Harga Kucing Sphynx

Tentang kucing sphynx: Umumnya hampir semua ras kucing memiliki bulu yang lumayan tebal yang mana menutupi seluruh permukaan tubuhnya. Namun tahukah Anda bahwa di dunia ini ada beberapa jenis ras kucing yang hampir tidak memiliki bulu sama sekali.

Salah satu jenis ras kucing tanpa bulu tersebut sering disebut dengan nama kucing sphynx. Bagi Anda yang pecinta kucing masing sudah tidak begitu asing dengan ras kucing yang satu ini. Dengan ciri fisik yang begitu unik dan berbeda pada kucing umumnya, membuat kucing sphynx banyak dicari oleh para pecinta kucing.

Kucing Sphynx atau yang dulunya bernama Candian Hairless ini merupakan salah satu jenis ras kucing yang memiliki bulu sedikit sekali. Jika dilihat secara lebih dekat, tubuh dari kucing ini bahkan tidak berbulu dan bertekstur halus. Namun meski begitu, kucing jenis ini juga di tumbuhi rambut pada beberapa bagian tertentu.

Baca juga: Harga Makanan Kucing

Bagian tersebut seperti telinga, kaki, ekor, dan juga organ dekat kelamin. Perlu diketahui bahwa jenis ras kucing ini sendiri berasal dari Kanada. Untuk penyebarannya sendiri sudah dijumpai dibeberapa negara di dunia seperti Perancis, Maroko, Meksiko, Rusia, Australia, dan juga Amerika Serikat. Nah untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kucing sphyx ini, simak ulasannya dibawah ini

Mengenal Kucing Sphynx

Tampilan kucing sphynx yang unik
Tampilan kucing sphynx yang unik (catdog.com)

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa kucing sphynx merupakan salah satu jenis ras kucing yang berasal dari Kanada. Karena jenisnya yang langka dan bentuknya yang lucu membuat banyak orang tertarik memelihara kucing jenis ini. Perlu diketahui di Indonesia sendiri kucing sphynx ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Umumnya harga kucing jenis ini dijual dengan harga mencapai 25 juta rupiah. Lumayan mahal sekali, bukan?

Untuk sejarahnya yakni pada tahun 1960 sepasang kucing lokal Kanada yang berbulu pendek melahirkan anak yang tidak memiliki bulu. Sejak saat itu pemerintah Kanada membuat sebuah program pengembakbiakan kucing-kucing tanpa bulu tersebut. Nama “Sphynx” sendiri diambil dari nama patung Sphynx yang berada di negara Mesir.

Baca juga: Harga Kucing Hutan

Karena jenisnya yang begitu unik dan berbeda dibandingkan dengan kucing umumnya, banyak negara mulai tertarik untuk mengembangkan kucing jenis ini. Sehingga tidak heran jika kucing sphynx ini bisa dijumpai di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Prancis dan masih banyak lagi.

Daftar Harga Kucing Sphynx Terbaru

Jenis Kucing SphynxUmurHarga
Kucing Sphynx Tipe Kitten2 BulanRp 1.800.000
Kucing Sphynx Tipe Anakan Murah3 BulanRp 3.000.000
Kucing Sphynx Tipe Pejantan6 BulanRp 4.000.000
Kucing Sphynx Asli1 TahunRp 10.000.000
Kucing Sphynx Ras Asli2 TahunRp 20.000.000
Kucing Sphynx Tipe Jantan Nonped3 TahunRp 6.000.000
Kucing Sphynx Dewasa3 TahunRp 25.000.000

Ciri Fisik Kucing Sphynx

ciri fisik kucing sphynx
ciri fisik kucing sphynx (google.com)

Seperti yang diketahui bahwa kucing sphynx ini merupakan salah satu ras kucing yang mengalami mutasi genetik. Kucing ini sendiri memiliki ukuran badan yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.

Umumnya pada bagian perut dan juga dadanya lebih lebar dibandingkan dengan kucing-kucing pada umumnya. Pada bagian kepalanya, kucing sphynx ini berbentuk segitiga dan juga lebih panjang. Untuk bagian dahinya rata sedangkan untuk tulang bagian pipinya lebih menonjol.

Selain itu kucing sphynx ini memiliki ukuran hidung yang lebih kecil dan pendek. Bagian dagunya tegas dan memiliki sedikit kumis pendek namun beberapa kucing tidak memilikinya. Jika dibandingkan dengan kucing pada umumnya, bagian telinga kucing sphynx ini lebih besar dan lebar. Matanya terbuka lebar dan berbentuk bulat, jika dilihat sekilas seperti buah lemon.

Jenis-Jenis Kucing Sphynx

Hampir sama dengan kucing-kucing pada umumnya, ras kucing sphynx ini juga terdiri dari beberapa jenis. Tentu masing-masing jenisnya memiliki ciri dan warna yang berbeda. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memelihara kucing ras ini ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Berikut ini beberapa jenis kucing sphynx yang wajib Anda ketahui.

1. Kucing Sphynx Ras Asli

kucing sphnx ras asli
kucing sphnx ras asli (instagram.com)

Untuk jenis kucing sphynx yang sering dijumpai adalah jenis kucing sphynx ras asli. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, kucing ini memang sangatlah populer. Tidak heran jika harga jual kucing ini pun sangatlah mahal.

Baca juga: Harga Kucing Munchkin

Umumnya untuk harga kucing jenis sphynx ras asli yang berumur 1 tahun dijual dengan harga sekitar Rp 10.000.000. Sedangkan untuk kucing sphynx ras asli yang usianya lebih banyak harga jualnya pun juga semakin mahal.

2. Kucing Sphynx Kitten

kucing sphynx kitten
kucing sphynx kitten

Tidak kalah populer dengan jenis ras kucing sebelumnya, kucing sphyncx kitten ini juga banyak dijumpai di Indonesia. Jika dilihat dari bentuknya sebenarnya hampir sama dengan jenis kucing yang sebelumnya.

Namun untuk harganya sendiri cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kucing sphynx ras asli. Untuk harga kucing sphynx kitten usia 2 bulan dijual dengan harga sekitar 1,8 juta. Lumayan mahal sekali, bukan?

3. Kucing Sphynx Mogie

kucing sphynx mogie
kucing sphynx mogie (google.com)

Satu lagi jenis kucing spynx yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah adalah sphynx mogie. Jika dilihat bentuknya tidak kalah lucu dengan kucing-kucing sebelumnya. Nah bagi Anda yang ingin mengoleksi kucing sphynx dirumah, jenis kucing ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Cara Merawat Kucing Sphynx

Untuk perawatan kucing jenis ini sebenarnya hampir sama dengan jenis-jenis kucing lainnya. Namun meski begitu Anda tidak boleh menyepelekan perawatan kucing jenis ini.

Baca juga: Harga Kucing Kampung

Seperti yang diketahui kucing sphynx merupakan salah satu jenis kucing yang sering terkena penyakit. Oleh karenanya penting sekali untuk memperhatikan kesehatan dan melakukan perawatannya secara rutin. Berikut beberapa tips perawatan kucing sphynx yang harus Anda ketahui.

1. Lakukan Grooming Secara Rutin

rutin lakukan grooming pada kucing
rutin lakukan grooming pada kucing (google.com)

Seperti yang diketahui bahwa kucing sphynx merupakan salah satu ras kucing tanpa bulu. Oleh karenanya cara perawatannya sendiri berbeda dengan kucing-kucing lainnya.

Jika Anda memelihara kucing ini di rumah, pastikan untuk rutin melakukan grooming. Mengapa demikian? Karena tidak adanya bulu pada tubuh kucing ini membuat kucing akan mudah kotor. Jadi untuk mengantisipasi terkena penyakit berbahaya sebaiknya untuk melakukan grooming secara rutin.

2. Pakai Shampoo Mengandung Pelembap

gunakan shampo berpelembab untuk kucing
gunakan shampo berpelembab untuk kucing (google.com)

Untuk membersihkannya secara rutin, Anda bisa menggunakan shampoo rambut khusus bayi atau shampoo lainnya yang mengandung pelembap. Ketika Anda memandikannya pastikan untuk melakukannya dengan lembut. Anda bisa menggosokkan dengan lembut dan pastikan bahwa kotoran sudah hilang.

3. Potong Kuku dan Sikat gigi

Perawatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah sikat gigi dan juga potong kuku. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari dari berbagai kuman atau bakteri yang hinggap pada kuku dan gigi kucing Anda. Selain itu tujuan lain memotong kuku kucing secara rutin adalah untuk menghindarkan kucing melukai dirinya sendiri.

Penyakit Kucing Sphynx

Tahukah Anda bahwa kucing sphynx sendiri memiliki usia atau masa hidup sekitar 8 – 14 tahun. Kucing ini masuk ke dalam ras kucing yang aktif dan sehat. Meski begitu, masih ada penyakit yang mudah menyerang tubuhnya jika dilakukan perawatan secara rutin.

Umumnya masalah yang kesehatan yang sering muncul pada kucing sphynx yakni daya tahan tubuhnya yang terkadang lemah. Selain itu diare juga menjadi penyakit yang sering dialami oleh kucing jenis ini.

Baca juga: Harga Kucing Bengal

Biasanya penyakit diare pada kucing sphynx ini disebabkan karena asupan makan yang masuk ke tubuh kucing yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga hal tersebut menyebabkan tubuh kucing tidak bisa menerima dan akhirnya terjadi penyakit diare. Jika kucing Anda mengalami masalah yang satu ini pastikan untuk segera memberinya obat atau segera memeriksakannya ke dokter.

Cara Memandikan Kucing Sphynx

Sebenarnya cara memandikan ras kucing sphynx sendiri hampir sama dengan kucing-kucing pada umumnya. Hanya saja ketika memandikan kucing jenis ini sebaiknya untuk menggunakan jenis shampoo khusus yang mengandung pelembap. Seperti yang diketahui bahwa jenis kucing ini merupakan kucing yang tidak memiliki bulu.

Sehingga ketika memandikannya pastikan dengan lembut dan pelan-pelan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk melindungi kucing dari rasa sakit. Jangan lupa untuk memandikan kucing Anda secara rutin karena kucing sphynx ini mudah sekali kotor karena tidak adanya bulu pada bagian tubuhnya.

Baca juga: Harga Kucing British Shorthair

Nah demikian sedikit ulasan singkat tentang kucing sphynx mulai dari jenis, ciri fisik hingga cara perawatannya. Jika Anda berencana untuk memelihara rasa kucing ini, pastikan untuk memperhatikan lingkungan dan jenis makanannya.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin untuk menghindari kucing mudah terserang penyakit. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda khususnya bagi Anda yang masih pemula memelihara kucing jenis sphynx ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar