Harga Tiket Masuk Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan adalah kebun binatang pertama di Jakarta yang dibangun pada tanggal 19 September tahun 1864, dimana pada saat itu Batavia belum berubah naman menjadi Jakarta. Dahulunya Taman Margasatwa ini dinamai dengan “Planten en Dierentuin” dan dikelola oleh himpunan penyayang Flora dan Fauna di Batavia.

Anda yang tinggal di kota Jakarta dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata ini karena memang menjadi tempat favorit bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Bagi anda yang belum pernah mendatangi tempat ini, berikut adalah beberapa informasi tentang taman Margasatwa Ragunan yang bisa anda ketahui.

Sejarah Taman Margasatwa Ragunan

Dahulunya, taman margasatwa ini didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 diatas lahan dengan luas 10 hektare. Lokasinya berada di jalan Cikini Raya 73, dimana lahan tersebut merupakan tanah yang dihibahkan oleh Raden Saleh yang merupakan pelukis terkenal di Indonesia pada masa itu.

Setelah Indonesia terbebas dari penjajah, pada tahun 1949 kebun binatang ini berganti nama dengan Kebun Binatang Cikini. Seiring dengan perkembangan zaman, nama Cikini dirasa tidak relevan dengan perkembangan kota Jakarta dan taman margasatwa lainya.

Hingga pada tahun 1964, Dr. Soemarno selaku gubernur pada masa itu membentuk Badan Persiapan pembangunan Kebun binatang untuk memindahkan dari lokasi awal menuju pasar Minggu Jakarta Selatan.

Perpindahan ini mengusung 450 ekor satwa yang menjadi sisa koleksi terakhir dari kebun bintang tersebut. dalam sejarah ragunan, perpindahan tersebut juga merubah nama kebun binatang Cikini menjadi Taman Margasatwa Ragunan yang dipimpin oleh Benjamin Galstaun.

ragunan
Gambar Ragunan (Menginspirasi.com)

Setelah melalui beberapa perubahan, saat ini kebun binatang Taman Ragunan adalah kebun binatang dimana alamat  Ragunan berada di  pasar minggu dan berisi lebih dari 2.000 ekor satwa.

Selain itu untuk mendukung kehidupan di kebun binatang tersebut juga terdapat lebih dari 5.000 pohon yang menjadikan suasana didalanya menjadi lebih sejuk.

Selain itu, lahan kebun binatang tersebu sudah lebih tertata baik dari bangunan atuapun penataan pohon dan lain sebagainya sehingga sudah berkembang menjadi kebun binatang modern yang menjadi identitas kota Jakarta.

Baca juga: Harga Tiket Trans Studio Bandung

Bicara tentang biaya masuk Ragunan, seperti di tempat wisata lain setiap wisatawan akan dikenakan harga tiket retribuasi atau biaya masuk. Adapun sistem pembayaranya, anda bisa menggunakan kartu JakCak dari bank CKI dimana sema pembayaran seperti parkir dan penggunaan fasilitas usdah menggunakan kartu tersebut.

Untuk mendapatkan kartu tersebut anda bisa membelinya diloket dengan harga Rp 60.000 dan Rp 30.000. untuk menggunakan beberapa fasilits, anda perlu mengisi ulang kartu tersebut sudah digunakan sebagai pembayaran beberapa wahana bermain.

Jika melakukan pembayaran dengan kartu ini, biaya masuk ragunan adalah Rp 4.000 untuk orang dewasa dam RP 3.000 untuk anak-anak.

Biaya Tiket Masuk Ragunan Zoo 2019

Jenis TiketHarga Dalam Rp

Tiket Masuk Pengunjung Ragunan Zoo

Anak-AnakRp3.000/orang
DewasaRp4.000/orang

Biaya Parkir Kendaraan Ragunan Zoo

SepedaRp1.000/hari
Sedan, MinibusRp6.000/hari
Motor atau roda 3Rp3.000/hari
Bus sedang, Truk atau kendaraan sedangRp12.000/hari
Bus besar, Truk besar, atau Kendaraan Besar LainRp15.000/hari

Biaya Sewa Kendaraan dan Hewan Ragunan Zoo

Children’s ZooRp2.500/putaran
Kereta Kebun BinatangRp7.500/putaran
Naik GajahRp7.500/putaran
Naik KudaRp5.000/putaran
Naik UntaRp7.500/putaran
Perahu AngsaRp15.000/putaran
Pertunjukan hewanRp4.000/orang
Pertunjukan kudaRp10.000/putaran
Rakit turRp6.000/putaran
SepedaRp10.000/orang
Sepeda 2 orangRp15.000/sepeda

Biaya Masuk Pusat Primata

Senin-Jumat (Diatas 3 Tahun)Rp6.000/orang
Sabtu-Minggu / Hari libur (Diatas 3 Tahun)Rp7.500/orang

Baca juga: Harga Tiket Atlantis

Fasilitas yang ada di Kebun Binatang Ragunan

Banyak sekali masyarakat  yang beranggapan bahwa berkunjung ke taman wisata hanya cocok untuk anak-anak sehingga mengurangi minat remaja maupun orang tua. Namun perlu anda ketahui bahwa kebun binatang ini juga cocok dikunjugi semua umur karena banyak hal yang dapat dipelajari.

peta-ragunan
Gambar Peta Ragunan (Pinterest.com)

Hal ini memang didukung oleh misi Ragunan yang tidak hanya menjadi taman margasatwa tetapi juga berlaku sebagai balai konversasi, penelitian, pendidikan dan rekreasi alam. Dengan begitu, semua kalangan dapat menikmati informasi dan wahana ragunan yang ada didalamnya.

Kebun binatang Ragunan juga berfungsi sebagai lahan hijau terbuka, paru-paru kota serta daerah resapan air. Dengan kurang lebih 2.000 tanaman dan puluhan ribu batang pohon menjadi fasilitas Ragunan  untuk menyediakan kawasan sehat dan terbebas dari polusi.

Dengan suasana yang seperti hutan tropis, anda bisa berjalan dibawah pohon yang rindang dengan suasana yang sangat dekat dengan alam.

Fasilitas yang juga bisa anda dapatkan disini adalah banyaknya penjual buah langka seperti alkesah, mentang dan lain sebagainya. dengan begitu wisatawan dapat melihat berbagai jenis fauna, sekaligus pulang membawa beberapa jenis buah  langka yang tidak ditemukan ditempat lainya.

Menariknya, ditempat ini anda juga bisa  piknik bersama keluarga dan orang terdekat. jika anda tidak memungkinkan untuk membawa tikar sendiri, tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa  penyedia jasa sewa tikar yang berkeliling.

Anda bisa menikmati  suasana yang segar dibawah pohon dan berdekatan langsung dengan beberapa jenis fauna yang tidak berbahaya. Failitas lain yang bisa anda temukan disini adalah wahana Ragunan untuk  bermain anak, pusat primata Schmuzter, pujasera, masjid dan tentunya toilet dan kamar mandi.

Rute Menuju Taman Margasatwa Ragunan

Bagi anda yang ingin berkunjung ke kebun binatan ini, sangat disarankan untuk menggunakan knedaraan umum saja agar perjalanan anda tidak terlalu lambat karena terkena macet.

Apalagi jika anda berkunjung dihari-hari libur seperti akhir pekan, jalan dikawasan tersebut akan sangat padat. Oleh karenanya anda bisa menggunakan jalur buseway dari dukuh atas menuju Ragunan.

Namun jika anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, rute menuju Ragunan bisa anda lihat melalui google maps. Anda bisa mengikuti jalur yang menurut anda paling mudah dan paling efektif untuk dilewati.

Namun pastikan anda beragkat lebih awal untuk menghindari kemacetan total sehingga menghambat perjalanan berlibur anda.

Jam Buka Ragunan

Selain memperhatikan jalur yang akan anda lewati, anda juga perlu memperhatikan jam buka dan jam tutup yang diberlakukan oleh pihak pengelola kebun binatang. Nah untuk menikmati berbagai fauna didalamnya, jam buka Ragunan ini  mulai dari jam 07.00 pagi hingga pukul 16.00.

Dari kisaran waktu tersebut anda bisa menikmati  berbagai fasilitas dan menggali berbagai informasi yang diberikan oleh pihak pengelola  taman Ragunan.

Namun perlu menjadi catatan anda bahwa ada hari dimana anda tidak bisa mengunjungi kebun binatang Ragunan. Hari tersebut adalah hari senin dimana pada hari itu merupakan hari libur satwa.

Adapun maksud dan tujuan dari libur satwa tersebut adalah agar koleksi hewan didalamnya dapat beristirahat sehingga meskipun banyak pengujung, kondisinya tetap sehat.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Ancol

Selain itu, kehidupan yang nyaman dan sejahtera seperti hidup dialam juga menjadi salah satu misi yang harus diemban oleh pihak pengelolala.

pintu-masuk-ragunan
Gambar Pintu Masuk Barat Ragunan (Wikipedia)

Namun anda tidak perlu khawatir karena taman marga satwa ini tetap dibuka pada hari-hari libur baik akhir pekan maupun hari libur nasional. Hal ini tentu untuk menfasilitasi dimana pada saat tersebut merupakan waktu yang dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bahkan jika hari libur nasional jatuh di hari senin, maka hari libur satwa akan diundur menjadi hari selasa. Bagi anda yang ingin menginap disekitar taman margasatwa ini, anda juga bisa memanfaatkan beberapa hotel dekat Ragunan sebagai tempat bermalam anda.

Ulasan tersebut menggambarkan tentang beberapa sejarah dan kondisi yang berada di kebun binatang marga satwa Ragunan. Untuk mengunjunginya anda bisa langsung menuju jl Harsono RM nomor 1 Ragunan JAKarta selatan.

Anda bisa menikmati liburan yang menambah pengetahuan dan pengalan. Yang pasti anda dapat melihat lebih dari dua ribu jenis satwa baik berasal dari Indonesia maupun manca negara ditambahlagi harga tiket masuk ragunan pun sangat terjangkau.

Brand: Ragunan, Nama Produk: Kebun Binatang, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp3000 to Rp18000

Berikan Komentar