Harga Tiket Masuk Taman Matahari

Taman Matahari adalah salah satu objek wisata keluarga yang ada di kota Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini memiliki motto “Recreation and Education Park ”. Motto tersebut menjadi acuan dalam membuat wahana-wahana permainan serta fasilitas yang ada di sini.

Sehingga membuat tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga – keluarga Indonesia. Selain itu letaknya yang cukup strategis berada di kawasan wisata Puncak yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Dengan semua kelebihannya itu, tempat wisata ini juga menawarkan harga tiket masuk yang kompetitif dibandingkan dengan objek wisata lain yang sejenis. Semakin menarik minat pengunjung untuk datang berlibur di sini.

Taman-Wisata-matahari
Gambar Wisata Taman Matahari (Instanbooking.id)

Sejarah Taman Matahari

Sejarah Taman Matahari didirikan sebagai bentuk kecintaan akan tanah air seorang anak bangsa yang bernama Hari Darmawan. Beliau yang merupakan seorang pengusaha salah satu mall terbesar yang ada di Indonesia ingin mengambil bagian dalam menciptakan tempat liburan keluarga yang menghibur juga edukatif.

Selain itu ikatan emosional turut menjadi salah satu alasan dibangunnya tempat wisata ini. Sejak tahun 1975 Hari Darmawan tinggal di daerah Cilember yang merupakan daerah dibangunnya tempat wisata ini.

Objek wisata ini dibangun pada tahun 2007 di atas tanah seluas 16.5 hektar. Dulunya kawasan ini merupakan lahan kosong serta kebun sayur dan buah. Beberapa area perkebunan itu sampai sekarang tetap dipertahankan sebagai bagian wisata edukatif di Taman Matahari ini.

Baca juga : Harga Tiket Jungleland

Untuk bisa menikmati beragam wahana dan fasilitas yang tersedia maka pengunjung harus membayar biaya masuk Taman Matahari. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 50.000 per orang untuk kunjungan hari Senin – Jumat.

Harga tersebut sudah termasuk gratis 5 wahana permainan dan diskon 10% restoran khas Sunda serta diskon 50% Matahari waterpark. Untuk hari Sabtu – Minggu atau libur nasional dan musim liburan harga tiket masuknya Rp. 60.000 per orang.

Harga Tiket Taman Matahari tersebut sudah termasuk gratis 5 wahana permainan dan diskon 10% restoran khas Sunda serta diskon 50% Matahari waterpark. Untuk anak dengan tinggi badan di atas 80 cm sudah dikenakan biaya tiket masuk. Taman Matahari

Biaya Masuk Taman Matahari Terbaru Tahun 2019

Jenis Tiket Harga Dalam Rp
Senin-Jumat (Weekdays) Rp50.000
Sabtu-Minggu (Weekends) Rp60.000

Berdasarkan website resti taman matahari yaitu http://www.tamanwisatamatahari.co.id/ harga diatas akan berubah menjadi Rp 60.000 setiap hari senin-minggu mulai tanggal 7-9 Maret 2019. Untuk anak dengan tinggi lebih dari 80cm sudah dikenakan biaya tiket masuk.

Alamat Taman Matahari

Jika ingin datang, pengunjung bisa mencari alamat Taman Matahari lewat mesin pencari google. Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Puncak KM. 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Objek Wisata ini lokasinya tidak begitu jauh dari ibukota Jakarta. Sehingga banyak sekali warga Jakarta dan sekitarnya berkunjung ke sini.

Selain itu letaknya yang berada di Jalan Raya Puncak membuat lokasi ini menjadi salah satu alternatif pengunjung yang tidak jadi ke arah Puncak Pas karena terjebak macet.

Objek wisata ini mudah untuk ditemukan karena ada billboard besar penanda objek wisata ini yang terpasang di sebelah kiri Jalan Raya Puncak jika pengunjung datang dari arah Bogor.

Rute Menuju Taman Matahari

Dikarenakan lokasi tempat wisata ini cukup strategis maka rute menuju Taman Matahari pun tidak sulit. Dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi pengunjung bisa mengambil arah ke jalan tol Jagorawi. Kemudian keluar tol Gadok, Puncak.

Setelah itu telusuri Jalan raya Puncak via Cisarua hingga ditemukan papan penunjuk arah objek wisata ini di sebelah kiri jalan. Sebelumnya pengunjung juga harus memastikan jam buka tutup kawasan Puncak.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, untuk mencapai lokasi ini pun bisa dengan angkutan umum baik bis maupun kereta. Jika pengunjung ingin naik kereta maka pilih KRL jurusan Stasiun Bogor.

Kemudian dari stasiun Bogor naik angkot nomor 03 menuju Terminal Baranangsiang. Setelah itu dilanjutkan perjalanan dengan naik mobil L300 menuju Puncak. Pengunjung bisa berhenti di billboard objek wisata itu.

Jam Buka Taman Matahari

Objek wisata ini di buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu. Jam buka Taman Matahari ini untuk hari Senin- Jumat mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu – Minggu atau libur nasional mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Jam operasional yang di buka setiap hari ini memudahkan pengunjung untuk berlibur karena tidak ada batasan hari objek wisata di buka. Selain itu dengan di buka setiap hari maka masyarakat yang mencari nafkah di sekitar lingkungan tempat wisata ini pun ikut terbantu karena pengunjung akan terus datang setiap harinya.

Baca juga : Harga Tiket Jatim Park

Wahana Taman Matahari

Dengan motto “Recreation and Education Park “ membuat wahana Taman Matahari dibuat semaksimal mungkin agar dapat terwujud motto tersebut. Ada beberapa wahana yang disediakan di tempat ini yaitu wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan dan wahana edukasi.

wahana-taman-matahari
Gambar Wahana Taman Matahari (Tempatwisatadibogor.net)

Wahana wisata air terdiri dari beberapa permainan seperti arung jeram, water ball, matahari waterpark, paddle boat, perahu motor, perahu karet, sepeda air, bumper boat, perah naga, perahu kayak, kolam renang mini hingga refleksi terapi ikan.

Wahan permainan pada tempat wisata ini berupa dinopark, citra playland, mini gocart dan trampoline park. Sedangkan wahan petualangan terdiri dari wara-wiri, kereta safari, flying fox, rumah hantu, padamoto, motor ATV, green car dan sepeda turis. Selain itu wahana edukasi berupa fun games, agro sawah, agro sayur, taman lalu lintas, taman satwa dan outbond.

Taman-Matahari-Waterpark
Gambar Wahana Taman Matahari – Waterpark (travelspromo.com)

Fasilitas Taman Matahari

Fasilitas Taman Matahari ini cukup lengkap selain area parkir yang luas fasilitas pendukung lainnya pun tersedia. Beberapa fasilitas itu antara lain lapangan, saung, aula, gazebo dan fasilitas umum lainnya seperti ATM, mushola dan toilet.

Lapangan sendiri pun di tempat ini ada beberapa yaitu lapangan durian, lapangan central park, lapangan ciliwung dan lapangan manggis. Saung pun ada beberapa jenis tergantung jumlah orang yang akan menempati saung tersebut.

Diantaranya ada saung agro2, saung cilember, saung bambo kuning dan saung jogjogan. Jika datang dengan rombongan dalam jumlah besar maka pengunjung bisa menyewa aula yang ada.

Ada beberapa aula yang ditawarkan yaitu aula padang, aula ciliwung, aula tenda merah dan aula pendopo.

Baca juga : Harga Tiket Kebun Binatang Bandung

Taman Matahari pun sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari jauh dan ingin menikmati liburan lebih lama di kawasan wisata Taman Matahari maka bisa menyewa penginapan yang ada. Hotel dekat Taman matahari ada beberapa jenis baik itu berupa hotel maupun villa.

Hotel yang tersedia di kawasan ini bernama hotel Matahari selain itu ada beberapa villa yang tersedia. Villa-villa tersebut antara lain villa pulau seribu, villa ciliwung, rumah bambu, villa natural dan rumah Menado.

Taman Matahari menambah list dari banyaknya objek wisata yang ada di kawasan Puncak, Bogor. Letaknya yang di dataran tinggi membuat pemandangan di sekelilingnya terlihat menjadi indah.

Hamparan pohon dan sawah yang berwarna hijau terbentang sepanjang mata memandang.

Ditambah dengan udara yang sejuk semakin menambah betah pengunjung yang datang. Ingin menikmati pemadangan alam sambil mengajak keluarga tercinta maka tempat wisata ini bisa dijadikan tujuan utama liburan anda.

Originally posted 2018-11-01 19:12:59.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

1 thought on “Harga Tiket Masuk Taman Matahari”

Berikan Komentar