikan ini

Ikan Cupang

Banyak orang yang tertarik memelihara jenis ikan ini karena memiliki warna yang begitu lucu dan menggemaskan. Sehingga banyak yang menjadikan ikan yang satu ini sebagai ikan hias untuk akuarium di rumah. Ikan cupang punya banyak sekali jenis dari ikan yang satu ini. Masing-masing jenisnya pun memiliki bentuk dan warna yang begitu unik. Harga ikan cupang ini pun sangat murah mulai dari 5 ribu hingga peranakan khusus yang bisa mencapai jutaan

Ikan Hias

Ikan hias adalah jenis ikan yang habitatnya ada di air tawar maupun air asin yaitu laut. Sama dengan namanya, ikan ini diperuntukkan untuk menghiasi suatu ruangan maupun taman. Harga ikan hias ini juga beragam tergantung dengan jenis nya

Ikan Guppy

Ikan Guppy adalah salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer, memiliki berbagai varian, keindahaan dan kecantikan yang umumnya terletak pada ekornya hingga hari ini kita juga bisa menemukan harga ikan guppy termahal di pasaran yang dapat mencapai ratusan ribu. Ikan guppy sangat mudah dipelihara dan termasuk jenis ikan hias yang tidak membutuhkan mesin oksigen atau aerator dan bisa hidup bersama dengan ikan jenis lainnya dalam satu aquarium.

Ikan Arapaima

Arapaima disebut juga dengan ikan pirarucu atau paiche atau arapaima gigas. Ikan pirarucu ini memiliki habitat asli yang berada di perairan laut daerah Amerika Selatan. Ikan ini sering dijumpai di sungai amazon, brazil. Karena berasal dari luar Indonesia, harga ikan arapaima dapat mencapai jutaan rupiah Ikan pirarucu dibudidaya di beberapa kebun binatang dan akuarium yang ada di Indonesia. Kebun binatang yang mengelola ikan pirarucu ini adalah Sea World Jakarta, River World Purbalingga, SKI Binabarum Bogor, Eco Green Park Malang, Gembira Loka Jogja, TMII ( Taman Mini Indonesia Indah ) serta Elephant Safari Park Bali.

Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri merupakan salah satu ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Bagi anda yang belum pernah mencoba ikan tenggiri, tentu wajib bagi anda untuk menikmati kelezatan ikan laut ini. Kandungan yang ada didalamnya mampu menjaga dan tidak merusak fungsi organ dalam tubuh. Selain itu ikan ini juga mampu mencegah kerusakan otak karena adanya kandungan zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh manusia. Harga ikan tenggiri pun sangat terjangkau sehingga sangat cocok dijadikan lauk setiap hari

Ikan Gurame

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan tawar yang berasal dari perairan Indonesia, Malaysia, Indochina dan Thailand. Dari negara kita, gurame berasal dari pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Banyak sekali olahan makanan dari ikan gurame yang bermanfaat bagi kita sebab ikan ini mengandung berbagai protein hewani yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Untuk satu ekornyaharga ikan gurame dapat mencapai ratusan ribu tergantung dengan ukuran badannya

Ikan Discus

Salah satu keunggulan dari ikan jenis ini yaitu memiliki corak, bentuk tubuh hingga gaya berenang yang begitu elegan sehingga menjadikan ikan jenis ini menjadi satu-satunya ikan hias yang paling populer di Indonesia. Meski tergolong ikan yang langka dengan bentuk badan yang unik, namun ikan jenis ini bisa ditempatkan bersama jenis ikan yang lainnya. Selain itu, harga ikan discus bisa dikatakan cukup murah karena hanya mencapai angka 250 ribu rupiah

Ikan Tuna

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan laut. Tidak seperti umumnya ikan yang memiliki daging berwarma putih secara keseluruhan, daging ikan tuna terdiri dari daging berwarna putih dan 1/6 bagian daging berwarna merah.Karena keunikan daging, rasa, dan kandungan nutrisinya ikan tuna menjadi ikan komersil yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Harga ikan tuna di Jepang misalnya dapat mencapai ratusan juta rupiah

Ikan Koi

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang ada salah satunya adalah ikan koi. Kebanyakan jenis ikan koi ini berasal dari jepang, banyak orang yang memelihara ikan ini untuk hiasan. Karena memang bentuk corak dan warna ikan koi begitu indah. Hal ini juga mengakibatkan harga ikan koi cukup mahal yaitu mulai ratusan ribu untuk ukuran 20-30cm.

Ikan Arwana

Salah satu iklan dengan harga mahal adalah ikan arwana. Ikan ini jarang untuk dikonsumsi melainkan untuk hiasan. Wajar, karena harga ikan arwana bisa mencapai ratusan juta. Siapa yang mau makan kalau harganya segitu?