1 Katalog Harga Stop Kontak Terbaru dan Lengkap!

Stop kontak atau stop contact atau outlet plug merupakan salah satu komponen listrik yang. Fungsi dari stop contact adalah sebagai penghubung sekaligus sebagai pemutus arus negatif, positif serta grounding pada suatu instalasi listrik.

Dari semua macam varian stop contact, hanya ada satu varian saja yang berlaku pada sebuah negara. Masing – masing negara juga mempunyai varian stop contact yang berbeda. Selengkapnya simak daftar isi berikut ini

Macam – Macam Stop Kontak

Outlet plug dan power plug merupakan suatu pasangan komponen yang tidak dapat terpisahkan. Kedua alat instalasi listrik ini mempunyai pengaruh besar pada standar kelistrikan suatu negara.

Hal inilah yang menjadikan kendala ketika berada di negara lain dan mempunyai outlet plug dan power plug yang berbeda. Padahal kedua alat tersebut sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Oleh karena itu sebelum melakukan perjalanan ke suatu negara, lebih baik kenali dahulu macam – macam stop kontak atau outlet plug dan power plug berikut ini :

1. Tipe A

Stop Kontak Tipe A
Gambar Stop Kontak Tipe A (Infopromodiskon)

Ciri – ciri dari tipe A adalah menggunakan 2 buah pin yang berbentuk kotak dan pipih. Tipe A ini tidak terdapat grounding dan tegangan dari tipe ini berkisar 100 V hingga 127 V. Negara yang menggunakan tipe A antara lain USA, Canada, Mexico dan Jepang.

2. Tipe B

Stop Kontak Tipe B
Gambar Stop Kontak Tipe B (Infopromodiskon)

Ciri – ciri dari tipe B terdapat 3 buah pinyang tersusun secara segitiga. 2 pin diantaranya berbentuk persegi panjang dan pipih. Sedangkan untuk groundingnya berbentuk bulat. Ukuran tegangan dari tipe ini ialah 100 V – 127 V. Untuk negara yang menggunakan tipe B adalah USA, CAnada, Mexico dan Jepang.

3. Tipe C

Stop Kontak Tipe C
Gambar Stop Kontak Tipe C (Infopromodiskon)

Untuk tipe mempunyai 2 buah pin yang berbentuk bulat. Ukuran tegangan dari tipe ini adalah 220 V dan 240 V. Negara yang menggunakan tipe ini adalah beberapa negara di Eropa, Amerika Selatan, Turki, Asia ( termasuk Indonesia dan Korea ).

4. Tipe D

Stop Kontak Tipe D
Gambar Stop Kontak Tipe D (Infopromodiskon)

Sedangkan tipe D mempunyai 3 buah pin yang tersusun secara segitiga. Bentuk dari ketiga buah pin bulat. Untuk grounding yang terdapat di tengah mempunyai ukuran yang lebih besar. Negara yang menggunakan tipe ini adalah India. Tegangan dari tipe ini antara 220 V – 240 V.

5. Tipe E

Stop Kontak Tipe E
Gambar Stop Kontak Tipe E (Infopromodiskon)

Tipe E ini terdapat 2 buah pin pada power plug yang berbentuk bulat. Sedangkan untuk groundingnya terdapat pada outlet plug, tepatnya di bagian atas. Bentuk dari groundung juga bulat seperti pin yang lain. Negara pengguna tipe E adalah Perancis, Belgia, Polandia, Slovakia, Republik Ceko. Tegangan dari tipe E adalah 220 V – 240 V.

6. Tipe F

Stop Kontak Tipe F
Gambar Stop Kontak Tipe F (Infopromodiskon)

Stop kontak listrik tipe F juga mempunyai 2 pin dan satu groundging. Pin dari tipe ini berbentuk bulat. Untuk groundingnya terdapat di outlet plug, sama seperti tipe E. Hanya saja letak dari grounding terdapat di bagian tengah. Ukuran tegangan dari tipe F antara 220 V – 240 V. Tipe ini digunakan di negara – negara Eropa seperti Rusia.

7. Tipe G

Stop Kontak Tipe G
Gambar Stop Kontak Tipe G (Infopromodiskon)

Tipe G ini terdapat 3 buah pin yang berbentuk kotak dan pipih. Susunan dari pin berbentuk segitiga. Ukuran tegangannya berkisar 220 V – 240 V. Tipe G digunakan di negara Inggris Raya, Irlandia, Malta, Singapure, Malaysia.

8. Tipe H

Stop Kontak Tipe H
Gambar Stop Kontak Tipe H (Infopromodiskon)

Tipe H memiliki 3 buah pin, ketiganya berbentuk bulat dan tersusun secara segitiga. Stop contact tipe H yang digunakan di negar Israel mempunyai tegangan 220 V – 240 V.

9. Tipe I

Stop Kontak Tipe I
Gambar Stop Kontak Tipe I (Infopromodiskon)

Stop kontak tipe I mempunyai 2 jenis, yaitu 2 pin dan 3 pin. Keduanya pun tidak ada pengaruh sama sekali. Tipe ini, berbentuk kotak dan pipih. Untuk Tipe H 3 pin terdapat sebuah grounding yang mempunyai bentuk yang sama. Negara yang menggunakan tipe ini adalah China, Australia dan Selandia Baru.

10. Tipe J

Stop Kontak Tipe J
Gambar Stop Kontak Tipe J (Infopromodiskon)

Untuk tipe J mempunyai 3 buah pin yang berbentuk bulat serta tersusun secara segitiga. Untuk groundingnya mempunyai bentuk dan ukuran yang sama dengan pin lainnya.  Tipr J yang digunakan di Switzerland mempunyai tegangan 220 V hingga 240 V.

Dari banyakya tipe dari stop kontak tadi, Indonesia hanya menggunakan dua diantaranya. Berikut ini telah kami rangkum daftar harga stop kontak yang ada dipasaran.

Stop Kontak Broco Tanam Seri Galleo 3pcsRp72.000

Daftar Harga Stop Kontak Terbaru

Nama BarangHarga Dalam Rp
Stop Kontak Broco Tempel seri NewgeeRp15.000
Stop Kontak Broco Tanam seri NewgeeRp13.000
Stop Kontak Broco Gantung ArdeRp20.000
Stop Kontak Broco Tanam Seri GracioRp15.600
Stop Kontak Broco T ArdeRp27.500
Stop Kontak Broco Tanam seri GalleoRp25.000
Stop Kontak Broco Tanam seri PlanoRp32.500
Stop Kontak Broco Terminal 2 lubang seri NewgeeRp31.000
Stop Kontak Broco Tanam Gabungan seri NewgeeRp35.000
Stop Kontak Broco Tempel Gabungan Seri NewgeeRp34.000
Stop Kontak Broco Terminal 3 Lubang Seri New GeeRp37.000
Stop Kontak Broco Tempel seri AtlanticRp35.000
Stop Kontak Broco Terminal Tempel 4 Lubang Seri New GeeRp65.000
Stop Kontak Broco Terminal 4 Lubang Seri New GeeRp40.000
Stop Kontak Broco Tanam seri Newgee 3pcsRp71.000
Stop Kontak Broco Tanam Gabung seri Newgee 2pcsRp67.000
Stop Kontak Broco T Arde 3pcsRp74.500
Stop Kontak Broco Tanam Seri Galleo 4pcsRp92.000
Stop Kontak Broco Terminal Tempel 5 Lubang Switch Seri New GeeRp83.000
Stop Kontak Broco Tempel Seri New Gee 5pcsRp105.000
Stop Kontak Broco Tanam Gabungan Seri New Gee 3pcsRp98.000
Stop Kontak Broco Tanam Gabungan Seri New Gee 4pcsRp125.000
Stop Kontak Broco Tempel Seri New Gee 6pcsRp119.000
Stop Kontak Broco Tanam Seri Galleo 8pcsRp168.000
Stop Kontak Broco Tanam Seri Galleo 6pcsRp132.000
Stop Kontak Broco Tanam Gabungan Seri New Gee 8pcsRp220.000
Stop Kontak Broco Tanam Gabungan Seri New Gee 6pcsRp177.000

Cara Memilih Terminal Listrik Atau Stop Kontak Yang baik

Power strip atau terminal listrik adalah sebuah outlet plug yang mempunyai lebih dari satu socket. Fungsi utama dari terminal listrik untuk memperbanyak kemungkinan alat – alat elektronik yang terhubung dalam sebuah outlet plug yang berhubungan langsung dengan instalasi listrik.

Maka dari itu sebaiknya pilih power strip terbaik supaya tidak terjadi konsleting. Inilah tips memilih power strip atau outlet plug yang baik dan benar :

1. Periksa terlebih dahulu jumlah dan jarak antara socket

Jika power strip hanya untuk kebutuhan rumah tangga, sebaiknya memilih jumlah socket sedikit. Jika untuk keperluan bisnis pilih yang mempunyai 6 socket atau lebih. Sedangkan jarak antar socketnya bisa menyesuaikan dengan bentuk dari power plug.

2. Pilih yang terdapat USB port

Kelebihan dari power strip yang mempunyai usb port adalah lebih menghemat tempat dan socket lainnya bisa digunakan untuk peralatan elektronik lainnya.

3. Pilih power strip yang mempunyai fungsi lock

Power strip yang mempunyai fungsi lock hanya untuk alat elektronik tertentu, seperti TV, kulkas dan dispenser. Peralatan elektronik tersebut mempunyai kesensitifan yang membuat harus tertancap pada instalasi dalam waktu yang lama.

Dengan menggunakan fungsi lock, tidak mudah untuk tercabut dan aman bagi alat elektronik tersebut. Sehingga penggunaannya akan semakin aman.

4. Mempunyai fitur tunder guard

Fitur ini mempunyai kelebihan ketika musim penghujan yang sering disertai petir. Sedangakan alat elektronik mempunyai sifat yang mudah terbakar. Jika dilengkapi dengan tunder guard, akan meminimalisir terjadinya sambaran petir.

5. Mempunyai fitur dust proof dan water proof

Kondisi tropis menyebabkan polusi debu berterbangan di semua sudut tempat. Ciri – ciri dari fitur dust proff adalah mempunyai penutup otomatis, penutup tersebut akan menutup dengan sedirinya ketika tidak ada steker yang menempel.

Oleh karena itu dengan fitur dust prof akan membuat power strip lebih tahan lama dan selalu bersih. Sedangkan untuk water proof akan mencegah terjadinya konsleting akibat terkena air.

6. Mempunyai tombol power

Power strip yang dilengkapi tombol power akan menghemat kebutuhan listrik. Jika tidak digunakan sebaiknya power strip dimatikan.

7. Pilih brand atau merk terbaik

Brand atau merk dari alat instalasi listrik akan mempengaruhi kualitas. Untuk brand outlet plug terbaik adalah stop kontak broco. Walaupun harganya di bawah brand instalasi listrik internasional, namun kualitasnya tidak kalah dengan brand ternama lainnya.

8. Mempunyai fitur timer

Inovasi terbaru dalam bidang instalasi listrik adalah stop kontak timer. Kelebihan dari stop contact timer jauh lebih aman dan hemat. Inovasi ini adalah sebuah alternatif sensor pada alat elektronik, seperti lampu. Dengan adanya fitur timer dapat diatur kapanpun sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk yang mempunyai daya ingat lemah atau pelupa. Terkadang membiarkan ponsel menancap semalaman yang menyebabkan baterai drop.

Dengan adanya timer tidak perlu khawatir jika lupa mematikan alat elektronik. Fitur timer dapat digunakan untuk semua alat elektronik seperti charger ponsel, adaptor laptop, lampu, kipas angin dan lain – lain.

Itulah referensi dalam memilih stop kontak yang baik dan benar. Harga bukanlah suatu standar untuk menentukan kualitas, namun fitur juga menjadi pertimbangan utama dalam memilih.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp13000 to Rp220000


Stop Kontak Broco

Stop kontak Broco merupakan stop kontak dengan kualitas yang sangat awet. Merk Broco ini sangat diminati terutama untuk instalasi rumahan. Harga stop kontak Broco sangat terjangkau itulah yang menjadi alasan stop kontak ini sangat terkenal. Paling murah, stop kontak Broco memiliki harga 13.000 rupiah sedangkan yang paling mahal dapat mencapai 200.000 rupiah