Harga Tiket Kebun Binatang Bandung

Pernah ke Bandung? Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang paling populer satu ini yaitu Kebun Binatang Bandung.

Kebun Binatang ini merupakan salah satu objek wisata terbaik yang terdapat di Bandung, Jawa Barat. Selain menjadi tempat rekreasi keluarga, objek wisata ini juga merupakan pusat cagar pelestarian dan perlindungan kekayaan alam yang terbesar di daerah Bandung.

Objek wisata ini terletak berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu berada di jalan Kebun Binatang Nomor 6 Taman Sari, Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga saat berada di Bandung.

kebun-binatang-bandung
Gambar Logo Kebun Binatang Bandung – Bandung Zoo

Bagi Anda yang ingin mengajak anak-anaknya berwisata sambil belajar, maka tempat ini menjadi salah satu rekomendasi yang sangat tepat. Selain berwisata, Anda juga bisa mengenalkan kepada anak Anda tentang berbagai macam hewan yang berada disana. Bagaimana, sangat seru sekali bukan?

Anda tidak perlu khawatir, karena lokasi objek wisata ini sangat mudah sekali di akses dengan berbagai alat transportasi mulai dari mobil, motor, hingga kendaraan umum seperti bus, angkutan umum, dan taksi.

Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke tempat wisata ini, simak terlebih dahulu beberapa informasi terkait dengan Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat.

Sejarah Bandung Zoo

Sejarah Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya didirikan oleh sebuah komunitas penyayang binatang yang bernama Bandung Zoological Park (BZP) tepatnya pada tahun 1930.

Pada tahun 1993 di mulailah pembangunan sarana dan prasarana di Kebun Binatang yang disahkan melalui surat keputusan nomor 32 oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda.

Namun pada masa pendudukan tentara Jepang di Bandung, objek wisata ini tidak terkelola dengan baik. Pada tahun 1948 ketika tentara Jepang pergi setelah mengalami kekalahan pada masa Perang Dunia ke-2, Kebun Binatang mulai dilakukan perbaikan kembali untuk mengembalikan fungsi dari tempat wisata seperti semula.

Perlu diketahui bahwa Kebun Binatang yang ada di Bandung ini memiliki luas kurang lebih sekitar 14 hektare dan berada di daerah dataran tinggi Bandung.

Selain menikmati pemandangan alam, objek wisata ini juga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat wisata Konservasi Alam dan Satwa, karena memiliki berbagai macam koleksi satwa dan cagar alam.

Berikut ini tabel harga tiket masuk ke wisata bandung zoo:

Biaya Masuk Kebun Binatang Bandung

Jenis TiketHarga
Sendiri (Dewasa dan Anak-anak)Rp40.000
Rombongan (Minimal 30 Orang)Rp32.500
Anak Dibawah 3 TahunGratis

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tempat wisata yang murah dan terjangkau, tempat wisata yang satu ini bisa Anda jadikan rekomendasi pilihan. Para pengunjung yang datang ke objek wisata ini harus membayar tiket masuk Kebun Binatang Bandung terlebih dahulu yaitu sebesar Rp 40.000 per orang.

Jika Anda datang rombongan minimal 30 orang maka Anda akan mendapat potongan harga menjadi Rp 32.500 per orang. Sedangkan untuk pengunjung anak-anak yang berusia dibawah 3 tahun tidak perlu membayar atau gratis.

tiket-kebun-binatang-bandung
Gambar Tiket Box – Kebun Binatang Bandung

Jam operasional atau jam buka kebun binatang Bandung yaitu dibuka setiap hari dari hari Senin sampai hari Minggu mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Jadi pastikan untuk datang sesuai jam operasionalnya ya!

Akses/Rute Menuju Kebun Binatang Bandung

Seperti yang diketahui bahwa alamat kebun binatang Bandung yaitu berada di yaitu berada di jalan Kebun Binatang Nomor 6 Taman Sari Jawa Barat atau berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, baik dari arah barat ataupun timur, Anda bisa mengambil Akses/Rute Menuju Kebun Binatang Bandung menuju arah toll Pasteur.

Setelah itu Anda hanya perlu mengambil arah ke jalan yang menuju Baros Cimahi. Selanjutnya, lurus terus sampai menemukan perempatan lampu merah terus luru hingga tiba di Flyover Pasupati.

Namun sebaiknya Anda jangan mengambil ruas jalan ke kiri atau turun ke bawah, tetapi pilih jalan naik melewati Flyover Pasupati tersebut.

Setelah kurang lebih 15 menit perjalanan menyusuri Jembatan Layang Pasupati, kendaraan Anda akan keluar menuju arah Tamansari untuk menuju ke lokasi Kebun Binatang.

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan menemukan lokasinya, Anda bisa mengakses rute tercepat melalui Aplikasi Google Maps yang tersedia pada ponsel Anda.

Cukup ketikkan nama objek wisata pada kolom pencarian, maka navigasi akan langsung menunjukkan rute terbaik yang bisa Anda tempuh.

Fasilitas Kebun Binatang Bandung

Jika Anda mengunjungi kawasan wisata Kebun Binatang yang ada di Bandung ini ada banyak fasilitas Kebun Binatang Bandung yang bisa Anda nikmati.  Selain bisa melihat dan bermain dengan berbagai jenis hewan yang ada di dalamnya, Anda juga bisa  menikmati beberapa fasilitas seperti Flying Fox, Taman Bemain, Panggung seni, Kolam Perahu, dan masih banyak lagi.

Fasilitas taman bermain di sini hanya dikhususkan untuk anak-anak saja yang berisi wahana seperti ayunan, dan istana balon. Fasilitas kedua adalah flying fox, yang bisa Anda coba jika memiliki phobia terhadap ketinggian. Selanjutnya ada fasilitas kolam perahu yang terdapat di danau.

Fasilitas yang satu ini akan mengajak Anda mengelilingi danau yang ada di Kebun Binatang dengan menggunakan perahu.

Selain itu, disana Anda juga dapat menemukan sebuah pulau kecil buatan yang berada di tengah danau. Perlu diketahui bahwa fasilitas Kolam perahu ini merupakan fasilitas favorit yang selalu dikunjungi oleh para pengunjung yang datang kesana.

Hewan-Hewan Kebun Binatang Bandung

Seperti yang diketahui bahwa objek wisata ini tidak hanya berfungsi sebagai cagar marga satwa saja, namun objek wisata Kebun Binatang ini juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai cagar pelestarian alam.

Sehingga jika Anda berkunjung ke kebun binatang ini, Anda bisa melihat dan mengenal berbagai macam jenis hewan-hewan Kebun Binatang Bandung mulai yang bisa dijumpai secara bebas hingga satwa langka dan dilindungi.

Perlu diketahui bahwa Kebun Binatang ini memiliki koleksi satwa yang berjumlah sekitar 213 jenis satwa yang mana 79 jenis satwa tersebut merupakan satwa langka dan dilindungi.

Selain melihat koleksi satwa yang tersedia, disana Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan atau suasana alam hutan lindung yang begitu sejuk dan teduh.

kebun-binatang-bandung-zoo
Gambar Pintu Masuk Kebun Binatang Bandung

Sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata ini karena merasa nyaman saat berada disana.

Demikian tadi sedikit informasi tentang objek wisata Kebun Binatang Bandung. Bagi Anda yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali hotel/penginapan dekat kebun binatang bandung yang bisa Anda gunakan sebagai tempat menginap selama berada di bandung.

Kebun binatang ini memang sudah dijadikan sebagai tempat berlibur dan belajar favorit bersama keluarga. Selain untuk mengisi waktu liburan, Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan mengenai berbagai macam satwa dan tumbuhan yang tersedia di kebun binatang tersebut. Untuk info update seputar bandung zoo bisa dikunjungi di situs resminya yaitu http://www.bandung-zoo.com.

Semoga informasi harga tiket kebun binatang bandung diatas dapat menginspirasi dan membantu Anda dalam mencari referensi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama kelurga tercinta.

Originally posted 2018-10-27 17:26:23.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar