19 Katalog Harga Musik Terbaru dan Lengkap!

Siapa yang tidak kenal musik? Kumpulan berbagai nota nada ini memang menghasilkan suara-suara indah yang sedap didengar. Pembaca sekalian pasti mendengarkan musik hampir setiap hari. Benar, kan?

Semakin pesatnya perkembangan zaman, musik dan alat-alatnya juga berkembang pesat. Sebelum rasa penasaran pembaca sekalian semakin tinggi, simak artikel berikut, yuk.

Pengertian Musik

Mungkin beberapa dari pembaca sering bertanya-tanya pengertian musik itu seperti apa sih? Nah, musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat berirama, dapat menjadi pengiring lagu, dan terdengar harmonis. Keharmonisan ini terdapat dari lantunan alat musik yang menghasilkan irama.

Agar menghasilkan nada-nada yang indah, musik terdiri dari beberapa unsur, lo. Apa saja unsur tersebut?

1. Melodi

Daya tarik musik terletak pada melodinya. Melodi adalah susunan nada-nada dengan urutan, interval, dan rendah tinggi nada yang teratur.

2. Irama

Iramalah yang menjadi penentu ketukan musik. Mengapa demikian? Karena irama adalah pergantian panjang ke pendek, tinggi ke rendah, keras dan lembutnya nada, serta penentu bunyi dalam rangkaian musik.

3.Birama

Birama adalah ayunan yang berulang-ulang di waktu yang hampir bersamaan. Ayunan ini biasanya teratur. Nah, birama ini juga terbagi menjadi dua macam, lo. Ada birama bainar untuk birama yang nilai penyebutnya genap dan birama tenair untuk birama yang penyebutnya ganjil.

4. Harmoni

Akor-akor selaras yang dimainkan sebagai iringan musik adalah pengertian dari harmoni. Harmoni ini adalah sekumpulan nada yang menimbulkan suara merdu yang biasa kita nikmati saat mendengarkan musik.

5. Tangga Nada

Musik tanpa tangga nada adalah sebuah ketiadaan. Tangga nada ini yang menentukan apakah suara yang dihasilkan bagus atau tidak.

Terdapat dua jenis tangga nada yaitu diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis terdiri dari tujuh  nada dengan 2 jarak, sedangkan pentatonis tersusun dari lima  nada dengan jarak tertentu.

6. Tempo

Kecepatan birama lagu dinamakan tempo. Tempo inilah yang menentukan cepat atau lambatnya sebuah birama. Terdapat delapan tempo yang dikenal dimulai dari yang paling lambat yaitu largo, lento, adagio, andante, moderato, allergo, vivace, dan presto.

7. Dinamika

Saat mendengarkan musik, tentu pembaca dapat menebak suasana apa yang akan menyertai lagu tersebut. Nah, tanda untuk menentukan suasana tersebut sangat berkaitan dengan dinamika. Ya, dinamika adalah tanda untuk memainkan nada. Apakah dengan suara lembut atau suara yang keras.

8. Timbre

Timbre adalah kualitas atau warna bunyi dan sangat ditentukan oleh sumber bunyinya. Jadi, tiap alat musik tentu akan menghasilkan timbre yang berbeda. Misalnya antara piano dan biola, meskipun dibunyikan pada nada yang sama, suara yang dihasilkan pasti berbeda.

Alat-alat Musik

Alat Musik Modern
Gambar Alat Musik Modern (Tokopedia)

Ada dua jenis alat musik yang dikenal di masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Alat-alat tersebut adalah alat-alat musik modern (bass, drum, gitar, senar) dan alat-alat musik tradisional (suling, angklung, gendang). Masing-masing alat musik ini tentu menghasilkan suara dan nada yang berbeda, tergantung cara memainkannya.

Aliran-aliran Musik

Selain alat-alat musik yang bermacam-macam jenisnya, aliran-aliran musik juga beragam, lo. Yuk, kita ulas satu-satu.

1. Pop

Aliran musik yang dikenalkan setelah Perang Dunia II ini memang menjadi primadona di berbagai kalangan. Kata pop sendiri berasal dari kata populer.

Tak heran, musik pop  memang masih populer dan dapat kita dengarkan sampai saat ini. Musiknya yang easy listening namun tetap dapat menyentuh perasaan yang mendengarkan membuat aliran musik ini terus bertahan.

2. Dangdut

Dangdut is the music of my country.” Penggalan lirik lagu dari Project Pop ini benar adanya. Dangdut memang merupakan salah satu aliran musik tradisional asli Indonesia.

Aliran musik ini memiliki unsur-unsur yang tidak dimiliki aliran musik lainnya. Unsur-unsur tersebut dipengaruhi oleh budaya India, Melayu, dan Arab. Hasilnya, irama dangdut yang rancak dan indah yang dapat dinikmati semua kalangan.

3. Jazz

Aliran musik jazz diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat bagian Selatan sekitar awal abad ke 20 Masehi. Aliran musik ini merupakan turunan dari beberapa aliran musik lainnya seperti blues, musik tradisional afrika, dan musik klasik.

Sampai sekarang aliran musik ini cukup banyak diperdebatkan, lo. Musik yang satu ini memang menjadi salah satu musik yang tak terdefinisikan. Wah, unik, ya.

4. Blues

Aliran musik blues ini awalnya berangkat dari musik-musik spiritual atau pujian-pujian yang didendangkan oleh komunitas budak-budak Afrika di Amerika. Musik dan lirik lagu dalam musik ini menandakan bahwa asal usul musik ini adalah dari Afrika Barat. Musik ini memiliki pengaruh besar dengan aliran musik di Amerika seperti jazz, RnB, Hip Hop, country, dan lain sebagainya.

5. RnB

RnB atau rythm and blues adalah aliran musik yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues. Pertama kali, aliran musik ini diperkenalkan oleh pemusik berdarah Afrika-Amerika. Istilah RnB ini digunakan untuk menggantikan istilah musik ras pada musik ini. Saat ini, aliran musik ini cukup digemari di dunia.

6. Rock

Musik rock dikenal sebagai musik yang menggunakan nada-nada tinggi dan cenderung keras. Sama seperti aliran musik lainnya, asal musik ini juga dari musik kulit hitam yang beragam saat itu.

Musik ini berkembang pesat pada tahun 1940-1950-an. Kemudian berkembang menjadi beberapa jenis pada tahun 1960-an. Perkembangan ini membuat musik rock bercampur dengan aliran musik lainnya sehingga terbentuk genre musik baru.

7. Country

Aliran musik ini berasal dari imigran-imigran yang datang dan menetap di Amerika Utara. Interaksi antar musisi dari berbagai negara asal imigran itu lah yang menghasilkan aliran country pada musik Amerika Utara. Pada awal diperkenalkannya, aliran musik ini sering disebut sebagai musik rakyat Amerika Utara atau old-time music.

8. Klasik

Musik klasik dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan bayi dalam perut ibu saat masih dalam kandungan. Aliran musik ini sebenarnya adalah aliran musik yang biasa dipakai untuk peribadatan di gereja. Namun, karena alunannya yang indah, musik ini disenangani masyarakat luas.

Tokoh-tokoh Musik

Tokoh Musik
Gambar Tokoh Musik Classic Beethoven (Youtube)

Sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti kapan pertama kali musik ini dikenalkan di dunia. Sejarah menuliskan, otak manusia yang lebih pintar dari hewan membuat manusia membuat tanda-tanda bahaya.

Tanda-tanda tersebut dibuat dengan suara seperti memukul kayu atau batuan keras. Lambat laun, manusia tersadar bahwa pukulan-pukulan tersebut menimbulkan suara yang indah didengar bila dilakukan dengan ketukan tertentu.

Seiring dengan berkembangnya zaman, aliran musik semakin banyak diperkenalkan. Tokoh-tokoh musik yang terkenal di dunia antara lain Ludwid Van Beethoven (1770-1827), Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791), Bob Marley (1945-1981), dan banyak lagi.

Perkembangan musik sepertinya memang tidak akan berhenti. Selamanya musik akan tetap diperdengarkan sebagai salah satu hiburan bagi manusia. Apalagi selera musik tiap-tiap orang berbeda sehingga kemungkinan musik untuk tetap hidup sangat memungkinkan.

Demikian artikel seputar music dari jenis, alat-alat, dan tokoh yang mengembangkannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp1100000 to Rp2500000


Gitar Yamaha APX 500

Secara keseluruhan, gitar Yamaha APX 500 menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang mencari rekomendasi gitar berkualitas.Gitar ini menawarkan keunikan tersendiri, baik dari segi penampilan ataupun nada yang dihasilkan. Dengan harga gitar yamaha apx 500 yang begitu murah, anda dapat menyelami berbagai fitur yang tersedia.

Yamaha APX 500 II

Yamaha APX 500 II merupakan salah satu produk keluaran pabrikan Yamaha yang telah populer di kancah dunia. Ya, gitar ini termasuk dalam seri APX yang fokus terhadap kualitas dan permainannya. Dengan body unik, elegan, nan simple akan menambah rasa kepercayaan diri anda. Nyaman? Pastinya, dari segi kuantitas bisa dibilang sangatlah terjangkau. Ingat, sebelum memutuskan untuk membeli, anda tetap harus berhati-hati dalam memilih. jangan sampai tertipu dengan harga gitar yamaha apx II yang murah namun ternyata tiruan

Gitar Murah

Gitar murah banyak diincar oleh sebagian besar orang yang menyukai seni musik.Gitar menjadi salah satu alat music yang banyak dilirik, terlebih anak muda. Ada dua jenis pilihan gitar listrik, yaitu Gitar elektrik dan gitar akustik. Di luar sana ada berbagai macam merk, namun yang kami rekomendasikan adalah merk gitar yamaha, ibanez dan cort. Harga gitar murah lainnya bisa anda dapatkan melalui online atau offline ditoko gitar terdekat

Gitar Cort

Gitar cort adalah gitar yang diproduksi oleh produsen gitar yang pusatnya berada di negeri gingseng Korea Selatan.Perusahaan ini termasuk salah satu produsen pembuat gitar terbesar di dunia dan juga memproduksi instrumen untuk berbagai perusahaan lainnya. Untuk gitar Cort listrik terdapat beberapa model diantaranya Cort Z-Custom, Buka Pore, Natural Burst, dari Seri Zenox, Seri Aero, Seri Rock Klasik, Seri EVL. dan harga gitar cord ini terbilang cukup mahal namun sebanding dengan kualitas yang diberikan

Gitar Yamaha F310

Gitar yamaha F310 dalam tampilannya terkesan sangat sederhana dan elegan. Walaupun pada nyatanya gitar akustik yamaha F310 tergolong ke dalam gitar akustik mewah. Karakter suara yang dihasilkan inilah yang menjadi kelebihan gitar yamaha F310 yang paling utama dan membuat gitar akustik sangat diminati. Selain itu harga gitar yamaha f310 termasuk cukup murah terutama dengan kualitas yang dimilikinya

Gitar Ibanez

Gitar ibanez adalah salah satu produk perusahaan alat musik terbesar di dunia yang berada di Nagoya, Jepang.Kelebihan gitar ini adalah desainnya menarik dan variatif, sangat nyaman dimainkan dan suara yang dihasilkan sangat indah. Sehingga sangat wajar bila harga gitar ibanez sangat mahal

Gitar Taylor

Merk Gitar Taylor ini terkenal karena memiliki gabungan teknologi dan kemampuan tinggi craftmanship. gitar Taylor dianggap sebagai gitar dengan suara terbaik serta mudah dimainkan di dunia. Banyak musisi kelas atas yang menggunakan gitar Tylor sebagai pegangan mereka seperti halnya Jason Mraz, Zac Brown, Prince dan Tylor Swift. Sehingga tidak heran

Gitar Ukulele

Gitar kecil ukulele merupakan suatu alat musik yang dipetik atau alat musik gitar yang mempunyai ukuran kecil. Sebagian besar ukuran dari gitar ukulele hanya sekitar 20 inch. Nama ukulele diambil dari bahasa hawaii yang mempunyai arti kutu loncat. Itulah sekilas tentang apa itu gitar kecil atau sering disebut dengan gitar ukulele. Perkembangan dari alat musik mini yang berasal dari hawaii cukup pesat. Harga gitar ukulele ini juga sangat murah dan terjangkau

Gitar Akustik Elektrik

Gitar akustik yaitu terdiri dari beberapa macam. Salah satunya yaitu gitar akustik yang menggunakan bantuan listrik agar mampu menghasilkan suara yang bagus dan menarik. Harga gitar akustik listrik ini tidak terlalu jauh dengan gitar akustik lainnyaGitar jenis ini pun juga terdiri dari beberapa merk pilihan yang bisa menjadi pilihan anda. Meskipun gitar ini berkualitas, tentu anda juga harus memperhatikan beberapa hal agar gitar akustik elektrik yang anda beli merupakan gitar dengan kualitas bagus.

Drum Bekas

Membeli Drum Bekas adalah salah satu cara untuk belajar alat musik ini tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Seiring bertambahnya waktu, drum second mulai memiliki banyak peminat mulai dari yang sudah handal maupun pemula dalam memainkan drum. Ditambah lagi harga drum bekas ini cocok untuk anda yang sedang belajar memainkan drum.

Drum Set

Seperti yang diketahui Drum merupakan salah satu alat mudik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik jenis ini sering kali dijadikan sebagai alat musi pengiring yang dapat menyajikan irama dari alunan musik yang begitu semangat dan energik. Beberapa rekomendasi merek drum set terbaik yang cukup terkenal seperti Yamaha, Pearl, DW, PDP, Mapex, Tama, Sonor, Premier, dan masih banyak lagi. Biasanya merk tersebut akan berbanding lurus dengan harga dan kualitasnya. Harga drum set ini bervariasi tergantung ukuran dan merk nya masing masing

Gitar Yamaha C315

Spesifikasi Gitar Yamaha C315 yang lengkap dan berkualitas sangat cocok digunakan bagi para pemula yang ingin belajar memainkan gitar.Gitar jenis ini bisa dikatakan sebagai gitar yang memiliki sisi sempurna sebagai gitar klasik harga gitar yamaha c315 ini pun sangat terjangkau

Gitar Akustik Yamaha

Gitar Akustik Yamaha memang sudah sangat terkenal akan kualitasnya. Seperti yang diketahui selain terkenal karena memproduksi motor yang begitu sangat populer, Yamaha ternyata juga memproduksi alat musik yang tidak kalah akan kualitasnya. Salah satu kelebihan gitar akustik Yamaha yang tidak dimiliki oleh gitar jenis lainnya yaitu dilengkapi dengan teknologi GIG BAG yang begitu menarik dan ukurannya yang ringkas. Harga gitar akustik yamaha juga relatif lebih murah dibandingkan dengan harga gitar yamaha jenis lainnya

Gitar Akustik

Gitar akustik adalah gitar yang menghasilkan suara secara akustik dengan memancarkan getaran senar ke udara dengan mengandalkan amplifikasi elektronik. Selain suara yang bagus, gitar ini tidak memerlukan listrik untuk dimainkan. Ditambah lagi harga gitar akustik yang murah menjadikan gitar jenis ini salah satu jenis gitar terfavorit

Gitar Yamaha

Bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari produk gitar yang berkualitas, salah satu produk gitar yang bisa Anda jadikan pilihan dalam membeli gitar berkualitas adalah Gitar Yamaha yang sudah terbukti akan kualitasnya. Harga gitar Yamaha ini juga bervariasi tergantung dengan model yang diinginkan

Gitar Kapok

Seringkali orang-orang mengaitkan gitar kapok dengan gitar akustik, padahal kapok merupakan perusahaan asal Cina, Guangzhou Kapok Guitar. Untuk Jenis-jenis gitar kapok tersebut yakni Solid Top Guitar (Sx-xxx untuk Steel, ESC-xxx dan SC-xxx untuk Klasik), All Solid Guitar (ASx-xxx untuk Steel, ASC-xxx untuk Klasik), Laminated Guitar (FLO-xxx dan Lx-xxx untuk Steel, LC untuk Klasik). Harga gitar kapok juga terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan harga yang dimiliki merk lainnya

Gitar Listrik

Gitar listrik adalah gitar yang menggunakan satu atau lebih pickup untuk mengubah getaran senarnya menjadi sinyal listrik. Bunyi gitar listrik dapat dimodifikasi dengan teknik bermain baru seperti lekukan tali, penyadapan, dan hammering-on, menggunakan umpan balik audio, atau permainan gitar geser. Yang terpenting harga gitar listrik saat ini sudah sangat terjangkau

Drum Elektrik

Salah satu peralatan musik yang saat ini mulai tenar ialah drum elektrik atau yang biasa dikenal dengan drumset elektronik. Bagi anda yang masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan drumset elektrik ini ialah sebuah instrument perkusi yang mampu memunculkan bunyi dengan gelombang elektronik yang dihasilkan dari pad-pad tingger. Harga drum elektrik saat ini masih lumayan mahal namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan

Senar Gitar

Senar gitar merupakan senar yang digunakan pada gitar agar mampu mengeluarkan bunyi sesuai dengan yang diinginkan oleh pemakainya. Senar gitar yang berkualitas rendah tentu akan menghasilkan suara yang kurang bagus dan kurang awet. Berbeda dengan senar gitar yang berkualitas bagus. Tentu akan menghasilkan suara yang bagus dan awet digunakan. Kualitas ini ditentukan dari mahal tidaknya harga senar gitar karena semakin mahal kualitas suara yang dihasilkan akan semakin bagus