Harga Songkok

Bagi orang Indonesia, khususnya bagi mereka yang beragam Islam pasti sudah tidak asing dengan barang yang satu ini. Songkok/Kopiah merupakan salah satu perlengkapan yang sering dipakai para laki-laki ketika sedang solat berjamaah di masjid.

Namun sekarang ini songkok atau biasa disebut kopiah ini juga sering digunakan ketika aktivitas diluar solat. Adabanyak sekali songkok atau kopiah dengan berbagai macam bentuk dan warna. Ada yang berbentuk bulat ada juga berbentuk kotak yang berwarna putih atau hitam.

Sebenarnya songkok atau kopiah ini tidak hanya di Indonesia saja. Dibelahan bumi lain pun juga memiliki alat penutup kepala ini namun dengan model dan nama yang berbeda. Beberapa nama kopiah yang bisa di jumpai dinegara lainseperti Kufi, taqiyat, topi fe/fezzi, terbossh, dan lain sebagainya. Meski memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penutup kepala baik ketika solat atau diluar solat namun masing-masing memiliki filosofi yang berbeda.

Sejarah Songkok atau Kopiah Di Indonesia

Peci atau Kopiah selalu digunakan presiden pertama Soekarno boombastis.com
Peci atau Kopiah selalu digunakan presiden pertama Soekarno (boombastis.com)

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, Songkok atau kopiah menjadi salah satu pakaian yang khusus digunakan oleh para lelaki muslim. Umumnya penutup kepala ini dulunya hanya digunakan ketika sedang solat saja. Namun dalam perkembangan zaman, songkok atau kopiah mulai sering dipakai meskipun sedang beraktivitas diluar salat.

Baca Juga: harga sirup

Bicara tentang sejarah songkok atau kopiah ternyata memiliki beragam versi atau cerita. Ada yang berpendapat bahwa songkok atau peci ini mulai ada di Indonesia setelah dibawa oleh Laksamana Ceng Ho. Siapa Laksamana Ceng Ho itu? Nah bagi Anda yang masih belum tahu, Laksamana Ceng Ho merupakan laksamana dari cina yang beragama islam. Namun dari versi lain yaitu terdapat dalam “the origin of songkok or kopyah” yang merupakan buku karya Rozan Yuno.

Dalam buku tersebutmenyatakanbahwa awal mula songkok ada di Indonesia yaitu diperkenalkan olehpedagang Arab. Pada waktu yang sama, saat itu juga dikenal serban dan juga turban.

Daftar Harga Peci Terbaru 2019

Jenis / Merk Songkok

Harga Rp
Atlas Peci PremiumRp70.000
Kopyah Gaul (Seperti Topi)Rp75.000
Kopyah Nahdlatul Ulama (NU)Rp80.000
Ovais Cap PakistanRp120.000
Ovais Pakistan Peci BambuRp170.000
Peci Awang HitamRp80.000
Peci Awing Polos Tanpa KertasRp160.000
Peci BHS PremiumRp120.000
Peci Kalam Suci HitamRp85.000
Peci KuplukRp35.000
Peci Maiyah Cak NunRp30.000
Peci TalibanRp10.000
Peci WadimorRp45.000
Songkok Pak Haji PutihRp30.000
Songkok RajutRp5.000 – Rp30.000

Macam-Macam Kopiah

Bicara tentang jenis-jenis songkok, ada banyak jenis songkok yang bisa Anda jumpai di pasaran.Umumnya masing-masing songkok tersebut memiliki bentuk dan terbuat dari bahan yang berbeda. Nah berikut beberapa jenis songkok yang wajib Anda ketahui.

1. Songkok Anggrek

Songkok merk Anggrek tokopedia.com
Songkok merk Anggrek (tokopedia.com)

Songkok Anggrek merupakan salah satu jenis songkok atau kopiah yang paling sering dipakai tidak hanya kalangan dewasa saja tetapi juga anak-anak. Jenis songkok ini umumnya terbuat dari bahan bludru yang memiliki kualitas premium. Disebut songkok anggrek karena pada setiap sisinya dibalut dengan motif laser yang bercorak anggrek

. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menyukai songkok jenis ini yaitu selain karena nyaman, motifnya yang bagus membuat penampilan Anda semakin elegan.

2. Songkok Hitam

Songkok hitam polos bukalapak.com
Songkok hitam polos (bukalapak.com)

Untuk jenis songkok yang selanjutnya ini pasti Anda sudah sering melihatnya. Memang songkok atau kopyah hitam ini sudah sangat terkenal, lebih terkenal jika dibandingkan dengan jenis songkok sebelumnya.

Berbeda dengan jenis songkok anggrek yang terdapat motif pada bagian sampingnya, songkok ini tidak memiliki motif sama sekali atau polos. Meski begitu banyak orang yang suka menggunakan songkok jenis ini. Selain murah, Songkok jenis ini juga nyaman jika dipakai dalam waktu lama.

Baca Juga: harga kue

Umumnya jenis songkok hitam ini terbuat dari bahan bludru dengan kualitas bagus. Perlu diketahui sebaiknya Anda memilih jenis songkok dengan bahan yang berkualitas sekalian agar tidak mudah rusak.

3. Songkok Lukis Nusantara

Salah satu motif songkok lukis songkoklukisnusantara.com
Salah satu motif songkok lukis (songkoklukisnusantara.com)

 

Selain songkok anggrek, songkok nusantara ternyata juga tidak kalah populer dan terkenal di Indonesia. Sesuai dengan namanya jenis songkok ini menambahkan nilai-nilai budaya sehingga terlihat sangat bagus dan elegan. Seperti yang diketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri beberapa pulau yang mana masing-masing pulau memiliki kebudayaan yang berbeda.

Jika jenis songkok anggrek memasukan motif bunga anggrek untuk memperindah model songkok. Maka untuk jenis songkok nusantara ini memasukkan unsur-unsur budaya yang sesuai ciri khas dari masing-masing daerah.

Misalnya saja songkok lukis nusantara dari Gresik. Umumnya motif yang dimasukkan pada songkok merupakan motif atau ukiran dari daerah Gresik tersebut. Tentu sajasangat bagus dan menarik sekali, bukan?

4. Songkok/Kopiah Haji

Salah satu model songkok haji indonetwork.com
Salah satu model songkok haji (indonetwork.com)

Sesuai dengan namanya, songkok atau kopiah haji ini merupakan salah satu jenis songkok yang sering digunakan pada saat melakukan ibadah haji. Jika songkok-songkok sebelumnya terbuat dari bahan bludru, maka khusus kopiah haji ini tidak terbuatdari bahan bludru. Umumnya songkok jenis ini sering dijumpai dengan warna putih. Banyak orang yang menggunakan jenis songkok ini ketika sedang melakukan ibadah haji ataupun umrah.

Tips Memilih Peci Berkualitas

Bagi yang berencana untuk membeli songkok dalam waktu dekat, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilihnya.

Baca juga: Harga Biskuit Kaleng

Mengapa demikian? Seperti yang diketahui sekarang ini ada banyak sekali songkok palsu atau terbuat dari bahan yang tidak berkualitas sehingga mudah sekali rusak. Nah berikut ini akan disajikan beberapa ulasan tentang bagaimana cara memilih songkok yang bagus dan juga berkualitas.

1. Memilih bahan yang keras

Songkok dengan bahan keras dan kokoh bmo.com
Songkok dengan bahan keras dan kokoh (bmo.com)

Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli songkok atau kopiah adalah memastikan bahwa bahannya benar-benar bagus dan berkualitas. Tahukah Anda bahwa kualitas songkok atau kopiah bisa dilihat dari seberapa tebal bahan yang digunakan.

Keras atau tidaknya songkok tersebut juga menjadi pertimbangan dalam menentukan kualitasnya. Perlu diingat, apabila songkok tersebut keras dan tebal maka kualitasnya baik. Sebaliknya, apabila songkok tersebut cenderung lebih lentur dan tertekuk maka kualitasnya kurang bagus.

2. Jangan memilih dengan serabut pinggiran

Perhatikan pinggiran songkok distronura.blogspot.com
Perhatikan pinggiran songkok (distronura.blogspot.com)

Songkok atau kopiah yang berkualitas tentu tidak memiliki serabut pada bagian pinggirannya. Perlu diketahui, bahwa serabut pada bagian pinggir songkok dapat menjadikannya lebih mudah rusak. Nah supaya lebih aman, sebaiknya Anda mencari jenis songkok tanpa adanya serabut pada bagian pinggirnya.

3. Melihat merek songkok

Songkok Awing salah satu merk songkok terbaik tokopedia.com
Songkok Awing salah satu merk songkok terbaik (tokopedia.com)

Langkah selanjutnya yang paling mudah untuk dilakukan agar bisa mengetahui songkok tersebut bagus atau tidak adalah dengan melihat dari mereknya. Harga membawa kualitas, pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Percaya atau tidak ternyata merek juga memberikan pengaruh penting terhadap kualitas dari songkok.

Memang kebanyakan songkok yang berkualitas memiliki harga jual yang cenderung lebih mahal dari yang biasanya. Namun hal tersebut sebanding dengan kualitas dan bagusnya bahan yang digunakan. Jadi sebaiknya Anda memilih jenis songkok yang berasal dari merek-merek yang sudah cukup terkenal.

4. Tidak perlu berpatokan harga

Salah satu songkok murah namun dengan kualitas yang bagus
Salah satu songkok murah namun dengan kualitas yang bagus

Meski harga membawa kualitas, namun Anda tidak serta merta terlalu berpatokan dengan harga yang ditawarkan. Selama harga yang ditawarkan masih dalam batasan yang wajar maksudnya tidak terlalu mahal ataupun murah, maka Anda bisa mempertimbangkannya.

Namun perlu diingat, bahwa songkok yang dibuat dengan menggunakan kualitas yang tinggi, maka tentu saja mutu yang ditawarkan juga sama tingginya. Umumnya harga yang ditawarkan tersebut telah disesuaikan dengan bahan yang digunakan untuk pembuatannya.

Namun juga perlu Anda ingat bahwa songkok yang dibanderol dengan harga mahal belum menjamin memiliki kualitas yang baik. Jadi sebelum membeli pastikan bahan dan harga yang ditawarkan benar-benar dalam jumlah yang wajar.

Baca Juga: harga bingkisan lebaran

Setelah memilih jenis songkok atau kopiah yang berkualitas maka sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan baik. Tujuannya agar songkok yang Anda beli tersebut tetap bersih dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Sebagus apapun barang jika tidak dirawat dengan baik maka lama-kelamaan juga akan mengalami kerusakan. Pastikan untuk merawat songkok Anda sesuai dengan ketentuan terutama bagi songkok yang berbahan bludru. Jangan sampai karena kesalahan dalam perawatan bisa membuat songkok atau kopiah Anda mudah rusak.

Nah itulah tadi beberapa informasi tentang sejarah, macam-macam dan tips memilih songkok atau kopiah yang bagus dan berkualitas. Satu hal yang perlu Anda ingat yaitu harga yang ditawarkan tidak bisa menentukan kualitas dari produk songkok atau kopiahnya. Sebaiknya Anda lebih memperhatikan lagi kualitas dari songkok yang ditawarkan.

Jika bahan yang digunakan bagus dan berkualitas tinggi, maka mutu songkok tersebut juga baik. Pastikan jangan sampai salah pilih ya! Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih songkok terbaik untuk digunakan setiap harinya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar