1 Katalog Harga Senar Terbaru dan Lengkap!

Pastikan menggunakan senar gitar yang berkualitas, karena ketika Anda ingin bermain gitar, maka suara gitar tersebut juga dipengaruhi oleh kualitas gitar. Bagus dan tidaknya berasal dari senar gitar tersebut.

Terlebih jika Anda adalah seorang musisi yang baru saja merintis karir didunia permusikan, Anda harus memastikan dengan benar, jenis senar apa yang bagus dan tepat agar bunyi yang dihasilkan ketika digunakan juga merdu dan indah. Berikur adalah tips memilih sinar gitar yang tepat!

Tips Memilih Senar Gitar


Untuk memilih sinar gitar juga tergantung dari jenis gitar apa yang sedang kamu gunakan. Hal-hal yang sepele seperti ini ternyata juga sangat penting yang harus Anda ketahui.

Padahal jika Anda dapat memilih senar gitar untuk gitar yang Anda miliki, juga akan mempengaruhi keindahan Anda dalam bermain gitar. Berikut adalah tips memilih senar gitar yang baik!

1. Ketahui jenis gitar

Anda harus menentukan terlebih dahulu gitar apa yang Anda akan gunakan. Selain itu Anda juga harus menentukan sinar gitar yang seperti apa yang ingin Anda gunakan, sinar gitar elektrik, akustik atau listrik.

2. Ketahui standart senar gitar elektrik

Jika Anda menggunakan senar gitar elektrik, standart industri yang harus Anda gunakan adalah nikel. Untuk ukuran yang sering digunakan adalah 10 – 46 Contohnya adalah senar gitar Ernie Ball regular Slinky atau d’Addario EXL Dua senar gitar ini adalah senar gitar yang paling popular dan patut untuk dicoba.

3. Ketahui standart senar gitar akustik

Jika gitar yang akan Anda gunakan adalah gitar akustik, maka selanjutnya adalah Anda harus menentukan jenis steel string atau nylon string yang akan Anda gunakan.

4. Mengetahui ukuran senar

Anda juga harus mengetahu ukuran senar yang akan Anda gunakan untuk gitar Anda.

5.  Perhatikan kemasan senar

Pilih yang berkemasan dalam, karena senar yang dibungkus dengan kemasan dalam artinya masih bagus. Namun, Anda juga harus hati-hati karena Anda akan menemukan senar gitar yang dijual dengan bungkus yang persis namun palsu. Lalu bagaimana cara membedakannya? Bungkus pada senar yang asli lebih gading atau buram sedangkan yang palsu lebih terang. Pastikan Anda memilih dengan benar-benar.

Langkah selanjutnya setelah tahu senar apa yang ingin Anda gunakan. Anda juga perlu menentukan ketebalan senar, karena ketebalan ini akan sangat mempengaruhi pada bunyi yang nantinya akan dihasilkan oleh gitar yang kaan Anda gunakan dan Anda petik.

Pastikan Anda menggunakan senar gitar yang berkualitas. Jika Anda ingin menghasilkan suara yang tebal, maka Anda dapat menggunakan string yang memiliki diameter yang tebal. Dan sebaliknya jika suara yang dihasilkan ingin lebih tipis maka pilihlah senar yang tipis.

Pastikan Anda juga mengetahui kekurangan dan keunggulan senar tersebut. Agar Adna terhindar dari penipuan dan barang yang dijual murah. Namun, kualitas buruk.

Nah tips pemilihan selanjutnya adalah bahan dasar dari senar yang akan Anda gunakan  juga akan mempengaruhi suara yang di inginkan. Untuk memilihnya dengan benar-benar. Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut. Ada 3 jenis warna suara :

  1. Mellow – Suara lebih ngebass
  2. Bright – Suara terdengar agak lebih cempreng
  3. Briliance – suara terdengar seimbang antara mellow dan bright

Macam-macam Senar (Musik)

Senar Gitar
                                            Gambar Senar Gitar (Tokopedia)

Senar pada gitar biasanya disebut dawai atau string. Macam-macam senar gitar ada dua jenis yaitu Nylon dan juga Steel. Untuk nylon biasanya digunakan dalam permainan mellow, santai, dinamis, dan fantastis. Sedangkan steel digunakan dalam segala jenis music.

Merk Senar gitar Bass

Berbagai macam merk senar gitar bass yang bisa Anda pilih!

1. D’Addario

D’Addario merupakan salah satu produsen alat music string, terutama pada senar gitarnya.

2. Ernie Ball

Ernie Ball di bentuk dari laki-laki kebangsaan US yang diberi nama Ronald Sherword Bola, pada 30 Agustus 1930 sampai 9 September 2004. Dia merupakan seorang pengusaha kaya raya, musisi dan juga innovator.

3. Elixir

Elixer ini diproduksi oleh EL Gore dan Associates, merupakan string utnuk listrik, akustik dan juga gitar bass.  Serta banjo dan juga mandolin.

4. Fender

Fender ini sering merupakan produsen AS, gambu dan amplifier seoerti gitar listrik dan juga solid-body. Perusahaan ini didirikan pada Fullertin di California dan didirikan oleh Clarence leonidas “leo” fender tahun 19456.

5. Dunlop

6. Rotosound

7. GHS

Perbedaan Senar

Gitar akustik yang seringkali kita mainkan dan gunakan dalam sehari-hari maupun yang banyak dimainkan dimasyarakat, banyak yang menganggap bahwa semua gitar itu sama saja. Padahal setiap gitar itu ada perbedaannya, bahkan setiap senar yang digunakan juga akan menghasilkan suara yang berebeda.

Untuk mengetahui perbedaan senar gitar akustik adalah dari komponen senar-nya. Secara umum, pada gitar akustik ini dibedakan menjadi dua yaitu senar gitar nylon dan juga senar gitar string. Perbedaan keduanya berasal dari suara dan bahannya. Daru masing-masing gitar memiliki karakteristik yang sangat khas.

Berikut yang dapat Anda ketahui lebih jelas mengenai perbedaan keduanya. Sehingga Anda dapat memilih senar gitar yang tepat untuk Anda.

Karakteristik Gitar Akustik bersenar Nylon

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih menggunakan senar yang berkualitas. Berikut adalah karakteristik gitar akustik bersenar nylon.

  1. Suaranya akan lebih mellow dan juga lebih lembut daripada senar string
  2. Gitar akustik bersenar Nylon ini, cocok untuk lagu jazz, klasik maupun petikan (fingerstyle) dan lain-lainnya.
  3. Tidak akan mudah karatan seperti yang lain.
  4. Namun, pada gitar akustik bersenar nylon ini, tidak memiliki panahan diujung senarnya, jadi jika Anda ingin mengikatnya Anda bisa melakukannya dibagian bridge
  5. Gita jenis ini tidak cocok dimainkan pada teknik bending
  6. Neck pada gitar nylon tidak mudah melengkung karena senar pada nylon lebih elastic
  7. Biasanya memiliki 12 – 14 fret
  8. Necknya lebih besar

Karakteristik gitar Akustik bersenar String (karat)

Perhatikan dengan baik, senar seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk gitar Anda. Oleh sebab itu, berikut karakteristik gitar akustik bersenar string (karat) yang harus kamu tahu!

  1. Memiliki suara yang bright dan juga lebih tinggi atau melengking darioada senar nylon
  2. Cocok untuk lagu-lagu yang blues, rock, pop dan lan-lainnya. (lebih fleksible dibandingkan nylon.
  3. String lebih mudah berkarat
  4. Lebih cocok untuk memainkan teknik bending
  5. Neck pada gitar string mudah melengkung karena memiliki tegangan yang lebih kuat dari nylon.
  6. Biasanya mempunyai 14 – 16 fret
  7. Necknya lebih kecil dibandingkan dengan nylon

Itulah beberapa senar gitar yang bisa direkomendasikan pada Anda. Jika Anda hendak membeli senar gitar pastikan menggunakan senar gitar yang berkualitas.

Sebab, suara yang dihasilkan oleh gitar juga dipengaruhi dari bagaimana Anda memainkan dan juga senar apa yang Anda gunakan. Pahami dan pelajari benar-benar bagaimana dapat menggunakan gitar dengan merek terbaik dan tidak membahayakan.

Sebab, Anda juga harus banyak mengetahui bahwa banyaknya masyarakat yang asal membeli senar aupum gitar, padahal senar maupun gitar yang Anda gunakan adalah palsu.

Belilah senar gitar di Toko yang sudah teruji dan banyak yang meminati. Tak apa jika harga yang harus Anda bayar cukup mahal, asalkan barang yang Anda terima juga sesuai dengan harapan Anda dan bukan barang yang KW ataupun palsu.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp20000 to Rp369000


Senar Gitar

Senar gitar merupakan senar yang digunakan pada gitar agar mampu mengeluarkan bunyi sesuai dengan yang diinginkan oleh pemakainya. Senar gitar yang berkualitas rendah tentu akan menghasilkan suara yang kurang bagus dan kurang awet. Berbeda dengan senar gitar yang berkualitas bagus. Tentu akan menghasilkan suara yang bagus dan awet digunakan. Kualitas ini ditentukan dari mahal tidaknya harga senar gitar karena semakin mahal kualitas suara yang dihasilkan akan semakin bagus