Harga Tiket Museum Angkut

Museum Angkut Malang salah satu tempat wisata yang masih banyak diminati oleh wisatawan. Salah satu penemuan yang merubah kebudayaan manusia adalah ditemukannya mobil. Dari masa ke masa mobil mendapatkan inovasi yang cangih dan multifungsi.

Untuk melihat berbagai jenis mobil yang pernah ada bahkan dari masa penjajahan Belanda, dapat dilihat di Museum Angkut atau Museum of transportation yang berada di kota Malang.

Museum of tranportation telah diresmikan pada 9 Maret 2014 lalu. Museum ini merupakan sebuah destinasi wisata dari industri pariwisata terbesar di Jawa Timur, yaitu Jatim Park Group.

Koleksi Museum bukan hanya alat transportasi lokal, namun berbagai macam alat transportasi yang berada di seluruh dunia.

Sejarah Museum Angkut

Sejarah Museum Angkut ini didirikan adalah untuk mengenang sekaligus menjadi sebuah edukasi tentang berbagai jenis alat transportasi yang pernah diciptakan.

museum-angkut-malang
Gambar Museum Angkut Malang(KSMTour.com)

Jadi hanya di Museum of transportation dapat melihat secara langsung mobil-mobil kuno yang tidak terdapat di pasaran pada masa kini. Koleksi dari alat transportasinya pun masih terjaga dan terawat dengan baik dan seperti baru.

Jam buka Museum Angkut ialah setiap hari. Untuk weekday (senin-jumat) dan weekend ( sabtu dan minggu ) Museum ini dibuka pada pukul 12:00 WIB – 20:00 WIB. Namun untuk waktu operasional loket dibuka mulai pukul 11:00 WIB hingga 19:30.

Sedangkan untuk harga tiket Museum Angkut pada weekday sebesar 70.000 IDR dan weekend sebesar 100.000 IDR.

Namun bagi pengunjung yang membawa kamera DSLR atau kamera lainnya (tidak ternasuk handphone, tablet atau smartphone ) akan mendapatkan taruf khusus hingga ½ harga. Tarif biaya masuk Museum Angkut dengan kamera DSLR hanya 30.000 IDR.

Di dalam Museum juga terdapat ruangan Museum D topeng kingdom. Ruang ini terdapat berbagai macam koleksi topeng nusantara. Khusus bagi pengunjung yang ingin memasuki ruangan tersebut akan dikenakan kontribusi sebesar 10.000 IDR.

Daftar Biaya Tiket Masuk Museum Angkut

Jenis TiketHarga Dalam Rp
Senin-Jumat (Weekdays)Rp70.000
Sabtu-Minggu (Weekends)Rp100.000
Promo khusus (bawa DSLR)Rp30.000
Daftar Tiket Jatim Park Lengkap Detail
Daftar Tiket Jatim Park Lengkap Detail

Lokasi Alamat Museum Angkut Malang

Alamat Museum Angkut terletak di Jl Terusan Sultan Agung Atas no 2, Kota Batu, Malang. Letaknya dekat dengan Jatim Park 1 dan dekat dengan jalan raya. Sehingga rute menuju menuju Museum Angkut dapat ditempuh dengan berbagai macam alat transportasi.

Bagi yang menggunakan alat transportasi pribadi dapat mengikuti petunjuk arah dari google maps dan petunjuk jalan ke arah Jatim Park1. Rute menuju Museum Angkut ini juga dapat ditempuh dengan bus trans.

Tepat di depan Museum terdapat halte, jadi turun di halte Museum Angkut yang berada di ujung jalan Sultan Agung. Lalu untuk menuju ke Museum of transportation hanya dengan menyeberang jalan atau berjalan ke arah barat selama 5 menit.

Baca juga: Harga Tiket Jatim Park 1

Fasilitas Museum Angkut Malang

Tarif biaya masuk Museum Angkut yang cukup mahal sesuai dengan koleksi Museum yang tidak akan pernah dijumpai di tempat lain mana pun. Lalu fasilitas di Museum ini juga sangat kompleks.

Selain fasilitas umum yang berupa tempat parkir, toilet dan musolah, Museum ini juga menyedikan fasilitas lainnya. Fasilitas utamanya dalah ruang koleksi Museum.

Sedangkan fasilitas Museum Angkut lainnya seperti alat transportasi yang digunakan untuk berkeliling Museum. Luas dari Museum sebesar 3,7 hektar pasti membutuhkan waktu lama untuk mengunjungi masing – masing wahana Museum Angkut yang ada.

Dengan adanya alar transportasi khusus akan memudahkan para pengunjung untuk berkeliling dan fasilitas ini gratis. Bagi pengunjung yang merokok disediakan smoking room.

wahana-museum-angkut
Gambar Wahana Museum Angkut (cartermobilmalang.com)

Baca juga: Harga Tiket The Jungle

Jadi para pengunjung tidak bisa merokok dengan bebas. Jika kedapati merokok, akan mendapat teguran langsung dari para staff.

Untuk pengunjung difabel telah disediakan ruangan khusus dan guide yang akan membantu penyandang difable. Bahkan disediakan kursi roda. Di Museum ini juga disediakan Mom and Kids room.

Ruangan tersebut hanya diperuntukkan bagi ibu dan anak – anak. Terlebih lagi telah tersedia tim medis yang semakin melengkapi fasilitas Museum Angkut.

Fasilitas menarik lainnya adalah food court. Dalam food court ini para pengunjung akan mendapatkan pelayanan VVIP layaknya berada di dalam pesawat Presiden. Para waiter juga menggunakan seragam pramugari.

Wahana Museum Angkut Malang

Berikut ini adalah wahana Museum Angkut Malang:

1. Zona hall utama

Zona ini merupakan ruangan utama yang terdapat berbagai macam alat transportasi dari berbagai macam negara, mulai dari Indonesia Asia, Eropa hingga Amerika.

Koleksinya pun juga sangat kompleks mulai dari mobil – mobil kuno yang tidak lagi terjual di pasaran hingga mobil sekarang dengan berbagai macam jenis bahan bakar. Zona ini dilengkapi dengan lampu hias yang elegan dan eksotis.

2. Zona edukasi

Zona edukasi biasaya digunakan para pelajar. Dalam zona ini akan mendapatkan pengetahuan yang sangat luas mengenai dunia otomotif. Proses belajar di zona ini sangat interaktif dan menyenangkan, sehingga tidak membuat suasana yang mudah bosan.

3. Zona sunda kelapa dan batavia

Pada zona ini para pengunjung serasa dalam perjalanan time travel. Karena zona ini merupakan area yang sengaja didesain sesuai dengan kondisi batavia kuno saat masa kolonial Belanda. Batavia sendiri merupakan nama kuno dari Jakarta yang kini telah menjelma sebagai kota megapolitan.

Kondisi pada zona sunda kelapa dan batavia dilengkapi dengan bangunan kuno a la eropa Belanda dan berbagai macam alat transportasi yang digunakan pada masa itu, seperti becak, gerobak sapi, oplet dan bemo.

Baca juga: Harga Tiket Museum Macan

4. Zona Buckingham Palace

Dari berbagai wahana Museum angku yang ada, zona ini adalah paling istimewa diantara zona lain. Sebab terdapat sebuah miniatur dari Istana Kerajaan Inggris Buckingham Palace yang sangat terkenal dan menjadi istana fenomenal. Dari mulai gedung hingga taman dibuat menyerupai istana kerajaan tersebut.

5. Zona gangster town dan broadway street

wahana-museum-angkut-malang
Gambar Tempat di Museum Angkut (Kabarnesia.com)

Zona ini merupakan zona amerika pada tahun 30an yang pada masa itu sangat identik dengan koboy dan gangster. Bangunan hingga alat transpostasi yang ada merupakan alat transportasi pada masa itu. Bahkan masih bisa untuk dioperasikan, namun harus dalam panduan dari para guide.

6. Zona Hollywood

Pada zona ini perpaduan dari industri perfilman hollywoid, mulai dari universal, disney, waner bross dan lain – lain. Di sini terdapat koleksi berbagai macam karakter serta alat transportasi yang digunakan seperti di film aslinya. Bahkan terdapat mara staff yang memakai costplay untuk melengkapi zona hollywood.

7. Zona perahu apung

Pasar apung yang merupakan pasar tradisional yang berada di sungai atau danau. Pasar apung ini sering dijumpai di Kalimantan, Maluku dan Sulawesi.

Di zona ini terdapat pasar apung mini yang menyediakan makanan nusantara yang dikemas secara modern. Bahkan look dari pasar apung ini menyerupai sungai – sungai ala eropa, khususnya Itali.

Dengan berwisata di Museum Angkut serasa mengelilingi dunia. Hanya dengan satu tempat saja dapat merasakan berbagai nuansa yang ada diseluruh dunia.

Bagi pengunjung daro luar Malang dan berniat bermalam ada satu hotel dekat Museum Angkut. Hotel tersebut adalah The Batu Hotel and Villas.

Originally posted 2019-01-15 21:57:45.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar