Harga Spidol

Harga spidol pastilah beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal. Harga tersebut sudah dipatenkan dan dilabeli berdasarkan kualitas serta merk atau brand yang memproduksi. Semakin terkenal merk produsen spidol, maka harganya akan semakin tinggi.

Sejarah Spidol

Spidol hitam sering kita jumpai epizone.com
Spidol hitam sering kita jumpai (epizone.com)

Marker pen atau di Indonesia lebih dikenal dengan spidol merupakan pena yang memiliki ujung pena untuk menulis. Ujung ini disebut dengan nib atau mataspidol yang terbuat dari serat fiber yang padat sehingga kuat saat digunakan untuk menulis. Selain padat, serat tersebut juga menyerap tinta sehingga awet dan tahan lama.

Terdapat beberapa nama lain dari spidol ini antara lain marking pen, fineliner, flow, marker, felt tip pen, dan lainnya. di negara tetangga, Malaysia, spidol dinamai dengan Markers sedangkan di Filipina spidol disebut dengan Pantel Pen.

Orang-orang India menyebut spidol sebagai sketch pens dan Australia menyebutnya dengan texta. Spidol dipatenkan pada tahun 1910 oleh Lee Newman. Sedangkan di tahun 1926, Benjamin Paskach menemukan fountain paintbrush yang bentuk spons dengan tinta warna-warni.

Baca Juga: harga tas sekolah

Awal mulai perdagangan spidol yaitu di Sidney pada tahun 1953. Awalnya, spidol ini terbuat dari serat kain yang ada di dalam sumbu tinta tabung. Pada tahun 1958, yang paling populer adalah spidol felt tip.

Hal tersebut dikarenakan spidol ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat poster, lettering, dan labeling. Pada tahun 1962, Perusahaan Alat Tulis dari Jepang bernama Yukio Horie mempopulerkan Pentel yaitu pulpen dengan ujung serat tebal.

Spidol menjadi salah satu alat kebutuhan kantor yang penting. Tak hanya itu, banyak siswa yang juga membutuhkan spidol. Baik untuk menggambar, menulis di papan tulis atau buku, serta member tanda pada bacaan tertentu. Penggunaan spidol warna akan sangat membantu siswa untuk mencatat tiap pelajaran.

Selain memudahkan siswa untuk mencatat, spidol yang berwarna juga membantu siswa untuk lebih kreatif. Sebagian siswa juga menggunakan spidol untuk menggambar. Di mana warna yang dihasilkan akan lebih hidup dari pada menggunakan pensil warna.

Penggunaan spidol juga dinilai lebih awet dibandingkan dengan pensil warna. Hal ini dikarenakan pensil warna terbuat dari kayu dan akan habis seiring digunakan. Namun spidol berbahan plastic dengan isi tinta. Tinta yang tersimpan akan bertahan lebih lama dan dapat digunakan terus menerus.

Walaupun bukan benda asing lagi, spidol memiliki jenisnya masing-masing. Beragam jenis spidol    ini dikategorikan berdasarkan fungsinya. Beberapa spidol juga diklasifikasikan berdasarkan harga jual spidol tersebut. Berikut adalah beberapa jenis spidol yang banyak ditemui di Indonesia.

Macam-Macam Spidol Terbaik

Terdapat berbagai macam merk spidol terbaik. Kualitas yang ditawarkan berbanding lurus dengan fungsi dari spidol tersebut. Berikut adalah beberapa jenis spidol yang paling sering digunakan di Indonesia.

1. Spidol Permanen

 

Macam macam pilihan warna spidol permanen shopee.com
Macam macam pilihan warna spidol permanen (shopee.com)

Spidol permanen merupakan salah satu jenis spidol yang tahan dari gosokan dan air. Selain itu, spidol ini bisa tahan bertahun-tahun. Namun, ketahanan spidol ini juga bergantung pada penanda yang digunakan.

Biasanya jika ingin melepaskan atau menghapus tinta spidol ini, harus menggunakan cairan khusus. Cairan kimia yang biasa digunakan adalah aseton. Spidol ini biasanya digunakan untuk menulis di tempat yang keras seperti kayu, kaca, logam, plastik, dan batu.

Baca Juga: harga baju pramuka

Terdapat beberapa macam spidol jenis permanent ini, yaitu spidol ukuran sedang, spidol porous, dan spidol kecil berwarna. Yang pertama adalah spidol yang berukuran sedang.

Spidol ini adalah jenis spidol yang paling banyak digunakan. Spidol ukuran sedang ini juga terbagi dalam berbagai warna yakni emas, perak, dan warna warni. Biasanya spidol yang digunakan ini dapat digunakan untuk menghias atau mewarnai ban.

Jenis yang kedua adalah spidol porous. Spidol ini memiliki nib atau mata spidol yang lumayan besar. Biasanya spidol ini memiliki felt yang besar dan juga digunakan untuk menulis sesuatu yang lebih besar dari tulisan tangan. Spidol porous ini juga sering digunakan dalam perusahaan ekspedisi. Hal tersebut dikarenakan spidol jenis ini sangat berguna untuk menandai karung atau dus.

Jenis yang terakhir adalah spidol yang memiliki ukuran yang paling kecil, yakni spidol warna warni. Spidol ini memiliki 12 varian warna. Spidol kecil ini didesain dalam berbagai varian warna yang ceria. Biasanya spidol ini digunakan oleh anak-anak untuk mewarnai dan menggambar. Tinta yang digunakan untuk spidol ini adalah tinta air. Sehingga aman untuk anak-anak dan tidak berbahaya jika tertelan.

Harga spidol diatas mungkin berbeda satu dengan yang lain. Dari satu penjual dan penjual lainnya mungkin juga berbeda. Oleh sebab itu, jika ingin membeli spidol jenis permanent ini harus survey harga terlebih dahulu.

2. Spidol Non Permanen

Pilihan warna spidol non permanen cahayamustika.com
Pilihan warna spidol non permanen (cahayamustika.com)

Selain spidol permanen, terdapat juga jenis spidol non permanen. Spidol ini yang paling banyak digunakan karena mudah dibersihkan dan dihapus.

Biasanya spidol ini juga disebut sebagai spidol whiteboard atau dry erase marker. Disebut dry karena spidol ini dapat dibersihkan tanpa harus menggunakan air atau cairan kimia.

Baca Juga: harga buku tulis

Spidol ini digunakan untuk menulis di papan tulis maupun kain. Spidol ini digunakan untuk menulis di permukaan yang tidak memiliki pori seperti kaca, plastic, keramik, melamin, dll. Umumnya, spidol jenis non permanen ini digunakan di Instansi / lembaga pendidikan.

3. Highlighters

Spidol highlight membantu proses belajar instastalker.com
Spidol highlight membantu proses belajar (instastalker.com)

Di Indonesia mungkin nama highlighters kurang populer. Nama lain dari highlighters ini adalah stabilo. Stabilo merupakan salah satu merek spidol pertama yang terkenal. Spidol jenis stabilo ini adalah yang paling digemari oleh siswa. Mereka menggunakan spidol ini untuk mewarnai kata atau kalimat dalam buku. Stabilo ini terdiri dari bermacam warna yang cerah misalnya hijau terang, magenta, kuning, dan warna lainnya.

4. Spidol Pemilu dan Spidol Keamanan

Spidol pemilu yang aman meskipun menempel ditangan alibaba.com
Spidol pemilu yang aman meskipun menempel ditangan (alibaba.com)

Pada saat pemilu, biasanya digunakan spidol khusus yang disebut spidol pemilu. Spidol pemilu atau election marker merupakan spidol berjenis permanen. Tinta yang digunakan untuk spidol ini adalah tinta pemilu. Walaupun begitu, di Indonesia belum pernah ada yang menggunakan spidol ini.

Penggunaan spidol ini sebenarnya akan membantu KPU dalam menghemat tinta. Saat pencoblosan terdapat banyak tinta yang tersisa dan biasanya terbuang begitu saja. Tinta pemilu sangat mahal harganya karena tinta tersebut mengandung cairan perak nitrat.

Jenis spidol yang terakhir adalah spidol keamanan atau security marker. Spidol ini sangat unik dibandingkan dengan spidol jenis lainnya. Tinta yang digunakan untuk spidol ini adalah tinta transparan atau tinta yang tak terlihat. Tinta ini hanya bisa dilihat dengan cahaya neon ultraviolet. Tinta isi ulang spidol untuk spidol keamanan ini bisanya sangat mahal dan hanya dijual di beberapa tempat khusus.

5. Spidol untuk Teknik

Spidol Arsitek khusus teknik aliexpress.com
Spidol Arsitek khusus teknik (aliexpress.com)

Jenis spidol teknik adalah spidol yang digunakan oleh mahasiswa teknik. Biasanya spidol ini adalah spidol khusus yang digunakan untuk menggambar desain bangunan. Spidol ini memiliki bentuk yang proporsional dengan ujung yang lancip. Keruncingan spidol memiliki tingkat yang berbeda-beda. Keruncingan spidol ini hingga beberapa millimeter.

Baca Juga: harga pensil

Bagi para desainer atau arsitek, spidol ini sangat membantu mereka. Spidol ini akan menjadikan gambaran atau desain mereka lebih presisi dan sesuai dengan skala yang diinginkan. Jika skala yang digambar sudah tepat, maka desain yang dibuat pun akan lebih sempurna.

6. Spidol Kain

Spidol untuk menggambar dikain shopee.com
Spidol untuk menggambar dikain (shopee.com)

Spidol kain merupakan spidol yang paling mahal di antara semua jenis spidol. Spidol ini memiliki bahan tinta yang mudah digunakan dan mudah menempel saat diaplikasikan ke kain. Selain itu, spidol ini akan segera kering ketika telah digunakan pada kain. Spidol untuk kain ini merupakan spidol yang bisa digunakan di berbagai macam kain.

Terdapat berbagai hal yang dapat dilakukan dengan kain. Banyak yang membuat lukisan di atas kain. Selain itu, spidol ini juga dapat digunakan untuk melukis di sepatu, kaos, tas, dan yang lainnya. Seluruh bahan kain dapat dilukis dengan tangan seorang seniman yang handal dengan menggunakan spidol ini.

Daftar Harga Spidol Segala Jenis dan Merk 2019

Jenis SpidolHarga Rp
Spidol Artline EK 95-ASHRp 15.000
Spidol Artline EK-100 (Biru, Hijau, Hitam, Merah)Rp 19.000
Spidol Artline EK-107R Marker (Hijau, Biru, Merah)Rp 54.000
SPIDOL ARTLINE EK-109R (Biru, Hitam, Merah)Rp 48.000
Spidol Artline EK-157 BiruRp 5.700
Spidol Artline EK-157R HijauRp 5.700
Spidol Artline EK-170 MarkerRp 4.500
Spidol Artline EK-241Rp 8.500
Spidol Artline EK-242Rp 8.500
Spidol Artline EK-243Rp 8.500
Spidol Artline EK-316 12WRp 10.000
Spidol Artline EK-400XF BRRp 11.500
Spidol Artline EK-444 PaintRp 12.000
Spidol Artline EK-500 Hijau, HitamRp 9.000
Spidol Artline EK-500 MerahRp 9.000
Spidol Artline EK-5100 HitamRp 19.000
Spidol Artline EK-5100 MerahRp 18.500
Spidol Artline EK-517 BiruRp 6.500
Spidol Artline EK-517 HitamRp 6.000
Spidol Artline EK-70 (Hijau, HItam, Kuning, Merah)Rp 6.500
Spidol Artline EK-700 (Hijau, HItam, Merah, Ungu)Rp 9.000
Spidol Artline EK-853 KuningRp 7.500
Spidol Artline EK-90 (Biru, Coklat, Kuning, Meah, Orange)Rp 8.500
Spidol Artline EK-90 (Hijau, Hitam, Pink, Purple)Rp 10.000
Spidol Artline EK-900 GoldRp 11.500
Spidol Artline EK-900 SilverRp 11.500
Spidol Artline EK-95 WalnutRp 15.000
Spidol Artline EK-990 Gold/SilverRp 11.500
Spidol Artline EKT-2 BeigeRp 15.000
Spidol Artline EKT-2 BiruRp 15.000
Spidol Artline EKT-2 CoklatRp 15.500
Spidol Artline EKT-2 HijauRp 15.000
Spidol Artline EKT-2 HitamRp 18.000
Spidol Artline EKT-2 KuningRp 15.000
Spidol Artline EKT-2 Ligt BiruRp 15.000
Spidol Artline EKT-2 OrangeRp 15.000
Spidol Artline EKT-2 RoseRp 15.000
Spidol Artline Glass EPG-4 (Hitam, Biru, Hijau, Orange, Pink, Putih, Kuning)Rp 16.000
Spidol Artline stix Brush Marker (Biru, Coklat, Hijau, Merah, Orange, Pink, Ungu)Rp 8.000
Spidol Artline stix Brush Marker 1 Pack (All Color)Rp 84.000
Spidol Marker Simbalion MM610 GoldRp 102.000
Spidol OHP Faber Castell F BlackRp 8.000
Spidol OHP Faber Castell MRp 7.500
Spidol OHP Snowman F HitamRp 84.000
Spidol OHP Snowman F MerahRp 84.000
Spidol Permanet Simbalion 20 BiruRp 6.500
Spidol permanet Simbalion 20 HitamRp 6.500
Spidol Permanet Simbalion 20 MerahRp 6.500
Spidol Safari 838 12 WarnaRp 5.500
Spidol Snowman 12 WarnaRp 12.000
Spidol Snowman 24 WarnaRp 27.000
Spidol Snowman 6 WarnaRp 6.500
Spidol Snowman BB-300 BiruRp 12.500
Spidol Snowman BB-300 HijauRp 12.500
Spidol Snowman BB-300 KuningRp 12.500
Spidol Snowman BB-300 PinkRp 12.500
Spidol Snowman CP-12 HijauRp 11.500
SPIDOL SNOWMAN GOLD GPRp 11.500
Spidol Snowman Kecil BiruRp 12.000
Spidol Snowman Kecil HijauRp 12.000
Spidol Snowman Kecil HitamRp 13.200
Spidol snowman kecil kuningRp 10.800
Spidol Snowman Kecil MerahRp 12.000
Spidol Snowman Marker BiruRp 90.000
Spidol Snowman Marker HijauRp 84.000
Spidol Snowman Marker HitamRp 72.000
Spidol Snowman Marker MerahRp 68.400
Spidol Snowman Medium GoldRp 11.500
Spidol Snowman WC 200 24 WarnaRp 28.000
Spidol Snowman Whiteboard BiruRp 90.000
Spidol Snowman Whiteboard HijauRp 84.000
Spidol Snowman Whiteboard HitamRp 90.000
Spidol Snowman Whiteboard MerahRp 90.000
Spidol Snowman Whiteboard OrangeRp 78.000
Spidol Snowman Whiteboard PinkRp 72.000
SPIDOL STAEDTLER WHITE BOARD MERAHRp 96.000
Spidol Standard 12 WarnaRp 10.000
Spidol Whiteboard Simbalion 230 BiruRp 88.800
Spidol Whiteboard Simbalion 230 HitamRp 78.000
Spidol Whiteboard Simbalion 230 MerahRp 88.800
Tinta Spidol Permanen Snowman BiruRp 8.500
TINTA SPIDOL PERMANEN SNOWMAN HIJAURp 8.500
Tinta Spidol Permanen Snowman HitamRp 9.500
Tinta Spidol Permanen Snowman MerahRp 8.500
TINTA SPIDOL PERMANENT ARTLINE ESK-20 BIRURp 6.500
TINTA SPIDOL PERMANENT ARTLINE ESK-20 HIJAURp 6.500
TINTA SPIDOL PERMANENT ARTLINE ESK-20 HITAMRp 6.500
TINTA SPIDOL PERMANENT ARTLINE ESK-20 MERAHRp 6.500
TINTA SPIDOL WHITE BOARD RED 15ml FABER CASTELLRp 11.500
Tinta Spidol White Board Snowman BiruRp 15.000
TINTA SPIDOL WHITE BOARD SNOWMAN HIJAURp 15.000
Tinta Spidol White Board Snowman HitamRp 15.000
Tinta Spidol White Board Snowman MerahRp 15.000
TINTA SPIDOL WHITEBOARD ARTLINE ESK-50 BIRURp 10.000
TINTA SPIDOL WHITEBOARD ARTLINE ESK-50 HIJAURp 10.500
TINTA SPIDOL WHITEBOARD ARTLINE ESK-50 HITAMRp 11.000
Tinta Spidol Whiteboard Blue 15ml Faber CastellRp 11.500
Tinta Spidol Whiteboard Faber Castell BlackRp 43.000

Dengan adanya berbagai jenis spidol, maka harganya pun akan  berbeda-beda. Berikut akan ditampilkan daftar harga untuk berbagai merk spidol yang biasa digunakan.

1. Standard Permanent P77

Gambar Standard Permanent P77 penlenindo.co .id
Gambar Standard Permanent P77 (penlenindo.co.id)

Spidol standard permanent P77 adalah spidol jenis permanen yang sulit untuk dihapus. Tinta yang digunakan juga tahan lama pada situasi dan kondisi cuaca apapun. Warna dari spidol ini lebih pekat dibandingkan dengan spidol lainnya. Spidol ini dibandrol dengan harga kisaran Rp 60.000 hingga Rp 70.000 per pack dengan isi spidol 12 buah.

Baca Juga: harga spidol

2. Connector Pen Faber Castell

Gambar Connector Pen Faber Castell amazon.in
Gambar Connector Pen Faber Castell (amazon.in)

Connector pen faber castell ini merupakan salah satu favorit anak-anak. Spidol ini merupakan spidol warna yang dapat digunakan oleh anak-anak. Terdapat 20 varian warna dalam satu box faber castell ini. Spidol ini juga memiliki bentuk yang kecil sehingga tidak menyulitkan anak-anak saat memegangnya. Harga dari spidol faber castell ini mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 50.000 saja.

3. Posca 5cm Marker Pen

Marker pen dengan merk posca ini memiliki mata spidol yang lumayan besar. Spidol ini biasanya digunakan untuk menulis kaligrafi ataupun gambaran di berbagai media. Spidol ini didesain secara khusus karena beberapa spidol keluaran Posca ini juga memiliki ujung dari bulu sintetis.

Spidol ini memiliki warna yang cerah sehingga dapat menghasilkan goresan yang indah. Harga dari spidol ini adalah Rp 37.000 hingga Rp 86.000 per buah. Spidol ini biasanya digunakan untuk menulis di media kayu, logam dan plastik.

4. Snowman OPF Permanent

Gambar Snowman OPF Permanent sinamegastore.com
Gambar Snowman OPF Permanent (sinamegastore.com)

Spidol Snowman OPF permanent ini merupakan spidol yang digunakan bagi proyektor OHP. Dengan desain yang sederhana dan ergonomis, spidol ini sangat efisien untuk digunakan.

Baca Juga: harga papan tulis

Biasanya spidol ini sangat cocok untuk membuat sketsa dan desain gambar. Berbagai pola akan menjadikan hasil yang presisi dan dengan tingkat presisi yang tinggi.  Spidol ini juga didesain agar menjadi anti slip. Harga dari spidol ini cukup murah yakni mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 9.000.

5. Copic Ciao Marker

Gambar Copic Ciao Marker otakufuel.com
Gambar Copic Ciao Marker (otakufuel.com)

Copic Ciao Marker adalah spidol yang cocok bagi seniman pemula dan profesional. Bentuknya yang ergonomis membuat spidol ini nyaman untuk digunakan, untuk 1 pack isi 12 pcs, spidol ini dibandrol dengan harga Rp 620.000 sampai Rp 640.000.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar