Harga Mesin Cuci Otomatis

Teknologi mesin cuci saat ini sudah semakin berkembang saja. Mesin cuci yang memiliki fungsi untuk meringankan pekerjaan manusia dalam hal mencuci pakaian tersebut, sekarang ini sudah banyak sekali jenis dan fungsinya.

Ada dua macam mesin cuci, yakni mesin cuci dua tabung dan mesin cuci satu tabung atau mesin cuci otomatis. Mesin cuci dua tabung merupakan mesin cuci yang antara proses mencuci dan mengeringkannya berada pada dua tabung yang berbeda.

Sementara mesin cuci satu tabung merupakan mesin cuci otomatis. Apa itu mesin cuci otomatis?

Mesin-Cuci-Otomatis
Mesin Cuci Otomatis (Tokopedia.com)

Maksudnya antara mencuci dan juga mengeringkan pakaian berada dalam satu tabung yang sama dan prosesnya otomatis oleh sistem. Hal tersebut membuat kegiatan mencuci Anda jadi semakin mudah.

Begitu banyak sekali aneka macam mesin cuci, bahkan sebagian orang ketika akan membeli mesin cuci pasti merasa bingung.

Mesin cuci manakah yang sesuai dengan kebutuhan? Jangan bingung, kali ini kita akan bahas mengenai mesin cuci otomatis atau satu tabung yang lebih enak dan lebih unggul.

Menggunakan mesin cuci satu tabung membuat Anda tidak kerepotan dalam mencuci, Anda tidak perlu repot memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lainnya.

Cukup memasukkan pakaian, air, detergen dan juga pewangi maka proses mencuci sudah dapat dilakukan.

Baca juga: Harga Mesin Cuci Polytron 1 Tabung

Kelebihan Mesin Cuci Otomatis

Memilih mesin cuci jenis otomatis ada dua jenis, yakni jenis front loading dan top loading. Kalau disimpulkan, jenis mesin cuci front loading adalah yang paling cocok untuk orang yang sibuk.

Apabila pekerjaan rumah tangga Anda sangat banyak, maka Anda wajib memiliki mesin cuci jenis ini. Mesin cuci jensi front loading memiliki pengering yang baik, baju Anda dijamin tidak akan lecek dan mudah untuk disetrika, hasilnya ketika Anda merapikan dan melipat baju, maka Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga terlalu banyak.

Sementara itu untuk mesin cuci jenis top loading, meskipun pengeringannya tidak sebaik dari mesin cuci front loading namun tenaga pembersihannya jauh lebih kuat. Bagi Anda yang memiliki anak kecil misalnya, maka akan ada banyak sekali baju kotor dan menggunakan mesin cuci top loading ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Sayangnya pengeringnya kurang baik, maksud dari pengering yang kurang baik adalah pengeringnya terlalu kuat sehingga tak jarang akan merusak pakaian.

Anda akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyetrika dan merapikan pakaian Anda. Untuk kapasitas penampungan sendiri, antara mesin cuci top loading dengan front loading, maka kapasitasnya lebih besar mesin cuci top loading.

mesin-cuci-top-loading-vs-front-loading
Mesin Cuci Top Loading VS Front Loading (Youtube.com)

Selain itu air yang masuk ke dalam mesin cuci top loading akan lebih mampu untuk merontokkan noda. Sedikit tips untuk Anda, kalau berdasarka budget, mesin cuci top loading jauh lebih murah ketimbang dari mesin cuci front loading.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang memiliki budget rendah.Selanjutnya apabila Anda ingin membeli mesin cuci satu tabung ini, maka pastikan bahwa Anda membeli mesin cuci yang memiliki inverter.

Apa itu inverter? Inverter adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk menggerakkan motor atau mesin guna merubah arus listrik dari DC ke AC.

Adanya inverter ini sendiri dapat menekan penggunaan listrik secara lebih baik. Mesin cuci front loading lebih hemat dalam penggunaan air, sebab cara mencuci pakaian di dalam tabung sendiri adalah dengan mengandalkan benturan di dalam tabung.

Biaya penggunaan air, listrik dan segala macamnya lebih hemat ketimbang menggunakan mesin cuci top loading.

Berikut adalah harga mesin cuci otomatis terbaik. Harga mesin cuci otomatis di bawah mungkin berbeda dengan harga yang anda temui di pasaran bergantung model dan tipe serta toko dimana Anda membelinya.

Daftar Harga Mesin Cuci Otomatis Terbaru Tahun 2019

Jenis Mesin Cuci OtomatisHarga Dalam Rp
Samsung WA13J5750SVRp6.295.000
Aqua AQW77DHRp4.500.000
Samsung WA95J5710SG/SE 9.5 kgRp3.850.000
LG T2109VSALRp3.588.000
Electrolux EWT805WN [Top Loading/8 kg]Rp3.499.000
LG T2107VS2MRp3.225.000
LG T2175VS2MRp3.198.000
Polytron PAW95513 9KGRp2.999.333
Polytron PAW 9513BRp2.958.000
Polytron Zeromatic Belleza PAW 8513MRp2.854.000
Polytron PAW 75513Rp2.699.333
Polytron PAW 95512Rp2.699.333
Polytron Top Loading Zeromatic Maya PAW8511WMRp2.631.500
Polytron PAW 9512 – Merah [9.5 kg]Rp2.550.000
Samsung WA70H4000SW [7 kg/Top Loading]Rp2.500.000
Samsung WA-70H4000SG [Top Load/7 kg]Rp2.460.000
Samsung WA70H4000SG [7 Kg]Rp2.443.000
Polytron PAW75511Rp2.298.333

 Baca juga: Harga Mesin Cuci Samsung 2 Tabung

Tips Membeli Mesin Cuci Otomatis

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum membeli mesin cuci.

1. Sesuaikan Harga

Harga mesin cuci otomatis front loading jauh lebih baik daripada top loading, harganya adalah sekitar Rp. 2.500.000 sampai dengan Rp. 3.500.000, bahkan ada yang lebih mahal.

Untuk mesin cuci top loading sendiri berkisar antara 1 juta sampai dengan 3 juta tergantung dari fitur dan juga merek yang dipilih. Rekomendasi mesin cuci otomatis sendiri yang paling bagus adalah jenis front loading.

Untuk merek sendiri, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan pengalaman yang Anda miliki. Ada mesin cuci otomatis lg, mesin cuci otomatis samsung, mesin cuci otomatis sharp, mesin cuci otomatis polytron, mesin cuci otomatis panasonic dan macam-macam merek lainnya. Kembali lagi semua bergantung pada kebutuhan Anda.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Apakah kebutuhan mencuci Anda banyak atau tidak? Jika banyak maka Anda harus membeli mesin cuci dengan kapasitas tabung yang besar, namun sebaliknya apabila tidak terlalu banyak Anda bisa membeli mesin cuci dengan kapasitas kecil saja.

Sekali lagi, mesin cuci top loading lebih besar kapasitasnya ketimbang mesin cuci front loading, kekuatan mencucinya pun jauh lebih besar.

Oleh karenanya mesin cuci jenis tersebut dapat Anda pilih. Hal ini juga berkaitan dengan efisiensi waktu Anda, bila Anda memilih mesin cuci yang pas maka Anda bisa lebih menghemat waktu Anda dan bisa dialokasikan ke kegiatan yang lainnya. Hal ini bisa membuat Anda mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga secara bersamaan.

Baca juga: Harga Kapasitor Mesin Cuci

3. Arus Listrik

Anda sebisa mungkin harus memilih mesin cuci yang memiliki inverter, agar arus bisa diubah dari DC ke AC, dengan begitu maka Anda dapat menghemat penggunaan listrik.

Seterusnya Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membayar listrik tersebut. Anda juga harus memperhatikan dengan sangat seberapa kuat arus listrik di rumah Anda.

Jangan sampai ketika mesin cuci menyala namun malah rumah Anda tidak kuat dan hasilnya malah mati listrik.

4. Perawatan

Pastikan Anda membeli mesin cuci yang mudah untuk dirawat, jangan sampai Anda kesulitan dalam membersihkan mesin cuci Anda.

Meskipun namanya adalah mesin cuci, namun mesin cuci tersebut juga sangat perlu untuk dicuci. Berikan perawatan yang baik untuk mesin cuci Anda agar usianya tahan lama dan awet.

Mesin cuci yang kotor pada bagian tabung akan mengambat proses mencuci baju Anda. Apalagi bila tabung pencuci ternyata bocor, maka mesin cuci dipastikan akan rusak dengan sangat cepat sekali.

Bila tingkat kekotoran atau kerusakan mesin cuci tidak terlalu parah, maka Anda tidak perlu memanggil teknisi dan bisa membersihkan sendiri mesin cuci Anda.

mesin-cuci-otomatis-samsung
Gambar Mesin Cuci Otomatis (Samsung.com)

Saat ini perangkat pembantu kegiatan manusia sudah semakin canggih saja, Anda hidup di era yang semuanya serba mudah.

Mesin cuci diciptakan untuk membantu kegiatan manusia dalam mencuci. Sama halnya dengan kegiatan yang lainnya, selalu ada saja alat yang diciptakan untuk membantu kegiatan fisik manusia.

Itu tadi adalah sedikit tips dalam memilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada intinya, semuanya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga informasi mengenai mesin cuci otomatis terutama tentang harga elektronik ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi rujukan dalam membeli mesin cuci, terima kasih.

Originally posted 2019-01-20 22:47:05.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar