Harga Kucing Anggora

Kucing Anggora menjadi salah satu jenis kucing yang sangat pintar dan menggemaskan. Anda penggemar kucing? Jika iya tentu Anda sudah tidak asing dengan salah satu jenis kucing yang satu ini. Seperti yang diketahui, jenis kucing yang satu ini memang sudah sangat populer di hampir seluruh dunia.

Sebagian besar cenderung suka dengan kucing ini karena memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh jenis kucing yang lainnya. Umumnya jenis kucing yang satu ini memiliki keunikan pada bagian bulunya, bentuk badannya hingga suaranya.

Sejarah Kucing Anggora

Bagi yang masih belum tahu tentang kucing bernama Anggora itu seperti apa. Maka perlu diketahui bahwa kucing ini merupakan jenis kelompok kucing yang sangat tua di dunia. Karena termasuk dalam kucing tertua di dunia tersebut tidak heran jika jenis kucing ini sudah sangat langka dan sulit dijumpai.

Baca juga : Harga Kucing Munchkin

Nama kucing Anggora sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Turki. Beberapa bahkan juga ada yang mengatakan bahwa kucing ini sangat berkaitan erat dengan mitos berdirinya negara turki tersebut. Jika dilihat secara fisik, kucing jenis ini umumnya memiliki ciri khas yang bisa dikatakan cukup menarik.

Mengapa? Kucing yang satu ini sangat lucu memiliki bentuk tubuh langsing dan memiliki bulu yang tebal. Tidak hanya itu kucing ini juga memiliki bentuk kepala segitiga dan bentuk hidung lebih mancung dibandingkan jenis kucing pada umumnya.

Karena bentuknya yang begitu lucu tersebut, tidak heran jika harga jualnya di pasaran pun masih relatif cukup mahal.

Berbicara tentang harga memang cenderung berbeda-beda. Seperti yang diketahui, kucing jenis ini memiliki banyak sekali macamnya. Sehingga umumnya harga tersebut sudah disesuaikan dengan bentuk fisik, jenis, dan warna bulunya. Semakin unik dan menarik bentuk dan warna bulu kucing tersebut, maka harganya pun cenderung lebih mahal.

Tertarik untuk memeliharanya? Nah bagi Anda yang sekarang ini berencana untuk memelihara jenis kucing Anggora tidak ada salahnya jika Anda lebih mengenalnya. Anda perlu lebih mengenal tentang karakteristik, jenis, dan cara perawatannya dengan benar.

Ratu Marie Antoinette Kucing Anggora
Ratu Marie Antoinette yang Mempopulerkan Anggora Turki (©duncan1890 | Getty Images)

Perlu diketahui, bahwa perawatan jenis kucing bisa dikatakan cukup sulit dibanding kucing pada umumnya. Karena sifatnya yang sensitif tersebut, perlu adanya kehati-hatian dalam perawatannya.

Bagi Anda yang sekarang ini berencana untuk memelihara jenis kucing yang satu ini. Tidak ada salahnya jika Anda memahami lebih lanjut tentang ciri dan jenis-jenisnya. Berikut ini sedikit ulasan tentang ciri-ciri dan jenis kucing ras Anggora yang perlu Anda ketahui.

Di luar negeri, kucing anggora diharga bermacam-macam. Untuk anggora dewasa berdasarkan situs thehappycatsite.com harganya mulai $800 – $3000 bahkan lebih. Jika dirupiahkan dengan nilai kurs sekarang ($1 = Rp14.261) maka harganya berkisar Rp11.409.200 – Rp42.784.500.

Berbicara tentang harganya, kucing ini memiliki harga yang bervariasi yang disesuaikan dengan jenis dan umur. Berikut adalah pembahasan tentang harga kucing Anggora sesuai dengan jenisnya mulai dari kucing Anggora harga 200 ribu hingga jutaan:

Daftar Harga Kucing Anggora Semua Jenis dan Umur Terbaru

Tipe KucingUmurHarga
Anggora Kitten Mix Domestic3 bulanRp150.000
Anggora Calico Betina3 bulanRp750.000
Anggora Grey Brown7 bulanRp600.000
Anggora Mix Dome4 bulanRp300.000
Anggora Anakan3 bulanRp450.000
Anggora Kitten Jantan3 bulanRp500.000
Anggora Anakan3 bulanRp450.000
Anggora Kitten Jantan umur3 bulanRp500.000
Anggora Campuran umur11 bulanRp350.000
Anggora Betina Ekor Bugel6 bulanRp400.000
Anggora Hibah3 bulanRp500.000
Anggora Odd Eye2 bulanRp1.500.000
Anggora Sepasang3.5 bulanRp900.000
Anggora Shorthair6 bulanRp550.000
Anggora Asli betina1 tahunRp1.500.000
Anggora Peaknose1.5 bulanRp1500.000
Anggora Kecil dan Persia9 bulanRp2.500.000
Kucing Anggora Murah4-5 bulanRp600.000
Anggora Kecil 2 bulan umur2 bulanRp700.000
Anggora Anakan Mix Himalaya2.5 bulanRp300.000
Anggora Medium Jantan1 tahunRp650.000
Anggora Dewasa9 bulanRp900.000
Anggora Putih2.5 bulanRp400.000

Jenis-Jenis Kucing Anggora

Ada beberapa macam atau jenis kucing anggora yang ada sekarang ini, jenis ini berdasarkan pada variasi keaslian dari kucing anggora itu sendiri apakah ada campuran atau tidak. Setidaknya ada 3 macam kucing anggora, yaitu:

1. Anggora Asli (Anggora x Anggora)

Kucing Anggora Bulu Tipis
Foto Kucing Anggora Bulu Tipis (Tetsu Yamazaki)

Anggora asli memiliki daya tarik tersendiri yang membuat penggemarnya selalu gemas melihatnya. Kucing ini dijual sangat mahal di pasaran sehingga Anda harus menyiapkan bujet yang cukup untuk membelinya. Harga mahal ini dipengaruhi beberapa hal yaitu karena warnanya yang indah (putih), dan matanya yang juga indah.

Baca juga : Harga Kucing Persia

Berdasarkan informasi terbaru, kucing ini dibanderol sekitar Rp3000.000 rupiah untuk harga anak kucing Anggora umur 3 bulan khusus untuk anakan yang belum divaksin.

Sedangkan, untuk anakan 3 bulan yang sudah di vaksin adalah sekitar Rp7000.000 an. Untuk Anggora dewasa dibanderol dengan harga dua kali lipatnya. Untuk umur 6 bulan memiliki harga 8 s/d 9 jutaan (belum vaksin) dan 12 juta (sudah vaksin).

2. Anggora Campuran (Anggora x Persia)

Jenis Anggora yang satu ini merupakan perpaduan antara Anggora dan persia. Ada banyak penjual yang menjual kucing ini dikarenakan hasil dari persilangan keduanya sangat unik.

Ada bagian tubuh yang mirip Anggora dan ada bagian tubuh lain yang mirip kucing persia. Beberapa hasilnya malah hampir mirip seperti persia yang memiliki tubuh bulat.

Untuk mengetahui bagaimana gambar kucing Anggora campuran ini, anda dapat melihatnya di internet. Di pasaran, kucing ini dibanderol cukup murah dan pastinya terjangkau untuk siapapun.

Kucing Anggora Putih Main
Foto Kucing Anggora Putih Main (Heikki Siltala, catza.net)

Harga kucing ini berkisar antara Rp600.000 s/d Rp700.000 per anakan umur 3 bulan (belum vaksin). Untuk anakan umur 3 bulan yang sudah divaksin dibanderol dengan harga sekitar Rp900.000 s/d Rp1.100.000 rupiah. Cukup murah, bukan?

Bagaimana dengan harga kucing Anggora dewasa? Jika pada Anggora asli haya bisa membeli satu kucing untuk Rp3000.000, tidak untuk Anggora campuran. Anda dapat membeli 2 Anggora campuran sekaligus. Harga yang dibanderol untuk dewasa umur 6 bulan berkisar Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000 rupiah saja.

3. Anggora Campuran (Anggora x Kampung)

Kucing Anggora Belang
Foto Kucing Anggora Belang (Heikki Siltala, catza.net)

Jenis campuran Anggora lainnya adalah persilangan dari Anggora dengan kucing kampung. Jenis Anggora ini dibanderol dengan harga yang sangat murah di bawah harga campuran antara Anggora dan Persia.

Karena harga kucing Anggora murah, ia memiliki peminat yang cukup banyak. Selain itu, perpaduan antara keduanya juga cukup unik yaitu terlihat pada tulang dan bulunya yang nampak seperti kucing kampung sedangkan bentuk mata dan wajahnya nampak seperti Anggora yang aslinya.

Untuk harganya sendiri, Anggora campuran ini dibanderol dengan harga sekitar Rp200.000 s/d Rp400.000 dengan umur 3 bulan yang belum divaksin maupun yang sudah divaksin. Sedangkan untuk harga Anggora campuran dewasa berumur 6 bulan biasa dibanderol sekitar Rp600.000 untuk yang sudah divaksin sebelumnya.

Nah, itu tadi daftar harga terbaru yang dijual di pasaran. Harga tersebut bisa saja berubah setiap waktu sehingga Anda harus sering mencari info terbaru. Untuk membeli kucing ini, Anda dapat pergi ke toko hewan terpercaya yang jual kucing Anggora.

Baca juga : Harga Kucing Persia Medium

Jenis-Jenis Kucing Ras Anggora

Bagi Anda yang masih belum tahu tentang jenis kucing Anggora. Kucing yang satu ini memiliki banyak sekali ragamnya. Untuk membedakan jenisnya pun juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu melihat dari warna bulu dari kucing tersebut.

Kucing Anggora Loreng
Foto Kucing Anggora Loreng Coklat, Hitam, Putih (Tetsu Yamazaki, Animal Photography)

Umumnya warna kucing yang satu ini tersedia banyak sekali jenis yang sangat menarik, dilihat dari warna bulu maupun matanya. Beberapa warna yang tersedia di pasaran seperti warna tabby (tutul hitam dan perak), warna putih (mata berwarna kuning emas), warna torbie (putih dan hitam), warna tortoiseshell (hitam asap), warna tabby (bercak cokelat), dan warna torbie (krem putih dan biru).

Sebenarnya masih ada banyak lagi warna kucing ras Anggora yang sudah diakui oleh FIFE atau Federation International Feline. Bagi yang belum tahu apa itu FIFE, FIFE merupakan sebuah lembaga yang mendaftar setiap jenis kucing Anggora terdapat di dunia.

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Sebelum memelihara jenis kucing yang satu ini, tidak ada salahnya jika Anda perlu memahami karakter dari kucing ras Anggora. Perlu diketahui kucing ras Anggora ini merupakan salah satu jenis kucing yang cukup aktif dan dinamis.

Wajah Kucing Anggora
Wajah Kucing Anggora dari Dekat (Tetsu Yamazaki)

Tidak hanya itu,  dia juga memiliki tingkah yang sangat lincah dan juga ramah. Kelebihan memelihara kucing yang satu ini yaitu mereka mudah sekali beradaptasi dengan kucing jenis lainnya. Kucing ras Anggora ini juga mudah sekali diajak bepergian kemana saja.

Baca juga : Harga Kucing British Shorthair

Selain kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing ini juga memiliki pergerakan yang aktif sehingga mereka sangat suka jika diajak berburu. Namun meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena kucing ini tergolong sangat penurut.

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, ciri-ciri kucing ras Anggora sebenarnya terletak pada bentuk bulunya. Umumnya ukuran bulu di bagian lehernya sedikit lebih panjang jika dibandingkan bulu di bagian badannya. Kucing jenis ini juga memiliki bulu tebal pada bagian perutnya.

Ciri lainnya untuk mengetahui apakah kucing tersebut Anggora asli atau palsu yaitu bisa dilihat dari karakteristik kepribadiannya. Untuk kepribadiannya sendiri, Anggora memiliki sifat yang lebih anggun dan menggemaskan.

Sifat tersebut sangat jarang bisa dijumpai pada kucing pada umumnya. Karena sifatnya yang lucu dan menggemaskan tersebut tidak salah jika banyak yang ingin memiliki kucing yang satu ini.

Daya Tarik Kucing Anggora

Seperti yang diketahui kucing ras Anggora merupakan salah satu jenis kucing ras yang terkenal sangat aktif dan suka bermain. Salah satu permainan favorit jenis kucing adalah hewan tikus. Kucing Anggora ini terkenal sangat menyukai air dan bahkan air menjadi tempat ternyaman mereka.

Bagi yang ingin memelihara kucing ras Anggora ini sebaiknya perlu banyak memperhatikannya. Mengapa? Perlu diketahui bahwa kucing ras Anggora ini sangat mudah sekali mengalami stress atau depresi apabila dibiarkan sendirian dalam waktu yang cukup lama.

Kucing Anggora Campuran Persia
Foto Kucing Anggora Campuran Persia (Pets4Homes.co.uk)

Lalu mengapa banyak orang yang tertarik memelihara jenis kucing ras yang satu ini? Salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik memelihara kucing ini yaitu karena lucu. Selain lucu, kucing jenis ini juga terkenal karena kecerdasannya dan mudah sekali dilatih. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memiliki jenis kucing satu ini.

Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia


Tidak hanya barang, kucing juga ternyata bisa di palsukan. Seperti yang diketahui sekarang ini banyak sekali dijumpai jenis kucing ras Anggora yang palsu di pasaran. Sehingga perlu ketelitian sebelum membeli kucing tersebut.

Pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu tentang karakteristik dan ciri-ciri kucing Anggora asli agar nantinya tidak salah memilih. Untuk mengetahui tentang ciri kucing ras Anggora asli, Anda bisa sesuaikan dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas.

Baca juga : Harga Kambing Etawa

Lalu apakah kucing ras Anggora dengan kucing Anggora Persia itu sama? Jawabannya adalah tidak sama. Apa yang membedakan? Berikut sedikit ulasan singkat tentang cara membedakan antara kucing ras Anggora dengan persia.

1. Bentuk Wajah

Kucing Persia Bulu Putih
Foto Kucing Persia Bulu Lebat Putih (Pets4Homes.co.uk)

Hal yang paling mudah untuk membedakan antara kucing ras Anggora dan Persia adalah dilihat dari bentuk wajahnya. Perlu diketahui kucing Anggora sendiri memiliki bentuk wajah yang bisa dikatakan sama dengan kucing lokal atau kampung.

Bentuk wajahnya pun sedikit segitiga dengan hidung yang lumayan mancung. Pada bagian telinganya kucing ras Anggora memiliki bentukruncing dan panjang.

Sedangkan untuk kucing Persia sendiri memiliki bentuk wajah yang lebih bulat. Bentuk hidungnya pun cenderung lebih pesek dibandingkan ras Anggora.

Kemudian jika Anda memperhatikan di bagian samping dari kucing Persia bagian dahi dan dagunya pun terlihat lebih datar. Pada bagian matanya kucing Persia memiliki warna yang lebih bervariasi jika dibandingkan dengan kucing dari ras Anggora.

2. Bentuk Tubuh

Perbedaan kucing Anggora dan Persia selanjutnya dapat diketahui dari bentuk tubuhnya. Jika dilihat dari ukuran badannya kucing ras Anggora ini bisa dikatakan lebih ideal dibandingkan dengan persia. Mengapa demikian? Perlu diketahui kucing ras Anggora ini memiliki bentuk tubuh yang terlihat lebih langsing dan berotot. Ia pun juga memiliki bentuk yang terlihat lebih tinggi.

Sedangkan untuk kucing persia sendiri memiliki bentuk badan yang terlihat lebih gemuk dibandingkan dengan kucing ras Anggora. Meskipun demikian kucing yang satu ini memiliki bentuk kaki yang kokoh besar dan juga cakar yang terlihat membulat.

3. Bulu

Hampir semua jenis kucing memiliki bulu-bulu yang digunakan untuk menyelimuti pada bagian tubuhnya. Kemudian dari bentuk bulu tersebut, Anda juga bisa dengan mudah membedakan jenis-jenis kucing tertentu.

Pada umumnya kucing ras Anggora ini memiliki bulu yang cukup tebal tetapi tidak setebal dari jenis kucing Persia. Namun jika dilihat dari bagian ekornya terdapat bulu tebal yang hampir sama dengan seekor musang. Pada bagian wajah kucing ras Anggora ini tidak memiliki bulu yang tebal namun cenderung lebih tebal dibandingkan dengan kucing lokal.

Sedangkan untuk kucing persia sendiri memiliki bulu yang sangat tebal. Pada bagian wajah sampai ekor kucing jenis ini sangat tebal. Dengan banyaknya bulu yang hampir menutupi seluruh tubuhnya tersebut. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik ingin memelihara karena ketebalan bulu yang dimilikinya.

4. Kepribadian

Animasi Kucing Anggora
Animasi Kucing Anggora yang Lucu (Reddit)

Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk membedakan antara jenis kucing ras Anggora dengan persia yaitu dilihat dari kepribadiannya. Jika dilihat dari kepribadiannya jenis kucing ras Anggora ini memiliki kepribadian yang lebih aktif, energik, senang bermain, dan penurut.

Kucing jenis Anggora juga cenderung cukup cerdas dan suka sekali berinteraksi dengan manusia. Kucing ini juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selain itu kucing ini juga sangat ramah terhadap manusia dan heran dan mudah dilatih. Hal tersebut berbeda jauh dengan kucing Persia yang memiliki sifat lebih kalem dan penurut. Kucing jenis Persia ini juga memiliki sifat sedikit malas dan ingin selalu dimanja.

Cara Memilih Kucing Anggora Yang Bagus

Kucing menjadi salah satu hewan yang sangat populer dikalangan masyarakat. Kucing ras Anggora memiliki bulu yang cukup panjang dan lebat. Bentuknya yang lucu membuat jenis kucing yang satu ini banyak menyita perhatian. Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara kucing ras jenis ini, Ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Siapkan terlebih dahulu kandang beserta perlengkapan yang dibutuhkannya.
  2. Pastikan untuk membelinya ditempat atau pusat penjualan kucing ras Anggora resmi yang sudah bersertifikat.
  3. Dalam membeli kucing Anda harus lebih teliti, pastikan kucing yang Anda beli tersebut dalam kondisi sehat atau terbebas dari berbagai macam penyakit. Perlu diketahui, kucing Anggora yang sehat memiliki bulu yang lebat. Jadi sebaiknya Anda menghindari untuk membeli kucing yang bulu jarang.
  4. Seperti yang diketahui, kucing ras Anggora yang sehat tentu tidak memiliki kutu. Kucing yang memiliki kutu menunjukkan bahwa kucing tersebut kemungkinan besar dalam kondisi sakit.
  5. Terakhir, hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kucing ras Anggora adalah dengan melihat warna kotorannya. Kotoran kucing yang sehat memiliki tekstur yang cukup padat. Sedangkan untuk kucing yang sakit kotorannya lebih encer atau cair.

Cara Agar Kucing Anggora Cepat Gemuk

Anggora memang salah satu jenis yang termasuk dalam kategori langka atau unik. Sehingga tidak heran jika harga jual kucing yang satu ini masih cukup mahal dibanding dengan yang lainnya.

Nah bagi Anda yang ingin memelihara kucing ras Anggora, berikut beberapa informasi tentang cara atau tips agar Anggora cepat gemuk :

1. Tambah Nafsu Makan

Kucing Anggora Gemuk
Foto Kucing Anggora Gemuk (Cuteness.com)

Tips atau cara pertama agar kucing peliharaan Anda gemuk dengan cepat yaitu dengan menambah nafsu makannya. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat nafsu makan kucing tersebut meningkat setiap harinya.

Baca juga : Harga Ikan Arapaima

Beberapa cara yang dilakukan seperti memoleskan sedikit makanan kesukaannya pada hidung atau bisa juga mendekatkan makanannya ke kucing peliharaan Anda. Meski terdengar sederhana, namun kenyataan cara ini terbukti cukup ampuh untuk membuat nafsu makan kucing terus meningkat.

2. Beri makanan berprotein tinggi

Cara selanjutnya yang juga terbukti sukses untuk membuat kucing peliharaan gemuk dengan cepat adalah dengan memberinya makanan yang kaya protein. Seperti yang diketahui, protein merupakan salah satu nutrisi yang dapat mempercepat proses penggemukan.

Ikan Segar Kesukaan Kucing
Gambar Pakan Kucing : Ikan Segar (ikansegar.co.id)

Biasanya protein bisa didapatkan dengan mudah dari daging. Namun jika Anda tidak bisa memberikan daging setiap hari. Anda bisa juga menggantinya dengan ikan untuk makanan utamanya.

Jangan lupa untuk memilih ikan atau daging yang masih dalam kondisi freshatau segar. Jika Anda ragu higienis atau tidaknya daging yang dibeli. Anda bisa merebusnya terlebih dahulu.

Lalu apakah boleh makanan dry food diberikan pada kucing? Jawabannya adalah boleh. Namun akan lebih baiknya jika makanan dry food diberikan hanya sebagai camilan saja bukan menjadi makanan utama.

Pastikan untuk memilih dry food yang kaya akan kandungan protein di dalamnya. Jangan sampai makanan dry foodyang Anda berikan tersebut mengandung pewarna karena sangat berbahaya untuk ginjal kucing.

3. Beri makanan yang tepat

Maxi
Makanan kucing Maxi (amazon)

Cara selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan memberikan makanan yang tepat setiap harinya. Sebenarnya makanan kucing Anggora tergolong sangat mudah.

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan seperti biskuit kucing, daging dan makanan-makanan bergizi lainnya. Sebaiknya pemberian makanan biskuit ini sudah harus dibiasakan sejak anak kucing Anggora. Agar ketika sudah dewasa dia sudah tidak kaget lagi melihat makanan yang satu ini.

4. Memberi Vitamin

Tahukah Anda bahwa memberikan vitamin pada kucing peliharaan sangatlah penting? Bagi sebagian besar orang yang memelihara kucing tidak mengetahui betapa pentingnya vitamin bagi kesehatan kucing. Perlu diketahui vitamin merupakan salah satu kunci sukses untuk mendukung proses penggemukan kucing.

Kucing Anggora Dirawat
Foto Kucing Anggora sedang Dirawat (Pets4Homes.com)

Salah satu rekomendasi vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan kucing dan juga menggemukkan badannya adalah minyak ikan. Tidak hanya menyehatkan saja, minyak ikan ini juga membuat bulu kucing terlihat lebih sehat dan segar.

Baca juga : Harga Ikan Tenggiri

Lalu bagaimana cara memberikannya? Anda tidak perlu takut karena untuk memberikannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan makanan utama kucing atau bisa juga mengoleskannya ke mulutnya.

5. Memberi vaksin

Cara selanjutnya adalah dengan memberikannya vaksin secara rutin. Seperti yang diketahui kesehatan kucing sangatlah penting. Untuk membuat kucing tetap sehat, maka diberikan vaksin secara rutin.


Cara yang satu ini juga terbukti cukup ampuh? Mengapa? Karena di dalam tubuh kucing yang sehat maka nafsu makan kucing pun akan semakin meningkat. Jadi pastikan untuk memberikan vaksin ke kucing peliharaan Anda secara rutin ya!

6. Hindari stress

Jika Anda melihat foto kucing Anggorayang lucu dan gemuk di internet, tentu sangat ingin memilikinya, bukan? Umumnya selain diberikan makan-makanan yang bergizi.

Kucing Stress
Animasi Kucing Stress Lucu

Kucing yang perlu dihindarkan dari perasaan stress. Kucing merupakan salah satu jeni hewan yang suka sekalimencari kenyamanan. Dari pada dikandang, kucing suka sekali beraktivitas diluar karena lebih bebas. Jadi agar kucing terhindar dari pikiran stres Anda bisa mengajaknya bermain bersama.

Perlu diketahui kondisi kucing yang stress akan membuatnya semakin mudah terserang penyakit. Sehingga jika sudah terserang penyakit membuat nafsu makannya semakin menurun. Jadi pastikan untuk selalu membuatnya senang dan nyaman.

7. Menggunakan AC

Selain memberi makanan kucing Anggora dengan makanan yang sehat. Menggunakan AC ternyata juga bisa dijadikan sebagai alat yang dapat membuat kucing gemuk dengan cepat.

Tahukah Anda jika ruangan yang dingin bisa membuatnya menjadi sedikit malas untuk bermain dan suka beristirahat. Dengan kondisi tersebut tentu akan menjadikan nafsu makan kucing peliharaan Anda semakin bertambah. Jika nafsu makannya terus meningkat bulu kucingnya pun juga semakin bagus.

8. Memberi Air Mineral Higienis

Ingin memiliki kucing Anggora lucu dan gemuk bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bagaimana caranya? Ada hanya perlu memberikan air mineral yang higienis secara rutin. Sekarang ini banyak sekali dijumpai kasus pemilik kucing yang mengeluhkan baha kucingnya sering sakit.

Setelah ditelusuri hal tersebut ternyata disebabkan karena pemberian air minum yang sembarangan. Meski terdengar sepele, pemberian minum menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan nutrisi untuk tubuh kucing peliharaan Anda. Nah supaya kucing Anda terhindar dari penyakit, pastikanuntuk selalu memberikan minuman yang higienis.

9. Memberikan Susu Kucing

Top Growth Kitten milk Replacer
Minuman Kucing Top Growth Kitten milk Replacer (amazon)

Satu lagi cara yang bisa dilakukan agar kucing peliharaan bisa gemuk dengan cepat adalah dengan memberikannya susu kucing secara rutin. Bagi Anda para pencinta kucing Anggora pasti sudah tidak asing dengan makanan kucing yang satu ini. Susu kucing merupakan salah satu makanan pelengkap yang biasa diberikan oleh pemilik kucing kepada kucing peliharaannya.

Baca juga : Harga Ikan Gurame

Susu kucing ini dipercaya dapat meningkatkan berat badan kucing dengancepat dan mudah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, seperti yang diketahui, susu kucing ini memiliki banyak sekali nutrisi. Ada berbagai macam merk makanan kucing Anggora yang bisa Anda jumpa di pasaran, salah satunya yaitu whiska.

Cara Membuat Sendiri Makanan Kucing Anggora

Bagaimana cara membuat makanan kucing Anggora yang sehat dan alami? Untuk membuatnya sangatlah mudah. Seperti yang diketahui kucing ras Anggora umumnya memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan jenis kucing pada umumnya.

Makanan untuk jenis Anggora pun juga sedikit berbeda dengan jenis kucing Persia. Dengan memberikannya makanan yang sehat setiaphari tentu membuat kucing Anda terhindar penyakit. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

a. Resep 1

Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan oleh tubuh kucing. Daging sendiri juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat kucing ras Anggora gemuk dengan cepat.

Daging Segar Pakan Kucing

Memberikan makanan daging setiap hari tentu akan membuat kucing merasa jenuh. Untuk menghindari hal tersebut akan lebih baiknya jika membuat sebuah olahan makanan dari daging namun sudah dicampur dengan bahan lainnya.

Beberapa bahan yang bisa Anda siapkan untuk membuat makanan olahan dari daging ini seperti daging ayam, kentang, kaldu ayam, minyak ikan dan kacang polong.

Pertama-tama hal yang perlu dilakukan adalah merebus daging sampai matang kemudian memotongnya secara cacah hingga kecil-kecil. Kemudian Anda perlu menghaluskannya bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut dengan blender atau menguleknya sendiri. Setelah bahan-bahan tercampur dengan merata, Anda bisa memberikannya pada kucing peliharaan.

b. Resep 2

Menu makanan kucing ras Anggora yang perlu di coba adalah burger tuna. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan kucing yang ini seperti satu kaleng tuna, hati ayam rebus, nasi, dan batang parsley.

Cara pengolahannya cukup mudah lho! Pertama keluarkan tuna dan selanjutnyakeringkan. Setelah itu campur semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya.

Bentuk adonannya menjadi kecil atau tidak terlalu besar. Dan terakhir simpan adonan tersebut di freezer atau kulkas agar bisa bertahan untuk beberapa hari. Perlu diketahui, jangan memberikan makanan ini saat sedang tinggi. Sebaiknya tunggu hingga dinginnya menghilang.

c. Resep 3

Pada resep yang ketiga ini, bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan sehat untuk kucing peliharaan adalah keju. Pada umumnya jenis kucing ras Anggora ini menyukai makanan yang berbahan dasar keju. Sehingga jika Anda memiliki keju di rumah bisa diberikan pada kucing peliharaan Anda.

Keju memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan kalsium yang dibutuhkan oleh kucing. Keju sendiri juga bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang kucing.


Agar tidak jenuh, Anda bisa mencampurkan keju dengan bahan makanan lainnya yang disukai seperti ayam dan ikan matang. Dengan pemberian makanan yang sehat secara rutin tentunya kucing peliharaan Anda tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga : Harga Ikan Cupang

Tips Menyimpan Makanan Kucing Ras Anggora

Menyimpan menjadi salah satu hal yang sering sekali disepelekan. Padahal cara penyimpanan pakan yang baik tentu saja akan berpengaruh terhadap kualitas bahan dalam jangka waktu yang lama.

Makanan Kucing Whiskas
Gambar Makanan Kucing merk Whiskas (Amazon)

Jika Anda tidak benar dalam menyimpan pakan, maka resikonya pakan tersebut akan sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri atau virus. Akibatnya nutrisi yang terkandung dalam pakan berkurang.

Berikut ini beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari atau mengatasi kerusakan pada pakan kucing:

  1. Pastikan tempat penyimpanan pakan tersebut selalu dalam kondisi kering. Mengapa? Kondisi yang lembabakan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat merusak nutrisi yang terkandung dalam pakan.
  2. Usahakan selalu menyimpan pakan pada tempat penyimpanan yang selalu bersih dan tertutup. Tempat yang tertutup untuk mencegah kontaminasi mikroorganisme yang dapat merusak kualitas dari pakan baik secara fisik maupun kadar nutrisinya.
  3. Hindari menyimpan pakan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya reaksi atau hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada pakan.
  4. Jika memungkinkan, sebaiknya simpan makanan kucing tersebut di kulkas. Jangan campurkan makanan kucing tersebut dengan makanan Anda. Menyimpan makanan kucing pada lemari es dapat menghambat terjadinya pertumbuhan mikroorganisme. Menyimpan pakan di kulkas juga dapat membuat pakan lebih awet atau tahan lama.

Tips Pelihara Kucing Anggora

Ada pecinta kucing ras Anggora? Pastikan untuk memahami cara merawatnya yang baik dan benar. Seperti yang diketahui, merawat kucing bisa dikatakan susah-susah gampang.

Apalagi perawatan untuk jenis kucing ras yang memiliki sifat lebih sensitif dan mudah sekali terserang penyakit. Kucing ras adalah salah satu kucing yang memerlukan perawatan yang teratur.

Bagi Anda yang masih belum tahu bagaimana cara merawat kucing ras dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa ulasan tentang perawatan kucing Anggora yang perlu Anda lakukan.

1. Pilihlah makanan yang tepat

Jika Anda ingin kucing peliharaan dirumah tetap sehat dan bulunya indah, maka hal pertama yang perlu untuk diperhatikan adalah makanan dan minumannya. Makanan yang baik untuk jenis kucing ras Anggora adalah makanan yang mengandung sedikit garam.

Sebaiknya Anda memberikan makanan kering pada kucing peliharaan Anda agar bulunya tidak mudah rontok. Perlu diketahui, model makanan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan kucing.

Namun terkadang kandungan

Kucing Anggora Makan
Foto Kucing Anggora Makan dengan Lahap (123RF)

yang terdapat di dalam makanannya dapat menyebabkan bulu kucing mudah sekali rontok.

2. Jangan beri air minum mentah

Cara merawat kucing ras Anggora yaitu jangan memberinya air minum yang mentah. Sebagian besar para pecinta kucing sering sekali memberikan makanan kering pada kucing peliharaannya di rumah.

Jika Anda sering memberi makanan kering sebaiknya untuk diikuti dengan pemberian air minum yang cukup. Tujuan utama pemberian air tersebut adalah agar sistem pencernaan kucing tetap bisa berfungsi dengan baik.

Untuk air minumnya, sebaiknya untuk menggunakan air matang atau air galon. Mengapa demikian? Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada kucing.

3. Menjaga kebersihan kucing

Merawat atau memelihara kucing tidak hanya dengan memberikan makan dan minum saja, tetapi juga harus mampu menjaga kebersihan kucing setiap hari. Perawatan kucing yang satu ini dianggap perlu agar membuat kucing peliharaan Anda semakin lucu, sehat dan menggemaskan.

Memandikan dan memeriksa kesehatan kucing secara rutin menjadi hal terpenting kedua yang harus dilakukan setelah memberi kebutuhan nutrisinya.

Selain memandikannya secara rutin, Anda juga perlu mengecek bagian kukunya. Sebaiknya Anda perlu memotong kucing secara teratur agar tidak membahayakan ketika di gendong.

Perlu diketahui, sebaiknya Anda perlu melakukan perawatan dan pemeriksaan kesehatan kucing minimal setiap bulan. Agar kesehatannya dalam kondisi prima, Anda perlu melakukan pemeriksaannya ke rumah sakit hewan yang berkualitas.

4. Perhatikan Kandangnya

Kandang Kucing Lucu
Gambar Kandang Kucing Lucu (chewy.com)

Selain kebersihan kucing, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kandang kucing Anggora peliharaan Anda. Untuk menjaga kebersihannya cukuplah mudah, Anda hanya perlu melakukan pembersihan kandang secara rutin minimal setiap hari sekali. Jangan lupa setelah dibersihkan, Anda perlu menyemprotnya dengan obat anti bakteri atau virus untuk mensterilkan kembali kandang tersebut.

5. Vaksin kucing Anggora

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan agar kucing ras peliharaan Anda tetap sehat adalah dengan dilakukan vaksin secara rutin. Tujuan utama dilakukan vaksin pada kucing adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing tersebut. Ketika daya tahan tubuhnya baik secara otomatis dia tidak akan mudah terpapar atau terkena virus yang bisa kapan saja menyerang metabolismenya.

Ada berbagai macam jenis vaksin yang tersedia. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Umumnya kegiatan vaksin ini dilakukan sejak kucing masih anak-anak atau kecil.

Untuk vaksin pertama biasanya dilakukan pada usia 8 hingga 10 minggu. Setelah itu Anda melakukan vaksinasi ulang rutin setiap tahun untuk mencegah infeksi virus pada kucing peliharaan Anda.

Penyakit Kucing Anggora

Penyakit pada kucing ras memang tidak boleh dianggap remeh atau disepelekan. Karena jika dibiarkan dan tidak ada pengobatan bisa saja berujung pada kematian.

Perlu diketahui daya tahan tubuh kucing ras umumnya lebih rentan dan lebih sensitif jika dibandingkan dengan kucing kampung. Sehingga tidak heran jika banyak sekali kucing ras yang mudah terserang penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang sering sekali menyerang jenis kucing ras Anggora:

1. Saluran kencing

Kucing Anggora Elegan
Foto Kucing Anggora Elegan

Salah satu penyakit yang sering sekali menyerang jenis kucing ras yaitu penyakit salurankencing. Seperti yang diketahui, penyakit jenis ini terjadi karena kucing ras terlalu banyak mengonsumsi mineral terutama magnesium.

Gejala yang sering muncul dari penyakit ini biasanya kencing berdarah, dehidrasi, nafsu makan yang terus menurun, susah buang air kecil dan kucing yang sering menjilat bagian kelaminnya sendiri.

2. Muntah

Muntah menjadi salah satu penyakit yang juga sering menyerang jenis kucing ras. Salah satu penyebab utama penyakit jenis ini yaitu karena banyaknya bulu yang tertelan dalam saluran pencernaannya. Jadi jika kucing peliharaan Anda sering mengalami muntah-muntah sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan terdekat.

3. Parasit pada bulu dan kulit

Kutu menjadi salah satu parasit kulit dan bulu yang sering menyerang jenis kucing ras. Salah satu tanda adanya parasit pada bulu atau kulit kucing peliharaan Anda yaitu warna bulunya yang menjadi kusam dan rontok. Tidak hanya itu saja, adanya parasit juga ditandai dengan tekstur kulitnya yang terlihat terkelupas dan kotor.

Perlu diketahui penyakit parasit pada bulu dan kulit ini terjadi karena kurangnya kebersihan pada kucing dan kandang. Namun bisa saja penyakit ini muncul karena tertular oleh kucing yang lainnya.

Oleh karena itu untuk menghindari penyakit yang satu ini sebaiknya untuk selalu membersihkan kucing dan kandangnya secara rutin. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Cara Merawat Bayi Kucing Anggora

Bagaimana cara merawat bayi kucing Anggora dengan benar? Perlu diketahui, untuk perawatan jenis kucing dewasa dan anak-anak bisa dikatakan sedikit berbeda.


Hal tersebut dikarenakan kebutuhan nutrisi hidupnya yang cukup berbeda. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Hati-hati dalam memberi perawatan

Anak Kucing Anggora Abu-Abu
Foto Anak Kucing Anggora Abu-Abu (Heikki Siltala, catza.net)

Tips pertama yang perlu dilakukan dalam perawatan kucing Anggora adalah berhati-hati dalam memberikan perawatan pada anak Anggora.

Merawat anak kucing dibutuhkan ekstra hati-hati karena kondisi tulang dan daya tahan tubuhnya yang masih sangat lemah dan sensitif. Jangan sampai perawatan yang kamu berikan justru malah membuat anak kucing tersebut merasa kesakitan.

2. Perhatian pemberian makanannya

Selanjutnya hal yang menjadi perhatian utama ketika merawat anak kucing adalah bagaimana cara pemberian makannya. Perlu diketahui, cara memberi makan kucing Anggora berbeda dengan cara memberikan makan anak kucing. Dalam memberikan makanan ini pastikan untuk mulai melatihnya makan pada usia 6 minggu.

Mengapa usia tersebut? Perlu diketahui pada usia 6 minggu perkembangan sistem pertahanan tubuhnya mulai meningkat. Nah ketika usia 7 minggu biasanya anak kucing disapih oleh induknya.


Jika Anda sudah melatihnya dengan makanan padat pada usia 6 minggu selanjutnya Anda hanya perlu menambah nutrisi makanannya saja.

3. Menjaga kebersihan kandang

Selain pemberian nutrisi yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan kandang dari anak kucing peliharaan Anda tersebut. Seperti yang diketahui kebersihan kandang merupakan salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan.

Kucing Anggora Imut
Foto Kucing Anggora Imut (Heikki Siltala, catza.net)

Mengapa demikian? Kondisi kandang yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk kesehatan anak kucing Anda. Kandang yang kotor akan menimbulkan penyakit seperti parasit, diare, muntah dan masih banyak lagi.

Sebelum menentukan kucing apa yang akan Anda beli, Anda perlu memeriksa beberapa hal seperti kebersihan bulu dan kesehatan kucing. Selain itu, Anda juga perlu menanyakan jenis-jenis kucing yang dijual. Setelah Anda merasa cocok dengan kucing pilihan Anda, Anda dapat membelinya.

Kemudian, Anda juga dapat bertanya berbagai hal tentang cara merawat kucing Anggorakepada penjual mulai dari cara memandikan, makanan yang harus diberikan, hingga cara membuat kandang yang tepat.

Demikian tadi sedikit ulasan singkat tentang salah satu hewan yang sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Dari segi harga, kucing ini juga tidak jauh beda dengan harga hewan peliharaan lain.

Kucing Anggora menjadi salah satu kucing favorit dunia tidak hanya bulu halus dan wajahnya menggemaskan, ia juga mempunyai perilaku yang lucu.

Jika anda sekarang sedang mencari kucing untuk peliharaan, kucing ini bisa jadi pilihan terbaik. Demikian pembahasan di atas, semoga bermanfaat!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar