Harga Pintu Kaca

Pintu kaca merupakan sebuah pintu yang terbuat dari kaca. Harga pintu kaca bermacam-macam tergantung model dan merknya. Pintu sebagai komponen penting dalam sebuah desain tempat tinggal atau bangunan nyatanya memang harus dipilih dengan cermat.

Selain sebagai pengaman, desain pintu dapat menunjukkan karakter bangunan maupun ruangan. Pintu menjadi jalan keluar masuk rumah maupun antar ruang satu dengan lainnya.

Setiap jenis pintu tentu memiliki kelebihan tersendiri. Memberikan kesan menarik pada setiap orang yang melihatnya.  Tampilan pintu semakin menawan dengan warna sekaligus orrnament yang tersemat di dalamnya.

Jika difungsikan sebagai ventilasi rumah, pintu harus sering dibuka agar pergantian udara dapat lancar sehingga ruangan tidak pengap. Dindingnya pun tidak akan terasa lembab karena setiap hari udara masuk.

Salah satu pintu yang kini banyak diminati hampir sebagian besar masyarakat adalah pintu dari kaca. Mengapa banyak dipilih? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Pintu Kaca?

Bagi orang yang masih awam dengan pintu kaca, pasti akan bertanya-tanya mengenai apa itu pintu jenis ini. Pintu dengan bahan utama kaca acap kali digunakan sebagai interior sebuah toko, showroom, mall, apartemen maupun perkantoran. Pandangan jernih dari sisi lain menjadi alasan dipilihnya pintu ini guna memperlihatkan produk-produk yang mereka jual agar lebih menarik.

Pintu Kaca Geser
Pintu dengan Kaca model Geser (Dekoruma.com)

Seiring dengan kemajuan zaman, pintu jenis ini banyak diminati untuk memperindah hunian tempat tinggal. Desain rumah terkesan lebih modern, bersih, dan ringan. Material kaca memiliki durabilitas sekaligus tingkat privasi rendah sehingga pemasangannya pun banyak digunakan pada ruang tengah yang menuju ke bagian outdoor.

Penempatan pintu yang dibarengi dengan partisi kaca sebagai dindingnya tentu dapat menghemat luas rumah. Pemandangan baik dari dalam ke luar ataupun sebaliknya menjadi tidak terbatas karena tidak terhalang oleh apapun.

Baca juga: Harga Lemari Piring

Selain itu, mampu memberikan efek ruang semakin luas manfaat utama pintu itu sendiri ialah untuk memperoleh cahaya alami dari luar. Apalagi saat pagi dan siang hari, cahaya terang dari sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam ruangan karena kaca yang tembus pandang.

Pintu Kaca Kantor
Pintu Kantor (Tokopedia.com)

Dengan begitu, anda tidak perlu lagi menyalakan lampu ruangan saat siang hari. Karena telah tersedia cukup banyak penerangan alami. Tentunya terlihat lebih sehat dan mengurangi global warming.

Tidak cukup sampai disitu, kegunaan pintu jenis kaca ini dapat menambah nilai keindahan sebuah bangunan. Toko misalnya, pintu toko biasanya menggunakan jenis pintu dengan kaca plus alumunium.

Pintu ini menggunakan rangka alumunium untuk mengelilingi kaca tersebut. Lebih aman pastinya. Hal itu berlaku pula pada pintu kantor. Sedangkan untuk pintu kamar mandi, biasanya menggunakan panel kaca sebagai pemisah antara area kering dan basah.

Berikut adalah daftar harga pintu dengan model terbaik. Harga perabot rumah ini selalu meningkat seiring dengan meningkatnya orang yang ingin memiliki pintu kaca yang indah untuk rumah maupun kantor.

Daftar Harga Pintu Kaca Berbagai Jenis

Jenis Pintu KacaHarga
Pintu Tempered Fitting Baru 100%Rp. 5.000.000 – Rp. 5.500.000
Penyangga Pintu Sliding Shower Screen Accessory Set Pintu SlidingRp 750.000
Jendela Aluminium YkkRp. 1.250.000
Set Pintu Sliding Kaca Frameless Glass Sliding Door Set AccessoryRp 1.250.000
Paket Pintu Sliding Door Dekkson L6 8922-57 Complete With Track AndRp 1.830.000
Pintu Tempered Fitting Second 90%Rp. 3.550.000 – Rp. 4.000.000
Rel Pintu Rumah / Sliding / Geser Yane J3 (190cmRp 191.000
Kaca Tempered Lembaran 10mm Second 90%Rp. 500.000
Pintu Pvc Muriko Kaca Kotak Putih Marmer Motif 3Rp 485.000
Kaca Tempered Lembaran 10mm Baru 100%Rp. 900.000
Pintu Swing 1 Daun Pakai Panel Upvc ConchRp 365.000
Pintu Sliding 4 Daun Upvc ConchRp 345.000
Pintu Kaca Kamar Mandi AlumuniumRp1.150.000
Pintu Aluminium Merk Ykk + Kaca 5 MmRp. 3.100.000
Rel Sliding Pintu Geser 240 Cm Sliding Rail Set Pintu Geser SlidingRp 350.000
Ekestad Pintu Kaca, CokelatRp 1.115.000
Rel Pintu Sliding / Rel Pintu GeserRp 175.000
Rel Sleding Pintu Geser Sliding Rail Kayu Aluminium D3 J3 A3 H3 180 CmRp 200.000
Kusen Pintu Aluminium Geser Dengan Tebal 1 MmRp. 460.000
Pintu Sliding 2 Daun Upvc ConchRp 345.000
Pintu Lipat Upvc ConchRp 365.000
Pegangan Pintu Geser / Sleding Stainless ArcelRp 40.000
Kusen Pintu Aluminium Ykk Ukuran 4 InchRp. 205.000
Kusen Pintu Aluminium Ykk Ukuran 3 InchRp. 155.000
Pintu Aluminium Merk Ykk + SpandrellRp. 3.550.0
Kusen Pintu Aluminium Geser Dengan Tebal 0.8 MmRp.360.000
Pintu Kamar Mandi Alumunium PrestileRp 750.000
Kaca Tempered Lembaran 12mm Second 90%Rp. 600.000
Roda A435 Untuk Sliding Door (Pintu Geser)Rp 150.000
Kaca Tempered Lembaran 12mm Baru 100%Rp. 1.000.000
Pintu Kaca Tempered Frameless SecondRp. 2.000.000 – Rp. 2.750.000

*Update : Februari 2019

Jenis-Jenis Pintu Kaca

Sebagai daun pintu yang terbuat dari bahan dasar kaca, pintu kaca nyatanya membawa beberapa manfaat bagi rumah anda. Terutama untuk menambah keindahan interior hunian. Pintu kayu bukanlah satu-satunya pintu yang tersedia dalam beragam variasi, pintu kaca pun demikian. Adapun jenis-jenis pintu kaca tersebut terdiri dari pintu kaca tempered, kayu, alumunium, dan frameless.

Pintu Kaca Aluminium
Pintu Kaca Aluminium (Dekoruma.com)

Pintu kaca tempered dirancang dengan menggunakan kaca tempered yang sudah terkenal akan kualitas produk unggul yang dimilikinya. Kaca tempered lebih aman karena lebih tebal, keras dan sangat kuat. Pilihan lainnya yang tak kalah bagus ialah pintu kaca aluminium.

Pintu ini terbuat dari kaca yang telah dilapisi alumunium pada bagian rangkanya. Selanjutnya ialah pintu kaca kayu yang memadukan antara kayu dengan kaca Terakhir tak kalah recommended pintu kaca frameless. Pintu ini dibuat tanpa rangka apapun sebagai pelapisnya.

Baca juga: Harga Pintu Rumah

Tipe Pintu Kaca

Menempatkan pintu kaca sebaiknya tidak asal-asalan. Anda harus menyesesuaikan desain pintu yang akan digunakan dengan gaya rumah anda. Tersedia berbagai pilihan tipe pintu kaca yang dapat anda jadikan bahan referensi.

Pintu kaca geser misalnya. Apabila dibandingkan dengan pintu engsel biasa, pintu geser mampu menghemat ruang yang memberikan kesan luas pada ruangan. Untuk membuka pintu, anda cukup menggeser ke kanan atau ke kiri.

Pintu Geser Kaca Buram
Pintu Geser Kaca Buram (homify.co.id)

Tipe selanjutnya ialah pintu kaca minimalis. Pintu yang dibuat dari bahan kaca, baik kaca biasa ataupun kaca tempered ini dirancang simple. Namun, tetap terkesan mewah dan elegan dengan balutan bingkai berwarna kecoklatan. Cocok untuk diaplikasikan dalam rumah bergaya minimalis yang berpadu dengan perabotan minimalis pula.

Bagi yang menginginkan hal berbeda yang jarang dijumpai, cobalah untuk menggunakan pintu kaca lipat. Pintu ini didesain berlipat-lipat. Pintu yang dibuka dengan cara melipat-lipat ini dikenal dengan sebutan pintu kaca folding atau folding glass door.

Biaya Pemasangan Pintu Kaca

Pemasangan pintu kaca membutuhkan keahlian khusus. Pintu kaca frameless atau tempered lebih banyak diminati berbagai kalangan. Selain tampilanya yang mewah dan modern, kaca tempered terkenal lebih kuat dibandingkan dengan jenis biasa.

Ketebalannya dirasa sesuai, jika hal terburuk terjadi semisal kaca pecah, maka pecahan kaca tersebut tidak berupa pecahan kaca tajam yang berbahaya. Akan tetapi berbentuk butiran-butiran sehingga tidak membahayakan.

Untuk itu, alangkah baiknya anda menggunakan pintu dengan kaca tempered. Hal itu dirasa lebih aman apalagi jika ada anak-anak di rumah. Untuk pemasangannya sendiri dapat dilakukan dengan memakai teknik floor hing. Berikut cara pemasangan pintu kaca ini.

Pertama yang harus dilakukan ialah melubangi lantai sesuai ukuran floor hing dengan jarak sekitar 1 cm hingga 1,5 cm dari tiang dinding. Hal ini bertujuan agar pintu dapat dibuka dan ditutup secara sempurna.

Selanjutnya pasanglah dudukan engsel pada bagian engsel atas. Posisikan engsel atas ini tegak lurus dengan floor hing bawah agar lancar saat membuka atau menutup. Terakhir pasanglah kaca pada floorhing tersebut. Cukup mudah bukan? Semakin tertarik untuk memilikinya?

Jangan cemas, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam karena harga pintu kaca sangatlah beragam tergantung dari desain yang diinginkan.

Baca juga: Harga Lemari Piring

Harga pintu kaca tanpa bingkai tergolong paling mahal karena memerlukan kaca yang tebal serta kaca tempered. Kaca tempered yakni kaca yang telah diproses dengan temperature tinggi sehingga lebih kuat dan menelan biaya tak sedikit. Untuk kaca tempered setebal 12 mm dipatok dengan kisaran harga 800 ribuan setiap meternya. Belum termasuk aksesoris lain seperti engsel dan handle.

Pintu Kaca
Pintu Kaca (homify.co.id)

Dibandungkan dengan kaca tempered, pintu kaca dengan bingkai alumunium, kayu, dan fiber relative lebih murah. Pada dasarnya tinggi rendahnya harga tetap tergantung dari jenis-jenis ketebalan kaca serta kualitas bingkai yang ditawarkan.

Bagaimana, tertarik mengaplikasikan pintu berbahan kaca pada interior hunian anda? Sebenarnya menggunakan pintu satu ini sangatlah bermanfaat. Selain untuk memperindah tampilan, dengan pintu semacam ini, rumah anda akan terlihat luas karena tidak ada sekat bangunan yang membatasinya.

Pemandangan dari luar rumah dapat dilihat dengan mudah. Dengan kata lain, unsur estetika menjadi suatu hal yang cukup mudah didapatkan.

Tentunya memiliki pintu dengan bahan kaca tidak serta merta dibiarkan begitu saja bukan? Perlu dilakukan perawatan berkala untuk membersihkannya agar tetap nyaman dipandang.

Originally posted 2019-04-06 14:00:07.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

1 thought on “Harga Pintu Kaca”

Berikan Komentar