Harga Telur Ayam

Telur Ayam tentu mudah ditemukan di Indonesia. Telur yang kaya akan nutrisi bagi tubuh membuat makanan ini selalu diburu oleh banyak orang. Namun banyak orang yang tidak tahu menahu mengenai telur ayam itu sendiri.

Telur ayam yang biasanya disajikan dalam bentuk telur goreng ini pun bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan lain sehingga menghasilkan masakan telur ayam yang berbeda. Nah berikut ini ulasan mengenai telur ayam yang perlu anda ketahui.

Jenis-Jenis Telur Ayam

Telur Ayam tentu sangat mudah untuk ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Protein tinggi yang terdapat dalam kandungannya membuat telur ayam banyak digemari.

Selain menjadi bahan dasar membuat kue, tentu telur ayam menjadi pilihan tepat menjadi menu masakan super enak. Sebelum mencoba masakan telur ayam berikut, anda perlu mengetahui macam-macam telur ayam.

1. Telur Konvensional

gambar telur konvensional
gambar telur konvensional (Jualo.com)

Salah satu macam telur ayam yang sering Anda jumpai yaitu telur ayam broiler. Jenis telur ini sering Anda temukan di supermarket.

Baca juga: Harga Ayam Broiler

Ayam-ayam petelor biasanya dipelihara di kandang atau di rumah yang tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ayam-ayam tersebut diberi makan biji-bijian yang mengandung vitamin dan mineral. Ayam-ayam juga diberikan antibiotik untuk pertahanan tubuhnya.

2. Telur Organik

gambar telur organik
gambar telur organik (Jogjaplaza.id)

Apa Itu Telur Ayam Organik? Telur ayam organik yaitu telur ayam yang dihasilkan oleh ayam yang tidak mendapatkan antibiotik. Dapat diartikan bahwa ayam-ayam tersebut tidak mendapatkan hormon tambahan. Ayam tersebutlebih baikdiberi makanan organik dan mempunyai akses terbatas untuk berada di alam terbuka.

3. Telur Ayam Kampung

gambar telur ayam kampung
gambar telur ayam kampung (Bukalapak)

Telur ayam kampung yaitu telur yang dihasilkan oleh ayam yang bisa bera dadi alam terbuka dan mencari makanannya sendiri. Makanan tersebut biasanya berupa serangga dan tanaman alami.

Baca juga: Harga Ayam Mutiara

Sesuai dengan namanya, telur ayam ini bisa dengan mudah ditemukan pada daerah perkampungan atau pedesaan. Karena lingkungan gerak ayam akan jauh lebih leluasa dan masih banyak serangga dan tanaman alami yang tumbuh disana.

4. Telur Omega-3

gambar telur omega 3
gambar telur omega 3 (abraham-maslow.com)

Telur omega-3 sebenarnya hampir mirip dengan telur ayam konvensiaonal. Perbedaan dari keduanya yaitu kandungan makanan yang diberikan ketika dalam pemeliharaan.

Ayam-ayam ini diberikan makanan yang mengandung omega-3. Omega-3 bisa didapatkan pada biji rami. Selain itu, ayam-ayam ini juga mempunyai kesempatan lebih bisa untuk berada dikehidupan luar dibandingkan dengan ayam konvensional.

Daftar Harga Telur Ayam Terbaru 2019

DaerahHarga

Harga Telur Ayam di Jawa Timur (Jatim)

BanyuwangiRp18.300/kg
BlitarRp18.000/kg
BondowosoRp18.500/kg
JemberRp18.000/kg
JombangRp18.500/kg
KediriRp18.200/kg
LumajangRp18.700/kg
MadiunRp18.500/kg
MaduraRp19.000/kg
MagetanRp18.500/kg
MalangRp18.700/kg
PacitanRp18.600/kg
PareRp18.200/kg
PasuruanRp18.600/kg
PonorogoRp18.400/kg
SurabayaRp18.700/kg

Harga Telur Ayam di Jawa Barat

BandungRp19.700/kg
BogorRp19.800/kg
CiamisRp19.200/kg
CianjurRp19.500/kg
CirebonRp19.500/kg
KuninganRp19.200/kg
SukabumiRp19.700/kg
TasikmalayaRp19.400/kg

Harga Telur Ayam di Jakarta / Banten

JakartaRp19.800/kg
SerangRp19.500/kg
TangerangRp19.800/kg

Harga Telur Ayam di Kalimantan Selatan (Kalsel)

BanjarmasinRp21.500/kg

Harga Telur Ayam di Kalimantan Timur

BalikpapanRp22.500/kg

Harga Telur Ayam di Sulawesi Selatan (Sulsel)

MakassarRp38.400/rak

Harga Telur Ayam di Bali

DenpasarRp19.200/kg

Harga Telur Ayam di Lampung

Bandar LampungRp19.000/kg

Harga Telur Ayam di Jawa Tengah / DIY

CepuRp18.600/kg
KendalRp18.800/kg
KlatenRp19.600/kg
KudusRp19.500/kg
MagelangRp19.300/kg
PatiRp20.000/kg
PekalonganRp19.300/kg
PurwokertoRp19.400/kg
SalatigaRp19.000/kg
SemarangRp19.000/kg
SoloRp18.700/kg
YogyakartaRp19.400/kg

Contoh Makanan Olahan Telur

Seletah Anda mengetahui jenis-jenis dari telur ayam, berikut ini beberapa masakan simpel dengan rasa yang super enak. Anda sebagai ibu rumah tangga tentu perlu mencoba masakan-masakan berikut ini.

1. Telur Crispy Kriuk

gambar telur krispi enak
gambar telur krispi enak (baturajaradio.com)

Makanan Olahan Telur Ayam pertama yang bisa anda coba yaitu telur crispy kriuk. Masakan ini sangat mudah dan enak. Selain bisa disantap sebagai lauk makan, telur crispy juga bisa sebagai teman mengerjakan tugas atau nonton film. Bahan yang perlu disiapkan yaitu dua butir telur, satu bungkus tepung bumbu, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya yaitu dengan mengocok telur yang sudah dicampuri dengan garam secukupnya. Setelah tercampur rata, goreng kocokan telur tersebut pada teflon yang sudah dipanaskan. Setelah matang, gorengan telur tersebut diiris tipis-tipis.

Jangan lupa siapkan tepung bumbu yang sudah dicampur dengan air dingin atau air es secukupnya. Kemudian balurkan gorengan telur tersebut dengan adonan tepung yang sudah disiapkan. Terakhir yaitu goreng telur yang sudah dibalurkan tepung bumbu kemudian tiriskan. Telur Crispy Kriuk siap jadi santapan Anda.

2. Telur Kukus

gambar telur kukus
gambar telur kukus (cookpad.com)

Telur Kukus ini menjadi salah satu makanan favorit yang menyehatkan. Telur kukus tentu akan terhindar dari lemak minyak jahat. Mengkonsumsinya pun juga bisa ditambahkan dengan sayuran kesukaan. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 2 butir telur ayam, 3 kotak tahu putih, garam secukupnya dan 2 batang daun bawang yang sudah diiris halus. Tidak ketinggalan yaitu sebatang wortel yang sudah diiris tipis juga.

Baca juga: Harga Ayam Serama

Cara membuatnya sangat mudah yaitu rebus tahu kira-kira 5 menit lamanya. Kemudian tiriskan dan haluskan tahu menggunakan sendok. Setelah tahu menjadi halus, campurkanlah dengan telur, daun bawang halus, dan irisan wortel. Jangan lupa menambahkan garam secukupnya.

Setelah adonan tercampur rata, Anda bisa menaruh adonan di cetakan yang Anda inginkan.. Kemudian kukus adonan dalam cetakan kurang lebih 15 menit saja. Setelah itu, keluarkan adonan yang sudah dikukus tersebut. Nah, telur kukus favorit Anda siap dihidangkan.

3. Telur Dadar Gulung

gambar telur dadar gulung
gambar telur dadar gulung (rumahmesin.com)

Telur dadar gulung tentu menjadi makanan olahan telur yang tidak boleh dilewatkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 2 butir telur ayam, 2 batang daun bawang yang sudah diiris halus, 1 batang wortel yang dipotong dadu-dadu dan tidak boleh ketinggalan yaitu garam serta merica secukupnya.

Cara membuat telur dadar gulung sangat mudah yaitu kocok telur ayam yang dicampur dengan irisan daun bawang, wortel dan garam secukupnya. Setelah tercampur rata, panaskan teflon terlebih dahulu. Nah, tuangkan adonan telur tersebut sedikit demi sedikit.

Setelah telur mulai agak matang, lipat telur dan sisakan pada bagian ujung telur. Kemudian tuangkan lagi sisa adonan yang tersisa. Lakukan lipatan beberapa kali kemudian. Setelah telur sudah matang, anda bisa meniriskannya dan memotong sesuai selera. Telur Dadar Gulung siap untuk disantap.

4. Kentang Goreng Telur Ceplok

gambar kentang goreng telur ceplok
gambar kentang goreng telur ceplok (cookpad.com)

Kentang Goreng Telur Ceplok bisa menjadi hidangan sarapan pagi Anda. Cara membuatnya pun sangat simpel. Tentu Anda akan mudah dalam membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 3 butir telur ayam, 2 buah kentang segar, 2 buah wortel, sebatang daun bawang dan tidak boleh ketinggalan yaitu merica serta garam secukupnya. Anda pun bisa mengkreasikan olahan makanan ini dengan tambahan makanan lainnya.

Harga Telur Ayam tentu bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Meskipun terkadang harga telur ayam melonjak jauh. Nah, dengan mengolah masakan yang membutuhkan telur sedikit tentu akan lebih irit yang bisa menghemat pengeluaran Anda.

Baca juga: Harga Ayam Kalkun

Cara membuat kentang goreng telur ceplok yaitu parut kentang dan wortel secara memanjang dengan menggunakan parutan keju. Kemudian rebus selama 5 menitan. Potongan daun bawang hingga halus. Kemudian campurkan parutan kentang dan wortel yang sudah di rebus, daun bawang dengan satu butir telur.

Jika sudah tercampur, tambahkan garam merica kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, goreng adonan tersebut menggunakan teflon. Anda bisa membuat adonan berbentuk seperti donat.

5. Sandwich Telur Mayo

gambar telur sandwich
gambar telur sandwich (Tribunnews.com)

Sandwich Telur Mayo juga bisa menjadi teman sarapan anda. Selain mudah membuatnya, makanan ini juga lezat dan prakatis dibwa kemana-mana. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu cukup 2 buah telur ayam rebus, 1 bungkus roti tawar, 1 bungkus keju slice, 3 sendok makan mentega dan 1 sachet mayonaise. Mayonaise yang disajikan bisa sesuai selera yaitu yang biasa atau yang pedas.

Cara membuat Sandwich Telur Mayo yaitu dengan cara menghancurkan telur yang sudah direbus menggunakan garpu. Kemudian campurkan telur yang sudah dihancurkan tersebut dengan mayonaise sesuai selera.

Aduk hingga kedua bahan ini tercampur rata. Selanjutnya oleskan roti tawar kupas dengan mentega. Lalu isi roti tawar tersebut dengan telur mayo dan keju slice. Lakukan hal tersebut hingga berlapis-lapis sesuai selera. Kemudian potong roti yang sudah diisi menjadi dua bagian. Nah, sandwich telur mayo siap dihidangkan.

Cara Menyimpan Telur Supaya Awet dan Nutrisinya Tetap Terjaga

Setelah mengetahui jenis-jenis telur dan olahan makanannya, anda perlu mengetahui bagaimana caranya agar telur ayam yang anda dapatkan bisa tahan lama alias awet.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar telur ayam tetap awet. Sebelum menyimpan telur ayam, pastikan Anda juga mengetahui Ciri Ciri Telur Ayam Yang Baik.  Berikut ini beberapa tips telur ayam bisa awet, tidak mudah membusuk, dan nutrisinya terjaga.

1. Beli Telur yang Masih Baru

gambar telur masih fresh
gambar telur masih fresh (stockland.com.au)

Ketika Anda membeli telur, Anda harus memastikan bahwa keadaan telur dalam keadaan utuh atau baru. Jika anda membeli di supermarket, biasanya sudah ada label kadaluarsanya.

Namun jika anda membelinya di warung, biasanya tidak ada label kadaluarsanya. Untuk mengantisipasi terjadinya pembusukan telur, sebaiknya anda menyimpan telur tidak lebih dari satu bulan.

2. Cuci Cangkang dari Telur dari Kotoran

cuci cangkang telur
cuci cangkang telur (Liputan6.com)

Jika anda selesai membeli telur, sebaiknya anda tidak langsung memasukkannya kedalam kulkas. Karena tidak semua penjual membersihkan cangkang telur dari kotorannya. Hal yang harus anda lakukan yaitu membersihkannya atau mencucinya terlebih dahulu.

Baca juga: Harga Ayam Petelur

Karena kotoran yang menempel pada cangkang mengandung bakteri yang tentu akan mengkontaminasi telur tersebut. Setelah dicuci, gunakan lap kering dan bersih untuk mengerinkan telur tersebut. Nah, setelah itu baru anda memasukkannnya kedalam kulkas.

3. Simpan Telur dalam Karton

Cara Menyimpan Telur Supaya Awet yang selanjutnya yaitu setelah telur dibersihikan, telur langsung dimasukkan kedalam tray yang khusu untuk kulkas atau dus. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya benturan pada setiap teler yang bisa mengakibatkan kerusakan.

Selain itu, dengan adanya bantuan tray atau karton ini mampu membantu sirkulasi udara pada setiap telur dan menyerap kelembapan. Sehingga telur menjadi lebih tahan lama

4. Hindari Penyimpanan Telur di Pintu Kulkas

simpan telur dalam kulkas
simpan telur dalam kulkas (Sooperboy.com)

Meskipun pada pintu kulkas terdapat rak khusus telur, tetapi rak tersebut sebenarnya tidak bagus untuk digunakan. Sebaiknya menyimpan telur didalam kulkas agar telur bisa terkena dinginnya kulkas secara langsung.

Telur yang ditaruh di pintu kulkas, tentu tidak suhu yang teratur. Telur yang mendapatkan suhu dibawah 20 derajat celcius akan terbebas dari bakteri yang mampu membahayakan tubuh kita.

5. Jangan Menyimpan Telur Berbulan-bulan

Tujuan masyarakat menyimpan telur didalam kulkas tentu bertujuan agar telur bisa disimpan berbulan-bulan. Tetapi  hal tersebut juga tidak baik ketika menyimpan telur ayam terlalu lama meskipun didalam kulkas atau lemari es.

Sebaiknya ketika anda menyimpan telur, segeralah untuk mengkonsumsiyna. Mengkonsumsi telur maksimalnya yaitu dengan waktu 2-3 minggu setelah tanggal pembelian.

6. Posisi dalam Menyimpan Telur

Posisi telur ketika menyimpannya pun juga perlu diperhatikan. Masyarakat biasanya tidak memperhatikan hal yang satu ini. Posisi terbaik dalam menyimpan telur yaitu bagian runcing telur diletakkan pada bagian bawah. Hal tersebut berguna untuk menjaga kantong udara yang ada di bagian tumpul telur.

Jika kantong udara berada diposisi bawah, maka isi telur akan mendesak kantong udara sehingga menyebabkan kerusakan kualitas telur. Banyak dari kita yang tidak mengetahui tentang posisi tersebut sehingga menaruh telur pun biasanya bagian runcing telur palah ditaruh dibagian bawah.

7. Jangan Simpan Telur Dekat dengan Makanan yang Aromanya Menyengat

simpan telur jauh dari bau
simpan telur jauh dari bau (Popmama.com)

Meskipun cangkang telur cukup kuat untuk melindungi isi didalamnya, namun cangkang telur terdapat pori-pori yang memungkinkan bakteri masuk kedalamnya.Jika bakteri masuk kedalam isi telur, tentu Manfaat Telur Ayam akan berkurang bahkan bisa hilang.

Baca juga: Harga Ayam Kate

Menaruh telur didekat makanan yang menyengat mampu mengontaminasi telur. Makanan yang mempunyai aroma menyengat misalnya ikan asin, terasi, petai, dan durian. Nah, hindari telur dari makanan-makanan tersebut.

Telur Ayam terdiri dari beberapa jenis. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis tersebut untuk dikonsumsi. Selain kandungan telur yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, telur ayam juga lezat untuk dikonsumsi. Anda bisa mengaplikasikannya dengan beberapa jenis makanan lain.

Sehingga masakan Anda akan semakin nikmat. Karena Anda tidak pernah lepas dari persediaan telur ayam, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal untuk menyimpan telur dengan tepat. Agar kandungan dari telur ayam tetap terjaga dan tidak mengalami pembusukan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar