1 Katalog Harga Saklar Terbaru dan Lengkap!

Saklar merupakan salah satu perangkat kelistrikan yang ada hampir di setiap bangunan. Fungsi saklar sendiri yaitu menghubungkan dan memutuskan aliran listrik.

Saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada sebuah rangkaian. Dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan on/off rangkaian tersebut. Material kontak sambungan biasanya di pilih yang tahan korosi.

Bentuk saklar saat ini menyesuaikan dengan kehidupan masyarakat yang modern namun minimalis. Sehingga beberapa bentuk saklar malah menjadi pendukung interior rumah. Desain yang stylish, minimalis dan eksklusif terus dikembangkan oleh produsen alat kelistrikan terutama saklar.

Saklar yang merupakan bagian dari keluarga alat listrik menjadikannya bagian penting dalam alat kelistrikan. Dalam setiap kebutuhan jaringan listrik selalu ada peran saklar didalamnya. Kebutuhan akan saklar ini pula mendorong banyaknya perusahaan memproduksi alat kelistrikan. Simak daftar isi berikut ini

Arus Bolak Balik

Arus bolak balik merupakan arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak balik. Bentuk gelombang dari arus ini biasanya sinusoida karena memungkinkan pengaliran energi paling efisien.

Apa itu Saklar?

Saklar merupakan alat yang digunakan untuk memutus atau menghubungkan jaringan listrik. Saklar selain untuk jaringan arus litrik kuat juga bisa digunakan sebagai alat komponen elektronika arus lemah dengan menggunakan saklar ukuran kecil.

Daftar Harga Saklar Broco Terbaru

Nama BarangHarga Dalam Rp
Saklar Broco Tanam New GeeRp13.200
Saklar Broco Tempel New GeeRp12.000
Saklar Broco Tanam GracioRp15.600
Saklar Broco Tanam GalleoRp14.500
Saklar Broco Tanam New Gee 2 switchRp17.500
Saklar Broco Tempel New Gee 2 switchRp16.000
Saklar Broco Tanam Galleo 2 SwitchRp19.500
Saklar Broco Tanam New Gee GabunganRp18.000
Saklar Broco Tanam Gracio 2 SwitchRp20.000
Saklar Broco Tanam AllegraRp20.000
Saklar Broco Tanam New Gee 2 pcsRp40.000
Saklar Broco Tempel New Gee Indikator LampuR23.000
Saklar Broco Tanam New Gee 3 pcsRp56.000
Saklar Broco Tempel Atlantic/td>Rp52.500
Saklar Broco Tanam New Gee 2 Switch 3 pcsRp65.000
Saklar Broco Tanam Atlantic 2 SwitchRp62.500
Saklar Broco Tanam New Gee 2 Switch 4 pcsRp87.000
Saklar Broco Tanam New Gee 5 pcsRp86.000
Saklar Broco Tanam New Gee 2 Switch 5 pcsRp108.000
Saklar Broco Tanam New Gee Gabungan 3 pcsRp97.000
Saklar Broco Tanam New Gee 2 Switch 6 pcsRp129.000
Saklar Broco Tanam New Gee Gabungan 4 pcsRp125.700
Saklar Broco Tanam New Gee Gabungan 6 pcsRp176.000
Saklar Broco Tanam ACRp145.000
Saklar Broco Tanam New Gee Gabungan 8 pcsRp220.000

Fungsi Saklar

Fungsi saklar yang utama adalah menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari sumber tegangan ke beban. Saklar memiliki beragam macam dan jenisnya. Mulai dari untuk keperluan tegangan tinggi, instalasi penerangan, instalasi tenaga dan masih banyak lagi.

Penggunaan saklar tidak hanya pada ruang hunian tapi lebih dari pada itu saklar bisa digunakan untuk instalasi penerangan.

Macam-Macam Alat Listrik

Alat listrik adalah alat-alat yang digunakan dalam dunia kelistrikan. Alat listrik yang dipakai untuk sebuah rumah cukup banyak macamnya. Namun ada beberapa yang dipastikan ada disetiap rumah.

Misalnya saja saklar, fitting, steker, socket, TV socket, multi plug dan stop kontak. Harga dari alat-alat listrik ini beragam tergantung dari bentuk dan merknya.

Untuk beberapa merk yang terkenal akan keamanannya biasanya harga lebih tinggi daripada merk lainnya. Berikut ini beberapa jenis alat listrik seperti saklar yang telah kita kenal

1. Stop Kontak

Stop Kontak
Gambar Stop Kontak (Tokopedia)

Stop kontak adalah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus negatif, arus positif dan grounding pada instalasi listrik. Fungsi stop kontak yang paling penting adalah memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak antara tubuh manusia dengan arus listrik.

Stop kontak harus diletakkan agak tinggi dari lantai agar jika terjadi genangan air tidak akan masuk ke dalam stop kontak. Stop kontak yang terkena air akan berbahaya karena air akan merambatkan arus listrik dengan cepat. Hal ini disebabkan air adalah penghantar listrik yang baik.

2. Saklar Listrik

Saklar Listrik
Gambar Saklar Listrik (Tokopedia)

Saklar listrik digunakan dengan cara menekan saklar searah permukaan untuk mengalirkan arus listrik atau menyalakan lampu. Jika dengan menekannya tidak ada arus listrik yang mengalir ditandai oleh lampu yang tidak menyala maka pastikan sambungan kabelnya terpasang dengan benar.

3. Saklar Lampu

Saklar Lampu
Gambar Saklar Lampu (Tokopedia)

Saklar lampu banyak ditemui hampir di setiap ruang hunian. Saklar lampu berfungsi untuk menyalakan atau mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan. Saat ini model saklar lampu bermacam-macam. Model saklar tersebut dibuat berdasarkan interior ruangan.

Mulai dari model yang standard hingga minimalis. Harga dari saklar lampu pun beragam tergantung dari modelnya. Jika saklar dengan model eksklusif harganya jauh lebih mahal daripada model yang standard.

4. Saklar Hotel

Saklar Hotel
Gambar Saklar Hotel (ngelistrik)

Saklar hotel atau yang biasa disebut sebagai saklar tukar biasanya digunakan untuk menyalakan lampu secara berurutan atau menyalakan satu lampu dari dua tempat. Misalnya di sebuah area tangga pada rumah bertingkat atau pada lorong dalam kamar yang dua pintu.

5. Terminal Listrik

Terminal Listrik
Gambar Terminal Listrik (Tokopedia)

Terminal listrik adalah sebuah perangkat kelistrikan yang berbentuk gabungan stop kontak. Jadi dari satu stop kontak bisa dibuatkan cabang menjadi dua hingga empat stop kontak dengan menggunakan terminal listrik.

Namun yang perlu diperhatikan dalam penggunaan terminal listrik ini adalah terminal listrik tidak boleh digunakan terlalu banyak untuk satu stop kontak. Hal ini ditakutkan akan menimbulkan bahaya kebakaran.

6. Steker Listrik

Steker Listrik
Gambar Steker Listrik (Bukalapak)

Steker listrik atau yang biasa disebut dengan “colokan listrik” merupakan alat kelistrikan yang wajib dimiliki oleh setiap ruang hunian. Fungsi steker yaitu menghantar listrik menuju tempat lain. Steker memiliki beberapa macam diantaranya adalah steker bengkok, steker adaptor, steker T dan steker arde.

Cara Memasang Saklar Lampu


Cara memasang saklar lampu sangatlah mudah. Cukup dengan menekan saklar searah permukaan maka lampu akan menyala. Jika tidak juga menyala maka perlu di cek kembali pemasangan kabel telah terhubung dengan baik atau belum. Jika ternyata belum terhubung, pastikan arus listrik dalam keadaan mati ketika akan menghubungkan kabel-kabel tersebut.

Pemasangan saklar dibedakan menjadi dua tipe yaitu saklar in-bouwdan saklar out-bouw. Saklar in-bouwartinya saklar di pasang di dalam dinding. Sedangkan saklar out-bouwadalah saklar di pasang menempel dinding.

Cara Memasang Stop Kontak


Stop kontak adalah tempat dipasangnya steker. Ada dua jenis pemasangan stop kontak. Pertama adalah memasang stop kontak langsung pada tembok. Kedua adalah dengan memasangnya langsung pada kabel.

Cara memasang stop kontak mirip dengan memasang kabel pada steker. Pisahkan dua warna kabel, tempatkan di posisi yang telah disediakan. Lalu kencangkan dan pastikan semuanya tak saling berhubungan. Kemudian pasang kembali.

Macam-macam Saklar

Macam-macam saklar tergantung pada kebutuhan masing-masing. Secara garis besar saklar dibedakan menjadi tiga macam  yaitu saklar seri outbow, saklar engkel dan saklar + steker ( saklar dan steker menjadi satu kesatuan alat listrik ). Ketiga jenis saklar ini bisa digunakan secara bersamaan di dalam sebuah rumah.

Berdasarkan jenisnya saklar dibedakan menjadi saklar manual, saklar magnetik ( MC ) dan saklar otomatis.  Saklar manual sendiri berdasarkan penggunaannya dibedakan menjadi instalasi penerangan dan instalasi tenaga.

Saklar manual untuk instalasi penerangan dibedakan lagi menjadi beberapa macam berdasarkan hubungannya. Mulai dari saklar tunggal, saklar seri, saklar silang, saklar tukar, saklar kelompok, saklar kutub tiga, saklar kutub dua, saklar tombol tekan dan saklar tarik.

Saklar menjadi salah satu alat listrik yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Saat ini banyak sekali model saklar. Banyak pula pabrikan yang memproduksi saklar.

Biasanya produsen alat listrik termasuk saklar adalah dari Jepang. Produk kelistrikan dari Jepang terkenal sangat aman dan memiliki bentuk yang bagus. Selain Jepang adapula produk kelistrikan yang di produksi di China.

Produk dari China terkenal lebih murah namun secara kualitas belum bisa menandingi produk dari Jepang. Saat ini Indonesia masih jadi pengguna berbagai alat kelistrikan tersebut.

Namun perlahan tapi pasti beberapa produsen lokal baik itu perorangan maupun perusahaan mulai membuat alat kelistrikan sendiri. Meskipun perlu dilakukan uji coba keamanan beberapa kali. Semangat untuk memproduksi dan menggunakan produk-produk dalam negeri inilah yang patut menjadi perhatian.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp12000 to Rp220000


Saklar Broco

Saklar Broco termasuk dalam saklar dengan kualitas terbaik, selain memberikan fungsinya sebagai saklar, alat ini juga dapat digunakan sebagai penghias dalam ruangan. Harga saklar Broco yang terjangkau dan kualitas produknya yang terjamin menjadi salah satu alasan saklar ini sangat terkenal dan selalu digunakan. Harga termurah dari saklar Broco sekitar 12.000 sedangkan yang termahal 220.000.