2 Katalog Harga Pintu Terbaru dan Lengkap!

Pintu merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah rumah. Jika membahas tentang keindahan rumah atau hunian, tentu banyak aspek yang mendukung untuk menciptakan keindahan tersebut mulai dari desain interiornya hingga desain eksterior nya.

Perpaduan antara kedua desain tersebut akan menciptakan kenyamanan dan nuansa indah pada hunian Anda. Seperti yang diketahui pintu merupakan salah satu faktor utama dalam sebuah tempat tinggal.

Pada umumnya furniture yang satu ini hanya berfungsi sebagai pengaman saja. Namun semakin berkembangnya zaman menjadikan furniture yang satu ini bisa dijadikan sebagai alat mempercantik sebuah hunian.

Sekarang ini Anda bisa menemukan berbagai model dan jenis pintu dengan beberapa sentuhan ornamen yang semakin menambah kesan cantik dan elegan pada hunian Anda. Apa saja model yang tersedia? Jenis dan modelnya terbilang cukup banyak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari pintu untuk hunian Anda, simak terlebih dahulu beberapa point yang harus Anda ketahui sebelum membelinya. Mari kita simak berikut ini.

Jenis-Jenis Pintu Minimalis

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas bahwa ada banyak sekali model atau jenis pintu yang tersedia di pasaran. Masing-masing modelnya pun terbuat dari bahan yang berbeda-beda.

Pada umumnya bahan yang paling dipakai untuk pembuatan furniture yang satu ini adalah berbahan dari kayu. Nah untuk memilih model atau jenis pintu sangatlah mudah, pastikan untuk selalu menyesuaikan dengan model desain dari hunian Anda.

Jika Anda memilih model yang tidak sesuai dengan hunian maka akan terkesan aneh dan tidak indah untuk dipandang. Berikut jenis-jenis pintu yang bisa dijadikan referensi pilihan Anda,

a. Model Swing

Pintu Swing
Gambar Pintu Swing (Tokopedia)

Model yang pertama yaitu model swing. Model yang satu ini paling umum atau sering digunakan oleh berbagai model bangunan mulai dari yang minimalis hingga yang mewah.  Model swing ini dapat membuka dan menutup pintu dengan cara didorong ke depan atau di tarik ke belakang. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh model ini yaitu perawatannya yang lebih mudah.

b. Model Lipat(Folding Door)

Pintu Lipat
Gambar Pintu Lipat (Tokopedia)

Model lipat atau yang sering dikenal dengan folding door merupakan jenis pintu yang paling banyak digunakan karena cara membuka pintunya yang berbeda dengan jenis pintu pada umumnya. Cara membuka pintu jenis ini yaitu hanya perlu digeser ke arah samping dengan menggunakan bantalan rel. Model pintu yang satu ini sering dipakai untuk ruang keluarga yang menghadap taman bagian belakang.

c. Model Putar Otomatis

Pintu Putar
Gambar Pintu Putar Otomatis (Tokopedia)

Bagi sebagian besar orang pasti sudah pernah melihat model yang satu ini. Umumnya model pintu putar otomatis ini sering sekali digunakan pada hotel, mall, dan gedung perkantoran. Sesuai dengan namanya pintu ini akan berputar secara otomatis saat terdapat gerakan orang yang akan masuk ke ruangannya.

d. Pintu Geser (Sliding Door)

Pintu Geser
Gambar Pintu Geser (Tokopedia)

Pintu geser atau juga sering dikenal dengan nama sliding door merupakan model pintu yang cara membukanya sangat mudah yaitu hanya perlu menggeser pintu ke samping kanan atau kiri. Model geser yang satu ini sering dipakai pada ruang yang sempit karena tidak perlu mengayunkan seperti model swing. Model geser ini sekarang ini juga mulai banyak digunakan pada lemari pakaian.

Mengenal Bahan Pintu Terbaik

Selain kayu, ternyata saat ini juga terdapat model-model pintu yang terbuat dari bahan lainnya. Apa saja bahan-bahan pintu terbaik? Simak ulasannya di bawah ini

a. Aluminium

Aluminium merupakan bahan yang sering dipakai untuk pembuatan model pintu. Banyak orang yang mulai tertarik dengan bahan ini karena tahan terhadap air, karat, lembab, suhu yang dingin dan masih banyak lagi. Selain itu bahan dari aluminium ini juga tahan terhadap korosi sehingga lebih awet dan tahan lama.

b. Kayu

Kayu menjadi bahan yang sering dipakai dalam pembuatan model pintu mulai dari model minimalis sampai model mewah. Jenis bahan yang satu ini paling banyak dipakai karena memiliki tekstur yang tangguh, kuat dan tahan terhadap cuaca.

Banyak orang yang lebih memilih pintu dari kayu karena tahan terhadap korosi sehingga bisa bertahan hingga puluhan tahun. Model pintu dari bahan kayu ini sangat cocok dipakai untuk berbagai macam model baik klasik maupun modern.

c. Besi

Selain aluminium, material besi juga menjadi favorit untuk membuat pintu yang berbeda dan menarik. Material besi ini lebih banyak jenis dan modelnya sehingga tidak heran jika banyak sekali model yang ditemukan di pasaran.

d. Baja Yang Padat

Baja merupakan salah satu bahan yang kerap sekali dipakai untuk material gerbang pada pintu masuk. Mengapa demikian? Seperti yang diketahui material baja memiliki ketahanan yang begitu kuat terhadap cuaca baik panas maupun hujan.

Material sayang satu ini juga bisa di cat sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu keunggulan lainnya yang dimiliki oleh material baja ini mudah dalam hal perawatan.

Cara Membersihkan Pintu Kayu Dengan Mudah


Kayu merupakan salah satu bahan atau material yang mudah sekali untuk dibersihkan. Banyak orang lebih suka menggunakan pintu yang berbahan dasar dari kayu karena selain karena mudah dibersihkan tersebut, kayu juga merupakan salah satu material yang mudah dalam hal perawatan.

Lalu bagaimana cara membersihkan pintu kayu dengan benar? Berikut penjelasannya,

  1. Pastikan untuk selalu membersihkannya dengan menggunakan kemoceng atau menggunakan lap kering secara rutin. Minimal pembersihan tersebut dilakukan setiap 3 hari sekali.
  2. Sebaiknya lap atau bersihkan pintu kayu tersebut dengan menggunakan obat atau cairan furniture polish agar selalu terjaga kelembabannya. Pemolesan tersebut juga dapat membuat pintu tampak lebih mengkilap.
  3. Cara yang ketiga, yaitu hindarkan pintu kayu tersebut dari goresan-goresan benda tajam yang tentu saja merusak keindahan yang ditampilkan oleh pintu tersebut.
  4. Segera bersihkan pintu yang terkena percikan air atau kotoran dengan menggunakan lap. Tujuannya agar kotoran tidak lama2 menempel pada pintu.

Selain mengetahui jenis dan bahan-bahan yang dipakai dalam pintu, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli furniture yang satu ini yaitu mengetahui ukuran-ukurannya. Pada umumnya ukuran pintu antar ruang yaitu ditetapkan sebesar 85 cm – 95 cm dan tinggi 220 cm-240 cm.

Sedangkan untuk ukuran pintu kamar mandi atau toilet memiliki dimensi 75 cm – 85 cm dengan tinggi yang sama seperti pintu antar ruang. Jadi pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya!

Demikian sedikit pembahasan tentang pintu rumah yang perlu Anda ketahui. Sebelum membeli alangkah baiknya untuk melihat kualitas dari bahan yang digunakan pada pintu pilihan Anda. Semoga infromasi diatas bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp275000 to Rp2800000


Pintu Rumah

Pintu rumah menjadi salah satu bagian properti yang sangat penting diperhatikan. Desain dan jenis bahan yang dipilih akan menjadi penentu konsep dan keindahan rumah yang sudah direncanakan di awal.Harga pintu rumah pun beragam tergantung dengan model yang diinginkan dan sesuai dengan model rumah. Harga Paling murah untuk kusen pintu rumah sekitar 275000 sedangkan untuk pintu berkualitas harga nya dapat mencapai 2 juta lebih

Pintu Kaca

Pintu kaca sering kali digunakan sebagai interior sebuah toko, showroom, mall, apartemen maupun perkantoran. Harga pintu kaca juga terbilang cukup terjangkau dan lebih elegan dibanding pintu berbahan lain Alasan kenapa sekarang banyak yang memakai pintu kaca yaitu desain rumah terkesan menjadi lebih modern, bersih, dan ringan. Untuk memilih model Anda harus menyesesuaikan desain pintu yang akan digunakan dengan gaya rumah, toko atau kantor anda.