6 Katalog Harga Sepatu Terbaru dan Lengkap!

Sepatu merupakan bagian dari fashion yang wajib dan membuat penampilan semakin lengkap. Untuk pria biasaya sering menggunakan sneakers dan untuk wanita biasanhya menggunakan high heels.

Dari 2 jenis tersebut, ternyata ada berbagai macam jenis dari alas kaki yang satu ini.

Selengkapnya silahkan simak daftar isi berikut ini

Macam – Macam Sepatu Pria

Pria yang identik dengan sikap cuek. Namun sebaiknya untuk penampilan harus diperhatikan dan sesuai dengan keadaan. Berikut ini adalah jenis sepatu pria:

[adinserter block=”1″]

1. Boat shoes

Sepatu boat
Gambar Sepatu boat (Amazon)

Jenis sepatu pria yang satu ini adalah type of shoes yang digunakan untuk berlayar para pelaut. Ciri khas dari boat shoes adalah lubang tali yang mengelilingi seluruh bagian atas.

Walaupun digunakan hanya berlayar, namun bila digunakan sehari – hari dapat dipadukan dengan baju yang casual, namun tetap rapi.

2. Boots shoes

Sepatu boot
Gambar Sepatu boot (Amazon)

Untuk boots shoes biasanya digunakan untuk keperluan militer. Para tentara menggunakan type of shoes ini sebagai atribut seragam kemiliteran. Boots juga identik dengan sepatusafety yang digunakan oleh tim penyelamat dan pemadam.

Pada perkembangannya type of shoes ini digunakan untuk keseharian dengan dipadukan celana denim panjang.

3. Derby shoes

Sepatu Derby
Gambar Sepatu Derby (Amazon)

Type of shoes satu ini memiliki fungsi serbaguna. Karakter dari derbies shoes sangat fleksibel dan dapat dipadukan dalam berbagai macam jenis pakaian, mulai dari formal, semi formal hingga casual.

[adinserter block=”2″]

Selain itu berbagai macam acara maupun keperluan apapun, bahkan untuk kerja dengan menggunakan derbie shoes tidak akan terkesan norak dan janggal.

4. Espadrilles shoes

Sepatu Espadrilles
Gambar Sepatu Espadrilles (Amazon)

Espadrilles shoes sebenarnya merupakan type of shoes untuk wanita. Pada perkembangannya espadrilles shoes tersedia dalam desain khusus untuk laki – laki. Walaupun casual namun espadrilles shoes laki – laki tidak ada kesan feminim. Biasanya espadrilles shoes berbahan dasar cotton atau canvas.

5. Moccasins shoes

Sepatu Moccasins
Gambar Sepatu Moccasins (Amazon)

Jenis sepatu pria yang satu ini sekilas mempunyai desain mirip dengan espadrilles shoes. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada bentuknya. Pada moccasins shoes bentuknya lebih terlihat atau lebih kaku walaupun terbuat dari kulit yang mempunyai teksture cukup lembut.

6. Oxfords shoes

Sepatu Oxfords
Gambar Sepatu Oxfords (Amazon)

Sepatu pria yang satu ini merupakan jenis dari sepatu pantofel yang paling disukai. Ada yang menarik dari nama oxford shoes. Mulanya type of shoes ini tidak memiliki nama, namun ketika diperkenalkan oxford university, sepatu pantofel ini cukup terkenal.

[adinserter block=”3″]

Bahkan sebagian besar menggunakannya. Oxford shoes hanya dapat digunakan untuk acara resmi, seperti pekerjaan, gala dinner, pesta formal hingga pernikahan.

7. Borgues shoes

Sepatu Borgues
Gambar Sepatu Borgues (Amazon)

Untuk jenis Borgues shoes sendiri berasal dari kata “brouge” yang berarti penutup kaki. Ciri khas dari borgues shoes terletak pada ujung yang terdapat beberapa lubang yang disebut dengan brogueing. Sepatu pria yang satu ini juga multifungsi dapat digunakan dimana pun dan kapan pun.

8. Slipper shoes

Sepatu Slipper
Gambar Sepatu Slipper (Amazon)

Ada hal yang menarik dari slipper shoes. Hal tersebut adalah sepatu priaini sangat terkenal di era 60an. Sebab Pangeran Charles dan Miles Kane memakainya. Desain dari sipper shoes hampir seperti sneakers hanya saja tanpa menggunakan tali.

9. Sneakers shoes

Sepatu Sneakers
Gambar Sepatu Sneakers (Amazon)

Dari semua type of shoes yang ada jenis ini yang paling sering digunakan oleh para pria. Desain yang sporty membuat penampilan menjadi lebih maskulin dan casual.

10. Monk strap

Sepatu Monk strap
Gambar Sepatu Monk strap (Amazon)

Desain dari sepatu pantofel ini hampir sama dengan oxford dan derdy. Hanya saja pada monk strap tidak menggunakan tali, melainkan menggunakan strap.

11. Loafers

Sepatu Loafers
Gambar Sepatu Loafers (Amazon)

Loafers ini adalah jenis slip on shoes yang formal. Desain tanpa tali maupun stap membuat type of shoes ini sangat mudah digunakan dan tidak ribet.

[adinserter block=”4″]

12. Chelsea boots

Sepatu Chelsea boots
Gambar Sepatu Chelsea boots (Amazon)

Boots ini adalah jenis formal boots. Desain dari chealsea boots adalah sebuah boots dengan model slip on yang memiliki desain elegan. Untuk itu chealsea boots hanya bisa digunakan pada acara formal.

13. Dress boots

Sepatu Dress boots
Gambar Sepatu Dress boots (Amazon)

Desain elegan dari dress boots hampir sama dengan chealsea boots. Hanya saja pada dress boots menggunakan tali.

14. Chukka boot

Sepatu Chukka boots
Gambar Sepatu Chukka boots (Amazon)

Chukka boots mempunyai desain yang menyerupai dress boots. Namun bagian tali sepatu pantofel ini pada ujung atas lebih kecil atau mengecil dan melebar pada bagian bawahnya.

[adinserter block=”1″]

15. Opera pumps

Formal shoes ini memang tidak begitu tenar dari type of shoed lainnya. Seban jenis sepatu pria ini umumnya merupakan jenis sepatu wanita. Hanya saja desain dari opera pump lebih maskulin.

Macam-Macam Sepatu Wanita

Bagi setiap wanita sebuah alas kaki bukanlah hanya sekedar alas kaki. Namun desainnya harus unik, menarik, modis dan membuat penampilan menjadi lebih fashionable.

Bahkan merk sepatu juga mepengaruhi penampilan. Merk sepatu yang terkenal akan membuat lebih percaya diri. Oleh katena itu kenali jenis – jenis sepatu wanita di bawah ini :

1. Sneakers

Sepatu Sneakers Wanita
Gambar Sepatu Sneakers Wanita (Amazon)

Desain dari sepatu sneakers wanita adalah flat shoes dengan menggunakan tali. Umumnya terbuat dari bahan sintetis dan karet pada bagian alas. Sedangkan pada bagian atas terbuat dari kanvas, kain atau denim.

Sneakers ini mempunyai desain casual dan sering digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Desain yang sporty dan tidak begitu ribet menjadikan sneakers sering digunakan sebagai sepatu sekolah.

2. Flatshoes

Sepatu Flatshoes
Gambar Sepatu Flatshoes (Amazon)

Selain sneakers, sepatu wanita yang sering digunakan adalah flat shoes. Bagi wanita yang lebih memilih menggunakan flat shoes adalah mudah digunakan, desain casual dan semi formal akan memberi kesan feminim.

[adinserter block=”2″]

3. Boots

Sepatu boot wanita
Gambar Sepatu boot wanita (Amazon)

Boots pada sepatu wanita sangat berbeda dengan boots pada pria. Untuk boots wanita mempunyai desain yang beraneka ragam, unik, elegan dan fashionabel.

Sepatu wanita ini yang mempunyai desain yang lebih elegan membuat boots menjadi multifungsi, dapat dipakai di berbagai acara formal, semi formal dan non formal.

Terkadang boots wanita menggunakan heels. Heels yang digunakan pun juga beragam mulai dari platform hingga stiletto.

Sedangkan sepatu anak boots mempunyai bentuk yang sangat lucu dan membuat anak – anak yang memakainya menjadi lebih menggemaskan.

4. High heels

Sepatu High heels
Gambar Sepatu High heels (Amazon)

High heels merupakan type of shoes yang paling banyak diminati bagi wanita. Dengan memakai high heels akan menimbulkan rasa percaya diri pada wanita dan membuat penampilan lebih elegan dan anggun.

5. Stiletto heels

Sepatu Stiletto heels
Gambar Sepatu Stiletto heels (Amazon)

Stiletto heels adalah salah satu jenis dari high heels. Hanya saja hak dari stiletto heels lebih ramping dan runcing. Sedangkan pada bagian alasnya lebih tebal.

[adinserter block=”3″]

6. Platform

Sepatu Platform
Gambar Sepatu Platform (Amazon)

Platform mempunyai desain yang mirip dengan stiletto heels. Perbedaannya terletak pada heels yang digunakan. Heels pada platform lebih tebal, sehingga lebih mudah digunakan.

7. Wedges

Sepatu Wedges
Gambar Sepatu Wedges (Amazon)

Bagi sebagian wanita model high heels sangat sulit untuk digunakan. Bagi yang tidak begitu menyukai high heels, biasanya akan memilih model wedges. Desain dari sepatu wanita ini adalah hak bagian belakang menyatu dengan bagian depan. Sehingga lebih mudah digunakan daripada high heels.

8. Espadrilles

Sepatu Espadrilles
Gambar Sepatu Espadrilles (Amazon)

Untuk espadrilles ini sangat nyaman ketika dikenakan di rumah ataupun hang out. Espadrilles wanita sangat berbeda jauh dengan espadrilles pria. Sepatu wanita yang satu ini mempunyai desain motif yang sangat beragam, unik dan lucu.

[adinserter block=”4″]

9. Mary Jane

Sepatu Mary Jane
Gambar Sepatu Mary Jane (Amazon)

Type of shoes yang satu ini mempunyai ciri khusus, yaitu terdapat strap pada bagian atas agar tidak mudah terlepas. Bentuk dari mary jane juga sangat variatif mulai dari sepatu kets, sepatu pantofelhingga high heels.

10. Pantofel

Sepatu Pantofel Wanita / Cewek
Gambar Sepatu Pantofel Wanita / Cewek (Lazada)

Sepatu pantofeladalah desain slip on yang mempunyai hak tebal dan tidak begitu tinggi. Sepatu pantofelbiasanya hanya digunakan pada saat bekerja dan sepatu sekolah.

Untuk sepatu sekolahbiasanya dilengkapi dengan strap. Walaupun desainnya yang sangat formal membuatsepatu wanitaini hanya bisa dipakai acara tertentu saja. Sedangkan jika digunakan pada acara pesta formal pun kurang pas.

Macam-Macam Sepatu Futsal

Futsal merupakan olahraga yang sangat digemari oleh pria. Ketika sedang futsal pun harus memakai sepatu futsalkhusus.

Terkadang juga digunakan untuk bermain bola, karena itu juga sering diset dengan sepatu bola Iniah macam – macam dari sepatu futsal atau bola:

1. Tipe passer

Ciri khas dari tipe passer ini adalah desain untuk alasnya yang lebih besar daripada tipe lainnya. Dengan alas kaki yang lebih besar akan lebih mudah digunakan untuk menendang bola.

[adinserter block=”1″]

2. Tipe controler

Tipesepatu futsalyang ini mempunyai desain yang sangat ringan. Sehingga membuat kaki menjadi nyaman saat berlari. Tipe controler juga sering disebut dengan tipe dribble.

3. Tipe shooter

Sepatu futsalyang satu ini sengaja dirancang khusus untuk menendang bola. Tipe shooter biasanya digunakan untuk pemain futsal yang mempunyai posisi striker.

Macam-Macam Sepatu Roda

Sepatu rodaatau biasa disebut dengan inline skate. Alas kaki yang satu ini merupakan alas kaki yang berfungsi untuk bermain dan berolahraga.

Nama olahraga ini juga sama dengan nama dari alas kaki ini yaitu sepatu roda. Inilah macam – macam sepatu rodayang ada :

1. Multipurpose inline skate

Sepatu Inline Skate
Gambar Sepatu Inline Skate (Amazon)

Ciri – ciri dari inline skate adalah bahan dari sepatu rodaterbuat dari plastik. Didalam sepatu rodadilengkapi dengan busa. Lalu multipurpose ini dilengkapi dengan tali dan strap. Biasanya digunakan untuk anak – anak, terutama anak perempuan.

[adinserter block=”2″]

2. Hockey inline skate

Sepatu rodahockey adalah jenis indoor inline skate. Sebaiknya tidak digunakan di luar ruangan, sebab tidak dilengkapi dengan penyerap guncangan yang berfungsi untuk menahan medan yang kasar.

Hockey inline skate terbuat dari kulit, nilon maumun komposit kulit. Hockey skate hanya menggunakan tali.

3. Speed inline skate

Inline skate yang satu ini dilengkapi dengan wheelbase yang mempuat sepatu rodamempunyai kecepatan maksimal. Oleh karena itu roda ini digunakan dalam perlombaan. Sayangnya speed inline skate tidak dilengkapi dengan rem, jadi tidak dianjurkan untuk belajar sepatu roda.

4. Trick inline skate

Trick inline skate disebut juga dengan agressive inline skate. Desain dari sepatu rodaini mempunyai roda kecil frame yang lebar. Fungsi dari inline skate ini untuk free style inline skate, seperti melompat, sliding dan lain – lain. Trick inline skate juga digunakan dalam sebuah kompetisi free style.

[adinserter block=”3″]

5. Skate shoes

Sepatu roda ini adalah sepatu converse atau sepatu sport yang di dalam alasnya terdapat roda. Jadi skate shoes merupakan perpaduan antara inline skate dan sport shoes.

Berbagai Jenis Bahan Sepatu Dan Cara Merawatnya

Sepatuterbuat dari beberapa bahan yang berbeda-beda. Setiap bahan-bahan sepatumempunyai cara perawatan tersendiri. Berikut ini adalah cara merawat sepatu yang baik dan benar berdasarkan bahan pembuatannya :

1. Suede

Pembersih Sepatu Shacke
Gambar Gambar Pembersih Sepatu Shacke (Amazon)

Bahan suede marupakan bahan yang paling sulit dan rumit dalam perawatannya. Untuk membersihkan suede shoes harus menggunakan sikat khusus untuk suede.

Namun jika terdapat noda yang sangat sulit untuk dihilangkan harus menggunakan stain removal yang khusus dipergunakan untuk membersihkan bahan suede.

[adinserter block=”4″]

Hal yang tidak boleh dilakukan dalam merawat suede shoes adalah membersihkan dengan sabun untuk menghilangkan noda. Hal ini justru akan membuat suede shoes menjadi rusak. Sebaiknya gunakan cuka jika ingin membersihkan bagian yang kotor.

2. Nubuck leather

Sekilas nubuck leather mirip dengan suede. Perbedaannya untuk nubuck leather mempunyai teksture lebih halus daripada suede. Pembuatan untuk nubuck leather shoes dari kulit full grain, sehingga lebih keras dan awet.

Cara untuk merawat dan membersihkan nubuck leather sama dengan suede shoes.

Sikat untuk suede juga bisa digunakan untuk membersihkan nubuck leather shoes. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tidak menggunakannya pada musim penghujan atau tempat yang kumuh.

3. Genuine leather

Untuk genuine leather biasanya terbuat dari kukit kambing, sapi, domba dan babi. Ciri khas dari genuine leather mempunyai teksture yang kasar.

Cara merawatnya adalah simpan di tempat yang kering dan tidak mempunyai suhu lembab. Untuk membersihkan noda gunakan kain halus yang diberi sedikit air dan gunakan shampo untuk genuine leather.

[adinserter block=”1″]

Sedangkan semir yang digunakan adamah semir yang mengandung bahan silikon. Untuk membuat genuine leather shoes semakin mengkilat, setelah beberapa menit disemir lap dengan kain halus yang telah diberi sedikit air. Kemudian semprot dengan anti noda.

4. Faux leather

Pembersih Sepatu Faux Eather
Gambar Pembersih Sepatu Faux Eather (Amazon)

Bahan dasar faux leather adalah kulit sintetis. Proses pembuatan faux leather adalah kain yang telah diolah secara kimiawi dengan menggunakan tambahan bahan lilin, pewarna, polyurethane. Walaupun hampir mirip dengan genuine laather, kulit sintesin mempunyai teksture yang lebih halus.

Cara merawat faux leather menggunakan sabun khusus untuk kulit sintetis. Untuk mencuci faux leather hanya pada bagian luar. Lalu usahakan air tidak masuk ke dalam sepatu.

5. Kanvas dan Denim

Bahan kanvas dan denim mempunyai karakteristik warna yang rentan memudar, mudah sobek, mudah terkena noda dan mempunyai daya serap tinggi. Kedua bahan ini mempunyai cara perawatan yang sama.

Untuk membersihkan denim shoes atau canvas shoes sangat mudah yaitu hanya dengan menggunakan deterjen dan air hangat. Penyimpanannya pun sebaiknya diletakkan di dalam kardus atau rak sepatu.

[adinserter block=”2″]

6. Bahan plastik

Cara merawat sepatubahan plastik sangat mudah. Apalagi karekteristik plastik yang tidak mudah terkena noda dan anti air membuat bahan-bahan sepatuplastik sangat awet dan tidak mudah sobek daripada bahan lain. Hanya dengan menggunakan air saja sudah bersih, lalu jemur di tempat yang kering.

Itulahmacam – macam sepatu, bahan pembuatannya hingga cara merawatnya. Dari semua jenis mempunyai cara penyimpaban yang sama, yaitu letakkan ampas teh celup ke dalamnya untuk menetralisir bau.

Lalu masukkan ke dalam kardus seperti semula, lemari serta rak sepatuyang tertutup supaya tetap terjaga kelembabanya dan lebih awet.

[adinserter block=”3″]