8 Katalog Harga Mesin Cuci Terbaru dan Lengkap!

Mesin Cuci, mendengar namanya tentu Anda sudah tidak asing dengan mesin pembersih pakaian yang satu ini. Penggunaan mesin ini dalam sebuah rumah seolah-olah telah menjadi sesuatu hal yang wajib tersedia untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga.

Banyak orang yang tertarik menggunakan mesin ini karena dianggap lebih mudah dan praktis. Dengan menggunakan mesin yang satu ini pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Karena kemudahan itulah tidak heran jika keberadaannya saat ini hampir bisa dijumpai pada setiap rumah.

Di zaman yang semakin canggih dan maju ini semua hal bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan perkembangan teknologi tersebut tanpa disadari telah memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai hal.

Jika dulu untuk mencuci baju perlu membutuhkan waktu yang lama, maka sekarang hanya dengan menggunakan satu mesin saja Anda sudah bisa mencuci baju dengan mudah dan cepat. Tentu hal tersebut sangat efisien waktu, bukan? Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli mesin cuci, terlebih dahulu simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Cara Memilih Mesin Cuci Dengan Tepat

Seperti yang diketahui saat ini banyak sekali dijumpai berbagai macam jenis mesin pencuci pakaian dengan model dan merek yang berbeda-beda. Masing-masing mesin tersebut memiliki kelebihan atau kegunaan yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang berniat untuk membeli mesin yang satu ini, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui jenis dan modelnya. Berikut ini cara memilih mesin cuci sesuai dengan kegunaannya, yaitu

a. Berdaya Listrik Kecil

Saat memilih mesin, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah terkait masalah daya dari mesin yang akan Anda pilih tersebut. Pada umumnya pilihan daya listrik yang terdapat pada mesin cuci berkisar 300 Watt, 330 Watt, 400 Watt, 480 Watt, dan lain-lain.

b. Harga Terjangkau

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin pembersih pakaian ini yaitu terkait dengan harganya. Pastikan untuk membeli jenis mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada umumnya harga mesin pencuci pakaian ini berkisar antara 2 sampai 3 jutaan. Cukup murah sekali, bukan?

c. Merek Terbaik

Seperti yang diketahui saat ini banyak sekali dijumpai berbagai macam merek mesin pencuci pakaian yang masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Nah bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli mesin ini pastikan terlebih dahulu bahwa merek yang Anda pilih merupakan merek berkualitas dan tahan lama.

Jangan tergiur dengan harga yang murah, karena belum tentu dengan harga murah tersebut bisa menjamin kualitas dari mesinnya. Namun tidak jarang merk terkenal memiliki harga miring dengan kualitas yang bagus.

d. Kapasitas yang Sesuai

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu masalah kapasitasnya. Bagi Anda yang sedang mencari jenis mesin pembersih pakaian yang hemat dan efisien, sebaiknya untuk membeli jenis mesin yang berkapasitas kecil. Untuk menentukan kapasitas tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan di rumah.

Jenis-Jenis Mesin Cuci dan Kelebihannya

Pada umumnya jenis mesin cuci ini terbagi menjadi dua, yaitu model mesin cuci 1 tabung dan model yang 2 tabung. Lalu apa kelebihan dari masing-masing mesin tersebut? Berikut ini penjelasannya.

a. Mesin Cuci 1 Tabung

 Mesin Cuci 1 Tabung
Gambar Mesin Cuci 1 Tabung (Tokopedia)

 

Model atau jenis yang pertama yaitu model mesin cuci 1 tabung, jenis mesin yang satu ini sangat cocok untuk dipakai bagi Anda yang tidak membutuhkan mesin dalam kapasitas besar. Meskipun kapasitas mesin yang satu ini kecil namun ada banyak sekali kelebihan atau keunggulan yang dimiliki.

Misalnya seperti sangat praktis untuk dipakai  karena secara umum semua proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin sehingga Anda hanya perlu menjemur nya saja. Selain itu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh mesin ini yaitu sistem pengeringan yang mencapai 80-90%. Namun perlu Anda ketahui bahwa harga mesin ini lumayan cukup mahal.

b. Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin Cuci 2 Tabung
Gambar Mesin Cuci 2 Tabung (Tokopedia)

Jenis mesin selanjutnya yaitu mesin cuci 2 tabung. Kelebihan jenis mesin yang satu ini adalah harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis 1 tabung, konsumsi listrik model 2 tabung ini juga lebih hemat dan juga lebih tahan lama atau awet. Tidak hanya itu saja cara perawatan mesin jenis ini juga lebih mudah dan sangat praktis.

Bagi Anda yang saat ini sedang membuka usaha laundry, jenis atau model mesin ini sangat cocok untuk dipakai dalam usaha Anda. Karena selain menghemat daya, mesin cuci untuk laundri ini juga sudah terkenal awet dan tahan lama. Pastikan jangan sampai salah pilih ya!

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tetap Awet


Dalam merawat mesin pencuci pakaian ini bisa dikatakan susah-susah gampang, agar mesin tetap awet dan tahan lama sebenarnya Anda hanya perlu melakukan pembersihan secara ruti. Tidak hanya itu saja, ada beberapa cara merawat mesin cuci agar tetap awet, antara lain

  1. Selalu membersihkan mesin dari sisa-sisa detergen, pelembut, maupun pemutih dengan kain lembut agar tidak merusak mesin.
  2. Selalu bersihkan bagian yang seringkali dialiri oleh air secara berkala agar tidak berlumut.
  3. Selanjutnya bersihkan bagian dalam mesin dengan detergent yang dicampur klorin dan nyalakan mesin tunggu satu putaran cuci selesai.
  4. Filter mesin sebaiknya dibersihkan secara rutin yaitu minimal 1 kali dalam seminggu.
  5. Terakhir selalu matikan mesin dan jangan lupa untuk mencabut kabel dari stop kontak setelah mesin selesai digunakan

Perlu Anda ketahui selain mesin cuci manual seperti yang sudah dijelaskan diatas, sekarang ini ternyata banyak dijumpai mesin pencuci pakaian secara otomatis. Maksudnya adalah Ada beberapa mesin yang mampu dikendalikan atau dioperasikan dari jarak jauh.

Mesin cuci pintar merupakan salah satu mesin yang dikendalikan melalui ponsel pintar. Jenis mesin yang satu ini dijalankan dengan sistem Smart Diagnosis.

Dengan adanya sistem tersebut para pengguna bisa mendiagnosis kerusakan yang terjadi pada mesin melalui koneksi WiFi, NFC dan diagnosis suara. Tidak hanya itu saja adanya sistem smart diagnosis tersebut pengguna bahkan tidak perlu repot-repot mendatangi mesin untuk mengoperasikannya.

Karena hanya melalui perintah suara saja mesin tersebut dapat dinyalakan atau dimatikan dengan mudah dan cepat. Sangat praktis sekali, bukan? Jadi pastikan jangan sampai ketinggalan ya!

Demikian tadi sedikit informasi tentang mesin cuci yang perlu Anda ketahui. Hal yang paling utama untuk diperhatikan sebelum membeli pastikan terlebih dahulu kelebihan yang ditawarkan oleh mesin pilihan Anda.

Sebaiknya Anda perlu memilih sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak menyesal ke depannya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah terkait mesin pencuci pakaian yang bagus dan berkualitas.