Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang ada di Bogor tepatnya di samping Istana Bogor. Kebun ini mengawali perkembangan ilmu pengetahuan khususnya botani di Indonesia.

Dengan adanya kebun ini muncullah beberapa institusi ilmu pengetahuan lain. Diantaranya adalah Bibliotheca Bogoriensis ( 1842 ), Herbarium Bogoriense ( 1844 ), Kebun Raya Cibodas ( 1860 ), Laboratorium Treub ( 1884 ) dan Museum dan Laboratorium Zoologi ( 1894 ).

Lokasi ini tak hanya menjadi tempat wisata saja melainkan juga sebagai museum botani yang menyimpan beragam spesies dari Sabang sampai Marauke.

Tak heran jika tempat wisata ini sering dikunjungi pelajar dan mahasiswa yang ingin menggali ilmu lebih dalam di dunia botani. Harga Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor pun sangat terjangkau.

Pintu-Masuk-Kebun-Raya-Bogor
Gambar Kebun Raya Bogor – Pintu Masuk (foresteract.com)

Sejarah Kebun Raya Bogor

Sejarah tempat ini awalnya adalah sebuah taman buatan yang telah ada pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Di tahun 1800-an Gubernur Jenderal pada saat itu Thomas Stamford Raffles yang tinggal di istana Bogor berniat membuat sebuah kebun yang cantik di halaman istananya.

Kala itu ia memanggil para ahli botani yang juga membuat Kew Garden di London untuk membuat halaman istananya menjadi sebuah taman bergaya Inggris klasik. Bentuk inilah yang menjadi Kebun Raya Bogor saat ini.

Kebun ini secara resmi didirikan pada 18 Mei 1817 oleh Gurbernur Jenderal saat itu G.A.G Phillip Van Der Capellen dengan nama‘s Lands Plantentuin te Buitenzorg. Lahan yang dijadikan kebun meliputi taman buatan serta ditambah lahan sekitar istana seluas 47 hektar.

Tanaman yang ada di kebun itu merupakan kumpulan dari tanaman dan benih dari seluruh Nusantara.  Katalog pertama kebun itu berhasil mencatat 912 spesies tanaman.

Taman-Astrid
Gambar Kebun Raya Bogor – Taman Astrid (Travelingyuk)

Baca juga : Harga Tiket Masuk Taman Matahari

Sebagaimana layaknya sebuah tempat wisata, biaya masuk Kebun Raya Bogor pun diberlakukan menjadi dua. Harga untuk wisatawan lokal berbeda dengan harga tiket untuk wisatawan mancanegara.

Untuk wisatawan lokal harga tiket masuknya sebesar Rp. 15.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan manca negara dikenai biaya sebesar Rp. 25.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk asuransi jiwa. Namun harga tersebut belum termasuk tiket parkir.

Daftar Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Jenis TiketHarga Dalam Rp
Wisatawan LokalRp15.000
Wisatawan MancanegaraRp25.000
Sepeda KelilingRp5.000
Parkir Roda 2Rp5.000
Kendaraan Roda 4 (Keliling)Rp30.000

Alamat Kebun Raya Bogor

Untuk yang berasal dari luar daerah Bogor dan sekitarnya maka bisa mencari alamat Kebun Raya ini di website resmi mereka atau juga bisa mencarinya di mesin pencari. Lokasi ini terletak di Jalan Ir. Haji Djuanda No. 13, Paledang, Bogor, Jawa Barat. Letaknya persis di samping Istana Bogor dan di seberang kampus IPB Bogor.

Posisinya yang cukup startegis ini membuat objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Terlebih saat pemda setempat mulai melakukan beberapa renovasi di wilayah Bogor, membuat di setiap akhir pekan tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang berolahraga pagi mengelilingi kebun ini.

Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Posisi objek wisata ini terletak di pusat kota dekat dengan terminal Barangsiang. Sehingga untuk mencapai lokasi ini tidaklah sulit. Rute menuju Kebun Raya bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Jika dari Jakarta cukup mengambil ke arah jalan tol Jagorawi lalu ambil jalan keluar tol Bogor. Lalu ikuti arah jalan menuju kebun raya.Jika menggunakan KRL maka cari KRL tujuan stasiun Bogor. Sampai di stasiun Bogor bisa langsung memesan ojek online jika ingin lebih cepat sampai.

Namun kalau ingin naik angkutan umum pun bisa. Tak jarang pengunjung pun berjalan kaki dari stasiun Bogor ke kebun raya. Hal ini dikarenakan jarak antara stasiun dan kebun raya hanya sekitar 500 meter.

Kebun Raya Bogor ini merupakan salah satu tempat wisata dan tempat belajar para siswa. Sehingga jam buka Kebun Raya Bogor pun dibuat buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu. Dikarenakan di dalam kawasan kebun raya ini ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi.

Maka berdasarkan kebutuhannya, jam buka di setiap tempat itu berbeda. Misalnya untuk area kebun raya di buka dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Sedangkan untuk perpustakaan buka dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. Lain lagi dengan satu-satunya café yang ada di dalam kawasan kebun ini, Grand Garden Café buka dari pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Jam Buka Wisatawan Kebun Raya Bogor

Jenis TiketHarga
Grand Garden Cafe08.00-21.00 Wib
Herbarium08.00-15.00 Wib
Kebun08.00-16.00 Wib
Layanan Informasi08.00-15.00 Wib
Museum Zoologi08.00-16.00 Wib
Rumah Kaca Anggrek08.00-15.30 Wib
Toko tanaman dan Cinderamata08.00-15.30 Wib
Kantor*07.30-16.00 Wib
Perpustakaan*08.00-15.00 Wib

*Kantor pemerintahan weekend sabtu-minggu tutup, dan buka jam 08:00-15:00. Untuk kebun raya bogor buka setiap hari.

Baca juga: Harga Tiket Jungleland 2018

Wahana Kebun Raya Bogor

Selain banyaknya tanaman yang bisa kita lihat, disini juga terdapat wahana Kebun Raya Bogor. Wahana tersebut tentunya masih berhubungan dengan tanaman dan pendidikan. Seperti yang baru saja diresmikan yaitu Ecodome.

Ecodome adalah sebuah wahana yang menyimpan berbagai tanaman yang disusun secara apik hingga terlihat artistik. Wahana baru ini merupakan hasil kerja sama antara LIPI, Kedutaan Besar Belanda dan Erasmuis Huis dari Philadelphia, Amerika Serikat. Sebagai salah satu wahana baru, tempat ini menjadi incaran para pengunjung.

kebun-raya-bogor
Gambar Kebun Raya Bogor (terkini.id)

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Fasilitas Kebun Raya Bogor itu beragam mulai dari area parkir yang luas, tersedianya toilet hingga mushola. Selain itu fasilitas khusus yang disediakan berupa perpustakaan, museum zoology, laboratorium hingga café di tengah kebun yang rindang. Lengkapnya fasilitas pendidikan ini membuat KRB ini rutin dikunjungi para siswa hingga mahasiswa.

Hotel Dekat Kebun Raya Bogor

Sebagai sebuah tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan maka keberadaan penginapan di sekitar objek wisata sangat diperlukan. Ada beberapa hotel dekat Kebun Raya Bogor. Hotel tersebut ada yang bintang satu hingga bintang lima.

Pengunjung bebas memilih hotel yang diinginkan sesuai dengan budget yang dimilikinya. Banyaknya hotel di sekitar kebun raya tak lepas dari letak kebun raya sendiri yang berada di perkotaan dan dekat dengan istana negara.

Seperti sudah menjadi informasi umum bahwa istana negara sering melakukan jamuan atau acara yang melibatkan para petinggi. Tentu saja tamu undangan istana tersebut tentu butuh hotel tempat menginap. Hal inilah yang menjadikan kebun raya ini pun dikelilingi oleh penginapan.

Baca juga : Harga Tiket Jatim Park

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu saksi bisu perjalanan tumbuh kembangnya kota Bogor. Beberapa pohon disana bahkan berusia ratusan tahun.  Beragamnya keanekaragaman hayati yang terdapat di kebun raya itu menjadikannya salah satu tempat wisata favorit.

Terlebih dengan adanya bunga bangkai yang legendaris itu. Semakin menambah pesona kebun raya sebagai museum besar botani yang ada di Indonesia. Semua ini tak lepas dari kejasama berbagai pihak yang tetap melestarikan dan menjaga beragam spesies tanaman yang ada di sana.

Tanpa kepedulian dari mereka semua serta tanpa adanya kunjungan dari wisatawan tentu membuat kebun raya ini tak bisa tumbuh dan berkembang. Sekarang tugas generasi muda untuk melanjutkan peran serta dalam mejaga kelestarian lingkungan dan beragam spesies tanaman yang ada didalamnya. Contoh paru-paru dunia itu nyata dan KRB adalah salah satunya.

Originally posted 2018-11-01 22:59:54.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar