Harga Printer Epson

Printer sudah menjadi kebutuhan wajib terutama bagi kantor atau bahkan mahasiswa. Karena hampir setiap laporan atau tugas yang telah kita ketik di komputer dicetak menggunakan printer ini.

Salah satu printer terbaik adalah keluaran Epson. Harga printer Epson yang tidak terlalu mahal dan hasil yang bagus menjadi alasan printer ini menjadi pilihan.

Mengenal Brand Epson

Epson merupakan produsen barang elektronik asal dari Jepang dan berada dibawah naungan Seiko Epson Corporation. Brand yang telah berdiri sejak 1942 ini telah memiliki cabang di berbagai belahan dunia.

Produk dari Epson beragam mulai dari berbagai jenis printer hingga scanner dan juga proyektor. Printer nya ini terkenal karena kualitas gambar dan tulisan yang jelas.

Untuk harga nya printer Epson bisa dibilang memiliki harga yang terjangkau. Terdapat banyak pilihan harga printer yang bisa dipilih berikut diantaranya telah kami rangkum dalam tabel berikut

Daftar Harga Printer Epson Terbaru Tahun 2019

Jenis Printer EpsonHarga Dalam Rp
Printer Epson ME32Rp720.000
Printer Epson TX121Rp830.000
Printer Epson ME340Rp910.000
Printer Epson L120Rp1.460.000
Printer Epson L220Rp1.510.000
Printer Epson L330Rp1.735.000
Printer Epson L360Rp2.210.000
Printer Epson L380Rp2.320.000
Printer Epson TM-T82Rp2.330.000
Printer Epson T-82Rp2.350.000
Printer Epson L310Rp2.410.000
Printer Epson L385Rp2.710.000
Printer Epson L4650 WiFiRp2.860.000
Printer Epson L565Rp3.870.000
Printer Epson L1300Rp4.100.000
Printer Epson L1800Rp8.340.000

*Update Bulan Januari 2019
Harga diatas diambil dari reseller resmi Epson dan juga beberapa toko terpercaya. Harga yang dipilih merupakan harga dari printer rumahan dan kantoran dengan kualitas bagus namun harga miring.

Masih banynak seri printer Epson lainnya yang tidak dapat semuanya ditampilkan pada tabel. Namun semuanya tetap memiliki harga elektronik yang lebih murah dibanding printer lainnya

Macam-Macam Printer Epson

Printer dari Epson sendiri dibedakan berdasarkan kemampuannya serta kebutuhan penggunaannya. Diantaranya untuk kebutuhan sehari-hari ada printer inkjet dan ink tank.

Kemudian untuk kebutuhan percetakan tersedia printer professional imaging. Sedangkan untuk keperluan bisnis ada label printer, dot matrix printers, dan point of sale.

1. Printer Inkjet

Teknologi inkjet sudah diterapkan oleh epson untuk poduk printer nya. Dengan teknologi ini warna ditembakan langsung pada kertas sehingga dapat menghasilkan warna yang jelas dan hasilnya cepat.

Printe ini cocok digunakan untuk keperluan ringan namun memerlukan hasil maksimal. Terdapat 4 seri untuk tipe printer inkjet ini yaitu seri XP, seri B, seri Stylus, dan seri PictureMate

2. Printer Ink Tank

Model selanjutnya adalah Ink Tank, pada model ini dilengkapi dengan tabung tinta tambahan pada bagian luar. Tabung ini menyalurkan tinta warna hitam, merah, kuning, dan biru kedalam printer.

Dengan cara tersebut penggunaan tinta akan lebih hemat dan mudah saat melakukan pergantian catridge. Untuk printer ini Epson memiliki dua seri khusus yaitu seri L dan seri M

3. Laser Printer

Kategori printer rumahan lainnya adalah Laser printer. Dengan memanfaatkan teknologi laser printer ini mampu mencetak dengan sangat cepat dan dengan hasil yang jelas.

Cara kerjanya hampir sama dengan mesin photocopy dan sangat efektif mencetak dengan warna hitam putih. Terdapat beberapa macam seri laser printer yang bisa dipilih seperti seri laserjet atau aculaser.

4. Professional Imaging

Untuk keperluan bisnis Epson memiliki Professional Imaging. Printer ini sering digunakan dipercetakan untuk mencetak banner karena ukurannya yang besar seperti pada seri SureColor.

Selain itu printer professional imaging Epson ini juga mampu melakukan scanning pada gambar. Seri yang memiliki kemampuan ini adalah seri Stylus, dan seri SureLab.

5. Label Printer

Printer ini diperuntukan khusus untuk mencetak label atau stiker. Sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan bisnis seperti pelabelan harga, atau memberikan label produk.

Ukuran dari printer label ini bermacam-macam ada yang hanya sebesar telpon genggam. Epson sendiri mengeluarkan 2 seri untuk kategori printer ini yaitu seri ColorWork atau LabelWork.

6. Dot Matrix Printer

Printer ini menggunkan teknologi Dot Matrik dimana mengguakan bahan cabon yang berbentuk padat. Cara kerja nya hampir sama dengan mesin tik.

Printer ini cocok untu pertokoan atau bisnis untuk mencetak nota belanjaan yang hanya memerlukan warna hitam putih. Seri printer dari Epson untuk kategori ini ada seri DFX, FX, LQ, LX, dan seri DLQ.

7. Point of Sale

Kategori printer ini menggunakan teknologi heat printer yang menggunakan panas sebagai media pencetak pada kertas. Printer ini kebanyakan memiliki ukuran yang kecil.

Umumnya digunakan untuk mencetak struk, seperti pada struk ATM atau belanjaan. Terdapat 3 seri printer dalam kategori point of sale yaitu, reciept printer, mobile printer, dan thermal label printer.

Baca Juga : Harga TV LED

 

Seri Printer Epson Terbaru Terbaik 2018

Diantara model-model dan seri tersebut Epson memiliki seri terbaru dan sangat sering digunakan secara umum di masyarakan. Berikut ini akan kami ulas secara singkan 5 seri printer Epson terbaru dan terbaik.

a. Epson L120

Printer Epson L120
Gambar Printer Epson L120

Seri ini merupakan salah satu seri favorit dari printer Epson. Hanya dengan harga Rp. 1.450.000, kita sudah bisa mendapatkan printer dengan kecepatan mencetak 8.5 ipm dan 4.5 ipm.

Fitur lain yang tersedia dari printer ini adalah koneksi wifi serta tabung tinta yang berada di luar. Dengan fitur ini printer dapat lebih hemat menggunakan tinta dan lebih produktif.

b. Epson L310

Printer Epson L310
Gambar Printer Epson L310

Seri selanjutnya adalah L30   yang memiliki kecepatan cetak 33ipm dan 15ipm. Selain itu printer ini mampu mencetak dengan resolusi maksimal 5760×1440 dpi.

Printer ini diunggulkan karena kecepatannya mencetak banyak namun dengan tinta dan harga yang hemat. Keunggulan nya ini bisa didapat hanya dengan harga 2.400.000 satu unit.

c. Epson L360

Printer Epson L360
Gambar Printer Epson L360

Epson L360 merupakan seri printer yang disebut sebagai upgrade dari seri L120 dan L220. Printer ini mampu melakukan scan, copy, dan print hanya dengan satu mesin.

Printer ini mampu mencetak ribuan lembar dengan hasil yang tajam dan tinta yang hemat. Begitu juga saat digunakan scanning dan copy dengan resolusi maksimal 5760 dpi.

Printer ini sangat cocok digunakan untuk perkantoran atau pun rumah karena harga dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Harganya sendiri ada dalam kisaran harga 2.195.000.

d. Epson L405

Printer Epson Multifungsi L405
Gambar Printer Epson Multifungsi L405

Salah satu printer yang coccok untuk perkantoran adalah Epson L405. Printer multifungsi ini mampu melakukan print, scan, dan copy. Kelebihan lainnnya adalah koneksi wifi yang dimiliki nya.

Selain Wifi printer ini juga dilengkapi dengan port USB 2.0. Serta memiliki kemampuan mencetak resolusi tinggi namun dengan tinta yang hemat.

Reolusi maksimal printer ini adalah 5760 dpi dengan kecepatan 33 ipm. Harga yang dibanderol untuk printer ini adalah 2.850.000 per unit nya.

e. Epson All-in-One L565

Printer Epson All in One L565
Gambar Printer Epson All in One L565

Printer perkantoran lainnya adalah Epson L565 dengan dengan kemampuan print, scan, copy, dan juga fax yang dimiliki nya. Selain itu printer ini juga dilengkapi koneksi WiFi dan ethernet.

Pada bagian depan juga terdapat monitor monochrom untukk mengetahui status pengerjaan. Printer ini termasuk printer ink tank sehingga sangat hemat untuk penggunaan tinta.

Performanya mampu mencetak dengan kecepatan 33 ipm dan 15 ipm dengan resolusi 5670 dpi. Harga yang dimiliki printer ini hanya 3.650.000 yang bisa dibilang sangat murah untuk kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga : Harga Jam Tangan Swiss Army

Masih banyak printer lainnya yang tidak dapat disebutkan. Namun dengan harga yang semakin tinggi kita akan mendapatkan fitur seperti pada printer epson bluetooth dan lainnya.

Tips Merawat Printer

Sebagai barang elektronik yang sering digunakan menjadikan printer ini rawan mengalami kerusakan bila digunakan tanpa perwatan. Berikut ini beberapa tips agar printer anda tidak cepat mengalami kerusakan.

1. Gunakan Secara Berkala

Barang elektronik khususnya printer yang jarang digunakan tentu akan cepat rusak. Karena itu paling tidak gunakan printer untuk mencetak agar tinta pada infus tidak mengering dan lancar.

Penggunaan ini minimal 3 hari sekali dengan mencetak menggunakan tinta hitam atau berwarna. Meskipun hanya dengan tulisan atau gambar yang sedikit.

2. Bersihkan Printer

Printer yang kotor akan menyebabkan kemacetan akibat debu yang menempel. Bersihkan secara rutin printer terutama dari debu atau potongan kertas.

Ini dilakukan agar tidak ada kemacetan pada mesin. Perawatan ini minimal dilakukan dalam dua kali seminggu karena itu ada baiknya meletakan printer jauh dari tempat berdebu.

3. Istirahatkan Printer

Setiap setelah penggunaan atau mencetak lebih dari 100 lembar, ada baiknya printer di istirahatkan selama 3 sampai 5 menit. Hal ini agar printer tidak panas dan cepat rusak.

Lebih efektif lagi diprint secara bertahap 10 lembar sampai 20 lembar. Kemudian istirahatkan selama beberapa menit agar mesin tidak over working.

4. Isi Ulang Tinta

Selalu cek ketersediaan tinta pada ink tank. Cara pengecekan dapat dilakukan dengan melihat indikator pada tabung atau dari warna print yang dihasilkan.

Jika warna sudah mulai tidak jelas tandanya salah satu tinta akan segera habis. Karena itu isi ulang kembali tinta dengan warna yang sesuai dan kompatibel.

5. Listrik Stabil

Sebagai barang elektronik keadaan listrik juga mempengaruhi performa mesin. Dengan listrik stabil printer dapat bekerja secara maksimal.

Namun jika ternyata listrik nya tidak stabil anda bisa menggunakan stabilizer atau UPS untuk menjaga mesin saat listrik padam. Sehingga mesin dapat terlindungi dari efek kejut listrik yang mati.

6. Jangan dibongkar

Hal yang juga tidak kalah penting adalah jangan lakukan pembongkaran bila anda tidak paham. Bagian mesin printer khususnya catridge sangat sensitif terhadap sentuhan.

Bila bagian ini tersentuh oleh tangan makan akan mengganggu aliran listrik statis pada mesin. Tentu saja akan menyebabkan kerusakan instan pada printer anda.

7. Lakukan Clean Sheet

Clean Sheet sendiri merupakan fitur bawaan dari software printer untuk menjaga aliran tinta tetap lancar. Fitur ini dapat dipilih pada menu properties.

Saat mengaktifkan Clean Sheet kertas akan dibolak balik kemudian mencetak tulisan default berwarna hitam atau warna warni. Sehingga kita bisa mengecek warna dan aliran tinta pada printer.

8. Reset Printer

Dalam kebanyakan manual book, setelah penggunaan lebih dari 1000 sampai 3000 lembar printer harus direset ulang. Karena itu lakukan reset seperti pada manual book tersebut.

Jika setelah direset dan telah mencetak 1000-3000 lembar, lakukan kembali reset printer. Hal ini baiknya dilakukan secara berkala setelah mencapai sekitar 1000-3000 lembar.

9. Gunakan Kertas Baru

Sangat penting juga menggunakan kertas yang baru. Karena bentuknya yang masih bersih dan tidak ada lekukan akan menjaga performa printer.

Jika kertas yang digunakan telah kusut atau berdebu akan menyebabkan kertas tersangkut atau debu menempel. Sehingga mesin printer akan cepat rusak.

10. Matikan Printer

Setelah digunakan pastiken printer mati dengan cara yang benar. Jangan sampai langsung dicabut aliran listriknya karena akan menyebabkan mesin cepat rusak.

Matikan dengan menekan tombol off setelah proses  mencetak selesai. Jangan langsung mematikan saat printer masih bekerja Dengan begitu mesin dapat terawat dengan baik.

11. Segera Servis

Jika mengalami kerusakan segera servis printer Epson ke service center. Service Center Epson sendiri sudah tersebar sangat luas kemudian part mesinnya juga mudah di dapatkan.

Baca Juga : Harga Sepatu Futsal

Dengan melakukan tips-tips diatas, performa printer yang digunakan terus menerus akan tetap terjaga. Namun jika tidak, printer seharga puluhan juta pun akan langsung rusak saat digunakan secara sembrono.

Nah itulah tadi beberapa hal mengenai printer Epson. Mulai dari jenis printer Epson seperti printer Epson kasir, rumahan, perkantoran, dan bisnis.

Kemudian berbagai fitur pada seri-seri printer Epson, mulai dari printer Epson Multifungsi hingga printer Epson Bluetooth. Semuanya memiliki harga yang terjangkau.

Karena itu pastikan anda membeli barang yang sudah terpercaya dan dengan harga yang sesuai. Gunakan juga printer secara bijaksana dengan sering melakukan perawatan pada printer. Dengan begitu printer akan awet dan tidak mudah rusak.

Update bulan Oktober 2018

Originally posted 2018-10-15 09:53:31.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar