Harga Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing yang paling banyak dicari oleh para pecinta binatang. Hal ini tak lepas dari karakteristik kucing ini yang cukup unik dan indah. Kucing ini menjadi salah satu ras kucing alami dan tertua yang berasal dari Maine, Amerika Serikat.

Karena asalnya dari daerah Maine, Amerika sehingga kucing jenis ini diberi nama Maine Coon. Selain itu kucing jenis ini juga biasa disebut dengan kucing bulu panjang Amerika.

Konon katanya ras kucing ini dulunya merupakan perpaduan antara kucing hutan Norwegia dan kucing ras anggora Turki. Hal ini bisa dilihat dari lebatnya bulu-bulu yang menyelimuti seluruh tubuh  kucing ras ini.

Sejarah Kucing Maine Coon

Di sisi lain ada juga legenda yang mengatakan bahwa ras kucing ini merupakan persilangan dari kucing setengah liar dengan rakun. Ekor dari ras jenis ini memang lebih mirip dengan ekor rakun. Hal inilah yang menyebabkan hewan ini disebut kucing ras Maine Coon.

Kucing Maine Coon Raksasa
Foto Kucing Maine Coon Raksasa (dimplify.com)

Maine berasal dari daerah tempat kucing ini ditemukan pertama kali sedangkan Coon berasal dari rakun.  Selain itu adapula yang berpendapat bahwa ras ini muncul dari 6 ekor kucing yang dipelihara oleh Ratu Perancis saat itu yang bernama Maria Antonia.

Pada saat revolusi Perancis ketika ia melarikan diri keluar dari Perancis, kucing-kucing tersebut dikirim ke daerah Maine, Amerika Serikat.

Kucing Maine Coon ini pertama kali mengikuti kontes kucing pada tahun 1861. 34 tahun kemudian yaitu pada tahun 1895 kucing jenis ini memenangkan kontes untuk yang pertama kalinya. Pemenangnya merupakan kucing Maine Coon bernama Cosey. Cosey adalah Maine Coon betina berwarna cokelat.

Baca juga : Harga Kucing Siam

Kontes kala itu diselenggarakan di Madison Square Garden, Amerika. Pada awal tahun 1900an ras ini sempat menghilang. Sehingga di tahun 50an ada beberapa peternak kucing mulai mengembangbiakkan kembali ras ini.

Mereka kemudian membentuk sebuah perkumpulan yang diberi nama Maine Coon Breeders and Fanciers Association. Hingga kini sudah banyak komunitas pecinta kucing ras ini yang tersebar di seluruh dunia termasukMaine Coon Indonesia.

Maine Coon Indonesia sendiri terdiri dari 2000an anggota di sebuah komunitas di sosial media. Di dalam aktivitasnya selain berbagi tips merawat kucing ras ini juga sering pula diadakan forum adopsi Maine Coon. Mengadopsi menjadi kata yang dipilih oleh komunitas tersebut. Hal ini tak lain karena kucing ini sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga bagi para pemiliknya.

Sehingga ketika harus melakukan jual beli atau pertukaran mereka lebih memilih kata mengadopsi dari pada kata lainnya.

Harga kucing Maine Coon beragam berdasarkan usia dan bentuk fisiknya. Selain itu dilihat pula jenisnya apakah Maine Coon asli atau kucing Maine Coon mix Persia. Di luar negeri sendiri, harga kucing jenis maine coon berkisar $1000 atau jika di rupiahkan Rp14.000.000,-an.

Daftar Harga Kucing Maine Coon Lengkap Tahun 2019

JenisUmurVaksinHarga Dalam Rp
Maine Coon Asli3 BulanBelumRp500.000 – Rp700.000,-an
Maine Coon Asli3 BulanSudahRp850.000 – Rp950.000,-an
Maine Coon Asli6 BulanSudahRp950.000 – Rp1.650.000,-an
Maine Coon Asli6 BulanBelumRp800.000 – Rp1.000.000,-an
Maine Coon Persia3 BulanBelumRp650.000 – Rp850.000,-an
Maine Coon Persia6 BulanBelumRp1.000.000 – Rp1.500.000,-an

Baca juga : Harga Kucing Hutan

Harga Kucing Maine Coon relatif lebih mahal daripada kucing jenis biasa. Biasanya orang lebih tertarik membeli anak kucing Maine Coondaripada beli yang sudah dewasa. Sensasi dan pengalaman merawat kucing ini menjadi suatu pengalaman tersendiri.

Bagi beberapa pihak jual kucing Maine Coon ini bisa dijadikan sebuah bisnis yang menghasilkan. Berikut ada beberapa kucing Maine Coon harga yang ditawarkan oleh penjual. Misalnya saja Maine Coon asli usia 3 bulan berkisaran harga 500.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah tergantung dari sudah atau belum di vaksinnya.

Untuk kucing Maine Coon asli dengan usia 6 bulan maka harnya berkisar 800.000 rupiah hingga 1.650.000 rupiah. Selain itu adapula Maine Coon Persia yang memiliki harga sekitar 650.000 rupiah hingga 1.500.000 rupiah tergantung dari usia dan vaksin hewan tersebut.

Anak Kucing Maine Coon Lucu
Foto Anak Kucing Maine Coon Lucu (Pinterest)

Harga kucing yang relatif tidak murah ini tidak juga mengurangi minat pembeli kucing ras ini. Karena semakin unik justru harganya semakin bernilai tinggi.

Orang-orang saat ini cenderung menyukai hewan-hewan yang unik meskipun harganya lebih mahal. Karena segala sesuatu yang unik pasti lebih berkesan dimata orang yang melihatnya. Selain itu kepuasan batin yang diperoleh  pun akan berbeda rasanya.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Karakteristik kucing Maine Coon yang sangat mencolok adalah bulunya yang panjang serta ukuran tubuhnya yang relatif lebih besar dari pada ras lainnya. Bentuknya yang tidak biasa ini menjadi salah satu daya tarik utama kucing ras ini. Selain itu adapula ciri-ciri lainnya yaitu :

1. Tubuhnya mudah beradaptasi

Anak Kucing Maine Coon
Foto Anak Kucing Maine Coon (CatTime.com)

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa ras ini berasal dari wilayah Amerika Serikat yang notabene memiliki 4 musim yang cukup ekstrem.

Perbedaan iklim tersebut membuat tubuh kucing ras ini pun beradaptasi. Misalnya saja bentuk kaki dan perutnya yang cukup tebal sehingga mampu menahan dingin saat musim dingin tiba.

Selain itu bulu-bulu ras ini yang panjang di seluruh tubuhnya dan anti air pula. Membuat kucing ini akan tetap hangat disaat cuaca ekstrem melanda. Selain itu kucing ini terkenal akan kemandiriannya.

Baca juga : Harga Kucing Bengal

Hal ini mungkin pula dipengaruhi dari faktor mudahnya adaptasi kucing ini di dalam lingkungan baru. Jika ada sesuatu yang perlu diajarkan ke kucing ini. Maka tak perlu waktu lama untuk mengajarkannya. Kucing ini pun dapat dengan cepat belajar.

2. Ukuran tubuh yang besar dan panjang

Ukuran tubuh kucing ras ini terbilang cukup besar dibandingkan dengan ras lainnya. Hal ini dikarenakan tulangnya besar, tubuhnya berotot dan memiliki postur yang tinggi.

Untuk seekor pejantan bisa mencapai panjang 121 cm dari kepala hingga ekor. Berat badan dari pejantan sendiri berkisaran 6 – 9 kg. Sedangkan untuk betina memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu berat sekitar 4 – 6 kg.

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang relatif besar namun kucing ras ini baru bisa dikatakan dewasa jika sudah berusia 3 – 5 tahun. Perkembangan yang relatif lambat jika dibandingkan dengan kucing ras lain. Perkembangannya yang lambat ini membuat kucing ini perlu diperhatikan secara instensselama ia belum dewasa.

3. Bentuk kepala yang unik

Kepala kucing ras ini cukup unik. Memiliki kuping yang lebar dengan lancip diujungnya dan diselimuti bulu yang lebat. Selain itu ukuran kepala ras ini lebar dan cukup sedang, tulang pipinya menonjol dan dahinya sedikit melengkung.

Mata dari ras ini berbentuk oval dan lebar. Ketika matanya terbuka lebar akan terlihat bulat sempurna. Hidungnya agak melebar dengan sedikit melengkung di bagian dagu dengan ujung hidungnya. P

ada bagian leher diselimuti bulu-bulu yang berbentuk seperti leher Singa. Bentuk tampilan kepala yang seperti itu membuat kucing ini sangat bagus jika di foto. Sehingga tak jarang ada beberapa produk menjadikan kucing ini sebagai model mereka.

4. Bentuk ekornya

Ekor Maine Coon menjadi salah satu daya tarik siapa pun yang melihatnya. Jenis kucing Maine Coon ini memiliki ekor panjang dan lebar di bagian pangkal. Kemudian mulai menipis kearah ujungnya.

Ekor ras ini ditutupi oleh bulu yang sangat lebat. Sehingga semakin menambah keindahan dari ras ini. Gerakan ekor yang mengayun ke kanan dan ke kiri akan membuat siapapun gemas melihatnya. Ekornya menjadi alat bagi kucing ini untuk menarik perhatian lingkungan sekitar.

5. Warna bulunya

Kucing Maine Coon Hitam
Foto Kucing Maine Coon Hitam Seperti Singa (BoredPanda.com)

Ada beberapa warna ras ini yang cukup khas. Diantaranya adalah tabby klasik yaitu cokelat dan abu-abu. Lalu ada pola warna merah yaitu percampuran coklat kejinggaan dan warna krem.

Adapula pola warna solid yang terdiri dari warna hitam, putih, merah dan biru. Selain itu ada pula pola warna merak yang merupakan gabungan antara warna perak dengan salah watu warna ini merah, krem, hitam dan biru. Terakhir adalah pola tortoiseshell yang merupakan gabungan warna hitam dan biru.

Berbagai warna tersebut membuat kucing ini semakin indah di pandang mata. Perbedaan warna ini pula yang menjadikan harga setiap kucingnya berbeda. Semakin indah bulu dan warnanya maka akan semakin mahal harganya. Selain warna kebersihan dari bulu-bulu tersebut juga perlu diperhatikan.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Sebagaimana hewan peliharaan lainnya, untuk memelihara ras ini perlu tahu dulu cara merawat kucing Maine Coon. Meskipun tergolong kucing yang mandiri namun ada beberapa hal yang perlu dibantu oleh pemiliknya.

Keterlibatan pemilik tak lain untuk menjalin ikatan batin antara pemilik dengan hewan peliharaannya. Perawatan itu antara lain :

1. Memandikan

Dikarenakan ras ini termasuk yang tidak suka air maka untuk memandikannya tidak perlu sering-sering seperti ras bulu panjang lainnya. Meskipun semua kucing tidak suka mandi.

Namun untuk kucing yang satu ini sangat tidak suka mandi melebihi kucing yang lainnya. Mandikan kucing ini hanya saat bulu mereka terlihat kotor saja.

Tidak perlu rutin, selama bulu mereka masih bersih maka tidak perlu dimandikan. Jadi fungsi mandi bagi kucing itu bukan supaya mereka segar namun lebih kepada membersihkan bulu mereka.

2. Sikat Gigi

Menyikat gigi kucing ada baiknya dilakukan setiap hari. Meskipun agak merepotkan namun perawatan gigi yang rutin membuat kesehatan mulut dan gigi kucing tetap terjaga. Terlebih jika anda lebih sering memberi wet food daripada dry food. Tartar yang ditimbulkan di gigi tentu akan lebih banyak sehingga perlu sering dibersihkan.

Alat untuk membersihkan gigi bisa didapatkan di petshop ataupun supermarket terdekat. Jika anda merasa kerepotan bisa juga dengan rutin memeriksakan gigi mereka saat berkunjung ke dokter hewan.

3. Memberi makan dan minum

Kucing Maine Coon Makan
Foto Kucing Maine Coon Sedang Makan

Memberi makan dan minum pun perlu menjadi perhatian khusus. Wadah makanan dan minum harus selalu terisi dan diganti setiap harinya. Makanan yang diberikan secara rutin ambil jenis makanan kering saja.

Baca juga : Harga Kucing Anggora

Sedangkan untuk wet food bisa dijadikan selingan. Selain itu untuk minumnya bisa diberikan air putih matang. Mangkok makanan dan minum ada baiknya diganti setiap hari karena rentan kotor. Tempat makan yang kotor akan membuat bakteri dan virus mudah bersarang.

4. Merawat Cakar

Memotong kuku cakar kucing yang sudah terlihat panjang perlu dilakukan. Hal ini agar cakar-cakar tersebut tidak merusak perabotan rumah. Lakukan perawatan cakar setiap terlihat cakar mulai panjang.

5. Menyediakan Kotak Pasir

Kotak pasir bagi ras ini harus disediakan lumayan besar. Hal ini tak lepas dari ukuran dari kucing ini yang terbilang raksasa dibandingkan ras kucing lainnya. Cari pasir yang tidak menggumpal. Letakkan kotak pasir di tempat yang sepi. Karena kucing jenis ini sangat menyukai area yang bersifat“ WC pribadi”.

Selain perawatan, yang tak kalah pentingnya adalah memilih dan membuat kandang kucing Maine Coon. Kandang untuk ras ini agak sedikit berbeda untuk kandang kucing kampung.

Mengingat bentuk dan ukurannya kandang kucing kampung tidak memerlukan kandang besar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

6. Ukuran kandang

Sebelum membeli kandang, pastikan dulu berat badan dari kucing yang akan dipelihara. Ukuran kandang pastikan cukup besar dan kuat sehingga mampu menahan beban berat badan kucing tersebut.

Kandang Kucing Maine Coon
Foto Kandang Kucing Maine Coon

Biasanya bahan kandang terbuat dari besi atau alumunium. Selain itu perlengkapan di dalam kandang pun juga harus diperhatikan. Misalnya saja tempat makan, minum dan pasir.

7. Alas kandang

Selain ukuran, alas dari kandang pun juga perlu diperhatikan. Pilihlah alas kandang yang akan membuat kucing nyaman beraktivitas. Pilih alas yang jaraknya tidak terlalu lebar, agar kaki kucing tidak sakit atau terjepit saat berjalan di dalam kandang.

Makanan Kucing Maine Coon

Sebagai kucing dengan ras alami tertua di dunia perawatan kucing jenis ini memerlukan perhatian khusus. Selain perawatan, makanan kucing Maine Coon ini pun tak boleh sembarangan. Perlu diperhatikan secara detail agar kesehatan kucing dapat terjaga dengan baik.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kucing ini memerlukan banyak asupan energi karena kucing ini merupakan kucing yang aktif bergerak. Sehingga makanan yang diberikan pun harus makanan yang berkualitas tinggi.

Ada baiknya kucing diberikan makanan kering yang biasa dijual di petshop. Makanan kering mampu melatih gigi-gigi mereka agar terus aktif. Selain itu mampu mengurangi tartar pada gigi. Untuk makanan basah cukup diberikan 2 – 3 kali seminggu saja. Hindari pemberian ikan tuna sebagai makanannya.

Hal ini dikarenakan ikan tuna dikhawatirkan mengandung merkuri yang dapat mengganggu kesehatan kucing tersebut. Selain itu jauhi biji-bijian dan gandum. Kedua jenis makanan tersebut bukan merupakan makanan kucing dan jika dipaksakan akan membuat kucing obesitas.

Baca juga : Harga Kucing Persia

Dengan berbagai penggambaran mengenai ras ini, ada baiknya melihat langsung gambar kucing Maine Coon. Agar bisa terbayangkan betapa indahnya kucing yang sempat menjadi primadona ini. Kucing Maine Coon sampai saat ini tetap disukai oleh para pecinta kucing. Meskipun harganya yang relatif mahal.

Royal Canin
Makanan kucing Royal Canin (amazon)

Namun tak menghalangi pembeli untuk memilikinya. Kucing ini terkenal sebagai kucing yang dapat beradaptasi baik dengan manusia. Bentuknya yang besar dan gagah bisa menjadi kebanggaan bagi siapapun yang memilikinya.

Selain itu kepribadiaan kucing ini berbeda jauh dengan tampilannya yang gagah. Kucing ini tergolong kucing yang manis dan lembut. Kucing ini mudah beradaptasi di lingkungan baru serta mudah untuk diajari hal-hal baru. Dengan semua sifatnya ini membuat kucing ini sangat mudah untuk dicintai oleh siapa saja yang melihatnya.

Sebagaimana harga hewan peliharaan lainnya yang tidak murah, kucing ini pun mampu menjadi teman setia yang selalu ada disamping pemiliknya. Memiliki hewan peliharaan mampu membuat seseorang bertahan hidup dari berbagai tekanan yang dihadapinya.

Untuk anak kecil, memiliki hewan peliharaan dapat mengajarkannya bagaimana menyayangi binatang dan bagaimana cara merawat binatang. Selalu ada faktor psikologis yang dihasilkan dari orang-orang yang memiliki hewan peliharaan. Oleh sebab itu jika anda merasa kesepian ada baiknya memelihara seekor hewan peliharaan.

Brand: kucing, Nama Produk: kucing maine coon, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp500000 to Rp1650000

Berikan Komentar