Harga Piring Rotan

Piring rotan menjadi salah satu jenis piring yang saat ini banyak diminati. Penggunaannya bukan hanya di dalam keperluan rumah tangga melainkan juga dalam usaha dunia kuliner.

Tidak jarang banyak yang tertarik karena penggunaan piring jenis yang satu ini. Selain kesanya unik harga piring rotan ini juga sangat murah dan bisa kita buat sendiri

Piring Rotan Rumahan

Piring Rotan Lidi
Gambar Piring Rotan Lidi

Saat ini, kerajinan piring rotan rumahan sudah bisa dijadikan sebagai industri yang menjanjikan. Meskipun dibuat dalam skala rumahan, tetap saja permintaan yang ada saat ini sudah sangat memberikan peluang besar. Apalagi sudah banyak pengusaha kuliner yang memilih menggunakan penyajian unik.

Biasanya mereka akan mengusung tema restoran ataupun tempat makanan tradisional untuk mendukung suasana yang ditampilkan. Hal ini pulalah yang tidak jarang menjadi daya tarik terbesar pecinta kuliner untuk datang makan dan mencicipi.

Jelas saja ini akan sangat berpengaruh kepada kerajinan piring rotan yang akan diproduksi. Namun, jika ingin membuatnya dalam skala rumah tangga, tentu juga bisa. Keahlian dan ketekunan akan sangat berpengaruh dalam pembuatannya.

Baca Juga : Harga Lemari Gantung Dapur

Biasanya kisaran harga piring rotan tidaklah mahal. Hanya berkisar di angka puluhan ribu saja. Kalaupun ada dengan kualitas super dan dijual sebagai barang antik, maka harganya bisa mencapai ratusan ribu.

Daftar Harga Piring Rotan Tiap Pcs Tahun 2019

Nama BarangHarga Dalam Rp
Piring Rotan Plastik Coklat 1pcsRp2.000
Piring Rotan Plastik Warna Warni 1pcsRp2.000
Piring Rotan Plastik Abu 1pcsRp2.000
Piring Rotan Warna Merah Pinggir 15cm 1pcsRp2.000
Piring Rotan Warna Biru Pinggir 18cm 1pcsRp2.100
Piring Rotan Warna Hijau Pinggir 20cm 1pcsRp2.300
Piring Rotan Polos 1pcsRp2.300
Piring Rotan Warna Merah Tengah 18cm 1pcsRp2.400
Piring Rotan Warna Warni 22cm 1pcsRp2.400
Piring Rotan Warna Warni 23cm 1pcsRp2.500
Piring Rotan Polos 23cm 1pcsRp2.500
Piring Rotan Kuning Biru Tua 23cm 1pcsRp2.500
Piring Rotan Plastik Cekung 1pcsRp2.800
Piring Rotan Plastik Sintetis 1pcsRp2.800
Piring Rotan Lidi Anyam Double 1pcsRp3.300
Piring Rotan Plastik Ceper 1pcsRp3.300
Piring Rotan Plastik 12pcsRp45.000
Piring Rotan Asli 20pcsRp95.000
Piring Rotan Asli Warna Warni 48pcsRp115.000
Piring Rotan Asli Warna Warni 50pcsRp159.000
Piring Rotan Asli Warna Warni 100pcsRp240.000

Memilih piring rotan sebagai media penyajian bisa menambah kenikmatan saat memakannya. Selain itu, harga yang dibanderol juga tidak terlalu mahal.

Macam-Macam Piring Rotan

Ada macam-macam piring rotan yang perlu diketahui supaya bisa memilih yang pas. Adapun jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut:

a. Piring Rotan Asli

Piring Rotan
Gambar Piring Rotan

Pertama, ada piring rotan asli yang sudah pasti terbuat dari rotan asli sehingga bahannya akan mutlak berasal dari rotan. Demikian saat penganyaman dan bentuk yang dihasilkan tentu saja bagaimana karakteristik rotan pada umumnya.

b. Pring Rotan Plastik

Piring Rotan Plastik
Gambar Piring Rotan Plastik

Kedua, ada piring rotan plastik yang bisa dijadikan sebagai wadah yang menyerupai anyaman rotan. Hanya saja bahan yang digunakan adalah plastik sehingga karakteristiknya tidak akan sama seperti rotan sungguhan.

c. Piring Rotan Sintetis

Piring Rotan Sintetis
Gambar Piring Rotan Sintetis

Ketiga, ada piring rotan sintetis. Dari segi bentuk akan menyerupai rotan pada umumnya. Hanya saja dari segi harga dan karakteristik yang akan didapatkan tentu akan berbeda dengan rotan yang sebenarnya.

Perlu diketahui juga saat sudah memiliki piring rotan, terkhusus untuk yang terbuat dari bahan asli rotan, maka harus merawatnya secara benar supaya bisa awet dan bertahan lama. Beberapa cara yang bisa dilakukan ialah, pertama setelah digunakan, maka letakkanlah di tempat yang kering dan juga tidak lembab.

Baca Juga : Harga Lemari Olympic

Piring Rotan Warna
Gambar Piring Rotan Warna

Hal ini mencegah air masuk ke dalam pori-pori bahan rotan yang bisa mempengaruhi keawetannya. Kedua hindari untuk meletakkan di atas lantai. Selalu ingat untuk meletakkannya di meja maupun di lemari. Apabila kotor, jangan dicuci, sikatlah dengan sikat kering ketika sudah tampak kotor.

Cara Membuat Piring Rotan

Berikutnya perlu diketahui cara membuat piring rotan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Perama adalah mempersiapkan rotan terlebih dahulu. Biasanya, rotan yang digunakan adalah rotan yang kondisinya masih basah.

Selanjutnya adalah melakukan penganyaman yang dimulai dari bagian tengah dengan membentuk pola tertentu seperti bentuk lingkaran. Kemudian, buatlah dengan ukuran yang diinginkan dan mulailah menyelipkan lidi pada ujung lingkaran agar berbentuk seperti piring.

Baca Juga : Harga Kursi Chitose

Perlu diingat apabila diameter piring besar, maka akan diperlukan penyambungan lidi dengan cara menindihnya dengan berdasarkan pada pola anyaman yang sudah dibuat. Tahapan yang terakhir adalah finishing yang memerlukan cat dan proses melamik. Selain itu jangan lupa untuk diplitur agar tampilannya semakin indah.

Originally posted 2019-01-21 19:42:18.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar