Harga Sepeda Lipat

Sepeda lipat populer dikalangan masyarakat sudah cukup lama. Kepopuleran ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat akan transportasi jarak dekat. Selain itu, keinginan untuk hidup sehat tanpa harus melakukan banyak jenis olah raga juga menjadi salah satu alasan sepeda lipat menjadi populer.

Saat ini banyak fungsi lain dari sepeda. Selain sebagai alat transportasi, sepeda merupakan salah satu alat untuk berolah raga. Dengan bersepeda dalam jarak dekat, sama halnya kita sedang berolah raga. Dimana olah raga bersepeda juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung.

Saat ini, sudah banyak bermunculan komunitas pecinta sepeda. Setiap tahunnya jumlah komunitas semakin meningkat. Hanya sekedar bersepeda bersama sudah memberikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Namun, tak jarang rasa bosan mucul karena jenis sepeda yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, para inovator menciptakan inovasi baru sepeda dengan gaya simpel dan lebih fleksibel yaitu sepeda lipat.

Apa itu sepeda lipat?

Salah satu model sepeda lipat
Salah satu model sepeda lipat (funbike.com)

Selain kebutuhan inovasi baru dari sepeda, sepeda lipat muncul karena kebutuhan para pekerja akan sepeda yang praktis dan mudah diletakkan dimana saja. Adanya larangan membawa sepeda model biasa dikantor, menjadikan sepeda lipat sebagai solusi untuk tetap bisa bersepeda ketempat kerja.

Baca juga: Harga Sepeda Polygon

Sepeda lipat adalah salah satu jenis sepeda yang memiliki engsel pada rangka agar dapat dilipat. Keuntungannya yaitu sepeda menjadi lebih ringkas dan dapat dibawa kemana-kemana, bahkan dibawa didalam angkutan umum. Untuk penyimpanan juga tidak membutuhkan ruang yang luas sehingga bisa disimpan didalam apartemen dan didalam ruang kerja.

Daftar Harga Sepeda Lipat / Folding Bike

Harga Gitar Elektrik Semua Merk

Harga
KHS F26 (Merah, Putih, Kuning)Rp 5.650.000
POLYGON Sepeda Collosus DFR Frame 17 Wheel 26Rp 29.500.000
Polygon Sepeda Lipat Urbano 3Rp 4.050.000
POLYGON Sepeda Lipat Urbano 3Rp 3.650.000
Polygon Sepeda Lipat Urbano i3Rp 4.650.000
POLYGON Sepeda Lipat Urbano i3 2015Rp 4.200.000
Polygon Sepeda Urbano i3 2016Rp 4.230.000
POLYGON Sepeda Xtrada 7 Frame M Wheel 29Rp 9.500.000
Tern Sepeda Lipat Link B7Rp 5.320.000
Tern Sepeda Lipat Vektron P9Rp 32.000.000
Tern Sepeda Lipat Verge X10 White GreenRp 19.980.000
Tern Sepeda Lipat Verge X11Rp 28.000.000
Tern Sepeda Lipat Verge X18Rp 30.000.000
Tern Sepeda Lipat Verge X18 Blue StrikeRp 29.980.000
VIVA Quantum 20 Shimano Alloy Folding Zero 39 14sp – RedRp 2.393.000
VIVA Quantum 20 Shimano Alloy Folding Zero 45 7sp – WhiteRp 2.395.000
VIVACYCLE Sepeda Lipat Comet 20 18 Speed (Biru, Hitam, Merah)Rp 2.800.000
VIVACYCLE Sepeda Lipat Comet 20 18 Speed HijauRp 3.526.000
VIVACYCLE Sepeda Lipat Comet 20 18 Speed PutihRp 3.526.000
VIVACYCLE Sepeda Lipat Twist 20 7 Speed Hitam (Hijau, Merah, Ungu), PutihRp 1.998.000
VIVACYCLE Sepeda Lipat Twist XT 20 7 Speed Hitam (Biru, Merah), Silver, UnguRp 2.488.000

Ukuran Sepeda Lipat

Ukuran sepeda lipat untuk orang dewasa
Ukuran sepeda lipat untuk orang dewasa (funbike.com)

Sebagian besar orang memilih sepeda lipat karena ukuranya yang cocok diletakkan dimana saja. Yang perlu diperhatikan ketika memilih sepeda lipat selain harga adalah ukuran dari sepeda itu tersendiri. Biasanya biker melihat ukuran roda sepeda.  Semakin kecil roda sepeda akan semakin mudah sepeda dibawa kemana-mana.

Terdapat bebarapa ukuran roda sepeda lipat, diantaranya ukuran 16 dan 20 inci. Untuk ukuran yang sangat praktis yaitu ukuran 16 inci karena lebih mudah dilipat dan cukup ringan. Bagi yang memperhatikan kinerja sepeda, ukuran 20 inci lebih tepat dijadikan pilihan. Selain lebih nyaman ketika berkendara, sepeda juga masih ramah untuk dilipat.

Baca juga: Harga Ban Sepeda

Sepeda lipat juga memiliki ukuran sama seperti sepeda biasa, yaitu 24 dan 26 inci. Tentunya ukuran ini lebih besar dari sepeda lipat pada umumnya, sehingga agak susah untuk dilipat, namun masih tetap nyaman digunakan.

Merk Sepeda Lipat

Sepeda lipat Stylo Merk United
Sepeda lipat Stylo Merk United (tokopedia.com)

Memilih merk sebenarnya sangat subjektif karena setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan tersebut bisa diminimalisir dengan memilih merk yang terbaik dan memiliki kualitas unggulan di pasaran. Saat ini, sudah banyak merk sepeda dengan kualitas yang bagus sehingga konsumen tidak hanya berpacu pada satu merk saja.

Namun sayangnya, tidak semua merk sepeda memiliki sepeda lipat. Beberapa merk yang memiliki sepeda lipat yaitu Polygon, Wimcycle, Pacific, Phoenix, United, Genio, dan Viva cycle. ‘diantara yang lain Pacific memiliki lebih banyak pilihan sepeda lipat dengan harga yang terjangkau.

Tips Merawat Sepeda Lipat

Perawatan sepeda memang harus diperhatikan agar sepeda tahan lebih lama. Nah berikut ini beberapa cara merawat sepeda lipat kamu:

  1. Cuci sepeda secara rutin dan hindari menggunakan air bertekanan tinggi untuk menghindari air masuk kedalam bagian sepeda, seperti BB, hubs, kabel rem, dan shifter.
  2. Perhatikan volume angin dan tekanan ban, terutama ketika akan digunakan. Ban yang kempes akan mudah tertusuk benda dan menyebabkan kebocoran ban. Selain itu, ban yang terlalu kempes juga membuat ban dalam terlipat sehingga mudah rusak.
  3. Rawatlah sambungan rangka dengan rajin mengecek rangka. Selain itu, sering menyemprot pelumas cair juga bisa menjaga keawetan rangka.
  4. Hindari melumasi rem dengan oli bekas karena bisa membuat rem semakin tidak lancar.
  5. Atur tempat penyimpanan sepeda lipat. Meskipun sepeda sangat fleksibel untuk disimpan, jangan sampai bertumpuk dengan benda lain sehingga tidak terlihat keberadaanya. Terutama menjemur baju diatas sepeda, hal ini sangat berbahaya. Air rembesan dari kain akan merusak bagian sepeda, seperti memudarkan cat dan membuat karat.
  6. Perhatikan penggunaan sepeda. Bagaimana cara kamu memakai sepeda juga termasuk salah satu cara merawat sepeda. Hindari bermain di tempat yang kotor dan berlumpur. Jika sepeda lipat kamu khusus untuk jalan rata, hindari juga jalan menanjak dan berlubang terutama polisi tidur. Karena pada umumnya sepeda lipat tidak memiliki shock depan.
  7. Perhatikan seatpost dan ukuran frame, sesuaikan ukuran dengan postur tubuh. Ukuran yang tidak sesuai dan berat yang berlebih juga dapat memicu mudah rusak pada sepeda.

Cara Bongkar Pasang Sepeda Lipat


salah satu trik memilih sepeda lipat adalah pilih yang mudah dilipat. Ukuran sepeda 20 inci merupakan sepeda lipat yang mudah dibongkar pasang. Tujuannya adalah agar mudah dibawa kemana-mana.

Cara membongkar pasang sepeda lipat juga tidak sulit. Biasanya, ketika baru membeli sepeda tersebut, sudah tersedia brosur tata cara membongkar pasang sepeda. Namun, agar lebih mudah, sebelum kamu membawa pulang sepedanya, kamu bisa minta tolong penjual sepeda untuk memberikan contoh atau tutorial bongkar pasang. Jika suatu hari kamu lupa, kamu bisa membuka browser kembali atau mencari informasi di internet.

Baca juga: Harga Sepeda Lipat United

Berikut sedikit gambaran cara membongkar pasang sepeda lipat Tern Link B7:

Setiap bagian sepeda sudah tersedia beberapa alat kunci yang mudah dibuka tutup. Kamu tinggal membuka tutup secara berurut saja. Bagian pertama yaitu di stang sepeda.

Kemudian lanjut buka dibagian bawah stang agar stang bisa dilipat. Bagian selanjutnya yaitu engsel pada bagian antara stang dan seatpost. Lipat sepeda dan kunci. Jangan lupa menurunkan seatpost agar lebih mudah dibawa. Selesai!

Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Lipat

Kelebihan dan kekurangan sepeda lipat
Kelebihan dan kekurangan sepeda lipat (google.com)

Banyak alasan buat kamu yang suka berolahraga sepeda harus memiliki sepeda lipat. Karena sepeda lipat sangat praktis dibawa kemana-mana. Selain itu, seli atau sepeda lipat juga super fleksibel sehingga lebih aman. Bentuknya yang ramping, membuat kamu tidak malah untuk membawanya.

Kelebihan lain sepeda lipat adalah lebih trendi dan bisa dimasukan ke kendaraan roda empat, atau kamu juga membawa sepeda naik angkutan umum. Jadi, jika ingin bersepeda di medan lain yang jaraknya cukup jauh, tidak repot lagi untuk mengendarai sepeda dari rumah ke tujuan. Kamu juga bisa membawa sepedamu ketika kemping.

Selain itu, kamu juga akan merasa lebih aman meletakan sepeda. Ketika membawa sepeda ke kantor, tidak perlu lagi ditinggal di parkiran. Kamu bisa meletakan sepeda di kolong meja kerja.

Pilihan jenis sepeda lipat juga sangat variasi. Sudah banyak merk sepeda yang memproduksi jenis sepeda lipat. Mulai dari yang biasa hingga yang bisa digunakan untuk offroad. Ada yang berukuran kecil hingga ukuran sepeda BMX biasa. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Yang membuat berpikir dua kali untuk memilih sepeda lipat adalah untuk mendapatkan sepeda lipat yang berkualitas, kamu harus mengeluarkan budget lebih.

Kamu bisa saja memilih sepeda lipat dengan harga yang murah yang banyak dijual dipasaran, namun harus berani menanggung resiko sepeda tidak kokoh dan kurang nyaman. Untuk mendapatkan sepeda lipat dengan harga standar sekelas Wimcycle, kamu harus mengeluarkan uang lebih dari model sepeda biasa.

Sepeda lipat juga kurang cocok dijadikan sepeda balap. Karena bagian besar sepeda lipat memiliki ban yang tidak cukup besar untuk balapan. Dan sepeda lipat standar juga tidak bisa digunakan di medan yang berlubang, karena tidak memiliki shock depan.

Terkecuali sepeda lipat yang memang dirancang khusus offroad. Untuk mendapatkan sepeda lipat offroad, kamu harus memilih merk sepeda yang berkelas. Karena saat ini masih jarang merk sepeda biasa memproduksi sepeda lipat khusus offroad.

Kekurangan lain sepeda lipat standar adalah kamu butuh mengayuh lebih ekstra karena laju sepeda yang pendek. Akibatnya kamu lebih cepat lelah dan pegal dibagian kaki. Dan sepeda lipat juga tidak bisa lari cepat, karena sepeda jenis ini memang didesain sebagai sepeda santai. Jadi, kamu harus menyerah dulu jika berlomba cepat dengan sepeda MTB atau roadbike lain.

Sepeda lipat dengan keunggulannya yang super praktis banyak memikat pecinta sepeda, terutama untuk kaum wanita dan anak-anak. Ukurannya yang ringkas dan ringan dibawa, menjadi andalan untuk dibawa kemana-mana terutama ke lokasi yang jauh, karena sepeda ini lebih mudah diletakan di kendaraan pribadi maupun transportasi umum, seperti kereta dan bus umum.

Namun, dengan segala kelebihannya tersebut, sepedah lipat tidak bisa menggantikan fungsi sepeda balap dan offroad. Meskipun saat ini sudah tersedia beberapa jenis sepeda lipat khusus balap dan offroad. Kamu harus mengeluarkan budget untuk mendapatkan sepeda tersebut. Oleh karena itu, meskipun ada banyak variasi sepeda lipat, sepeda BMX biasa tidak kalah saing masih banyak menjadi favorit pecinta olahraga sepeda.

Apapun jenis sepeda lipat yang kamu pilih, jika tidak pernah digunakan dan hanya tersimpan rapi di rumah, sepeda tersebut akan tetap sia-sia dan lebih cepat rusak. Jadi, jaga dan sayangi sepeda kamu seperti kamu merawat kendaraanmu.

Brand: Sepeda Lipat, Nama Produk: Sepeda, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp1998000 to Rp29980000

Berikan Komentar