Harga Tiket Taman Safari

Taman Safari- Biasanya, balai Konservasi akan terdengar membosankan bagi beberapa kalangan umum sehingga mempengaruhi minat masyarakat untuk mengunjungi balai tersebut.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi balai konservasi yang biasa dikenal dengan Taman Safari Bogor ini. sejak dibangun pada tahun 1980, objek wisata tersebut menjadi destinasi wisata yang banyak diminati untuk menghabiskan waktu bersama kaluarga.

Hal ini tentu karena pengelolaan temat wisata yang sengaja didesain dengan mengemas wisata edukasi, wisata alam dan wisata petualangan dalam satu tempat.

Tempat ini mendesain agar setiap hewan koleksinya dibuatkan berkeliaran di lingkungan hidup sehingga  setiap fauna mendapatkan kenyamanan seperti berada di habitat aslinya. Hal ini juga yang menjadi daya tarik bagi setiap pengunjungnya karena mereka dapat dekat hewan yang ada.

Mengingat beberapa hewan disini sudah jinak, maka pengunjung dapat berinteraksi langsung baik dalam keranjang maupun tidak. Oleh karenanya, tempat wisata ini sangat cocok bagi anda untuk mengenalkan kehidupan fora dan fauna kepada anak-anak.

Taman-safari-bogor
Gambar Taman Safari Bogor (apagimana.com)

Sejarah Berdirinya Taman Safari

Taman ini mulai dibangun secara sederhana pada tahun 1980, hingga berhasil dikelola dan berkembang semakin pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya jenis koleksi satwa yang dimiliki saat ini dan berasal dari lima benua dengan latar belakang yagan berbeda.

Berkat perjuangan kerasnya, kebun binatang ini juga menjadi akreditasi nasional dan internasional sebagai lembaga bidang konservasi terbaik di Indonesia. Hal ini juga berlaku dalam bidang pengelolaan satwa liar dengan infrastruktur pendukung.

Dalam sejarah taman safari, dahulu  taman ini dibangun diatas lahan perkebunan seluas 50 hektare yang sudah tidak produktif. Setelah berjalan 6 tahun, taman ini diresmikan  sebagai taman konservasi satwa liar dan rekreasi Indonesia.

Hingga sampai saat ini kebun binatang tersebut sudah berdiri diatas tanah seluas 150 hektare. Selain itu, taman ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendidikan dan rekreasi untuk lebih memberikan pengalaman dan kenyamanan bagi steiap wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: Harga Tiket Snowbay

Selain itu, taman ini juga pernah diresmikan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedirman selian itu, tempat ini juga diresmikan menjadi pusat penangkaran satwa langka oleh Haysrul Harahap yang pada saat itu menjabat sebagai menteri kehutanan.

istana-panda-taman-safari-bogor
Gambar Wahana Baru – Istana Panda (mbakgoes.com)

Selain berdiri di Jakarta, teman safari juga membuka beberapa tempat di Indonesia yang bertujuan untuk menyelamatkan hewan-hewan atau satwa langka di negara kita. Selain itu, komitmen taman safari saat ini adalah terus berusaha untuk menjadi taman konserasi, taman rekreasi dan pendidikan yang diakui oleh dunia.

Mengingat banyaknya manfaat yang akan anda dapatkan dan bebagai fasilitas taman safari  yang akan anda dapatkan, sudah pasti anda akan dikenai biaya tiket masuk.

Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga berbagai fasilitas dan satwa yang berada didalamnya, serta untuk menjalankan berbagai operasional. Harga tiket yang diberikan juga dibedakan berdasarkan usia serta jam bekunjung masing-masing wisatawan.

Adapun biaya  masuk taman safari untuk wisatawan domestik pada hari  biasa yaitu pada hari senin sampai kamis adalah Rp 170.000 untuk anak-anak dan seharga Rp 195.000 untuk tiket orang dewasa.

Sementara itu, jika anda berkunjung di akhir pekan atau hari libur nasional, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 210.000 untuk anak-anak dan Rp 230.000 untuk tiket orang dewasa. Beberapa harga tiket tersebut berlakku bagi pegunjung domestik.

Sedangkan untuk wisatawan asing atau manca negara, tiket yang diberlakukan adalah Rp 350.000 untuk anak-anak dan Rp 400.000 untuk tiket orang dewasa. Kedua harga tersebut berlaku bagi wisatawan yang berkunjung di hari biasa maupun di akhir pekan.

taman-safari-bogor-cisarua
Gambar Memberi Makan Hewan – Taman Safari Bogor

Daftar Harga Tiket Taman Safari

Jenis TiketHarga Dalam Rp
<5 tahun (Weekdays)Rp170.000
>5 Tahun (Weekends)Rp195.000
International Tourist (Weekdays)Rp350.000
International Tourist (Weekends)Rp400.000
Parkir Kendaraan Roda 2Rp10.000
Parkir Kendaraan Roda 4Rp20.000
Parkir Kendaraan Roda 6Rp60.000

Adapun kategori dewasa yang dimaksudkan disini adalah pengunjung dengan usia lebih dari 6 tahun keatas. Sebenarnya, setiap pengunjung juga bisa mendapatkan promo taman Safari yang disediakan oleh pengelola. Harga tiket diatas bisa saja berbeda ketika Anda sudah berada di lokasi, karena informasi tiket tidak tercantum di situs resmi taman safari bogor.

Mungkin jika anda baru membaca sekilas, harga tiket taman safari tersebut terkesan mahal. Namun anda tidak perlu khawatir karena tiket tersebut bersifat terusan.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Ancol

Dengan begitu, tiket dapat digunakan untuk menonton 9 pertunjukan serta menaiki leih dari 20 jenis wahana taman safari dengan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Anda juga dapat mengunjungi Istana Panda yang berada di dalam kawasan Taman Safari.

Jam Buka Taman Safari Cisarua Bogor

Sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut, terlebih dulu anda perku mengetahui jam operasionalnya agar anda tidak salah jam kunjung. Uniknya, jam buka taman safari ini dibagi menjadi waktu kunjung siang dan waktu kujung malam.

Masing-masing waktu juga akan memberikan pengalaman dan pendidikan yang berada karena pada malam hari anda akan mendapatkan petualangan yang berbeda dari taman wistaa lainya.

Jika anda ingin berkunjung pada siang hari, tempat wisata ini dibuka mulai dari jam 09.00 hingga jam 17.00 waktu Indonesia Bagian Barat. Sedangkan untuk paket wisata malam, anda bisa berkunjung mulai jam 18.30-21.00 WIB.

Nah untuk masalah hari, anda bisa datang kapan saja atau hati apa saja karena taman safari ini beroperasi setiap harinya.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, anda bisa menikmati lebih dri 2.500 satwa yang dikumpulkan dari berbagai penjuru benua. Selain itu, tempat ini juga memiliki lebih dari 20 wahana permainan ataupun pertunjukan yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung.

Jadi jika anda berkunjung ke tempat ini, anda bisa mendapatkan berbagai keseruan serta pengalaman yangtidak akan terlupakan apalagi dalam hal safari night.

Rute Menuju Taman Safari Bogor

Alamat taman safari  ini tidak jauh dari Taman Bunga Nusantara serta puncak dan lain sebagainya. oleh karenanya, untuk menuju tempat ini anda bisa menggunakan berbagai kendaraan, baik transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Namun jalur atau rute taman safari  yang dilalui juga sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah akses jalan yang dilalui baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Nah jika anda menggunakan kendaraan ribadi dan berada di arah Jakarta atau Bogor, anda bisa memasuki jalan tol Jogorawi (bagi pengunjung yang mengendarai mobil). Setelah itu, anda bisa keluar di Gadong atau Ciawi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Cisarua Puncak.

Setelah anda mencapai di jalan Raya Puncak anda bisa belok ke kanan yaitu ke jalan Taman Safari. Sampai dititik tersebut anda bisa mengikuti petunjuk arah hingga sejauh 2 km.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Ragunan

Selain itu, jika anda mengawali perjalanan dari Bandung, rute menuju taman safari bisa  anda awali dengan  memasuki  jalan tol Purbaleunyi dan keluar  di Padalarang. Sampai disini anda bisa mengikuti jalan Labuan –Cianjur dan mengikuti jalan lurus je arah Cisarua Puncak.

Setelah  itu anda akan menemui pertigaan yang dengan plang yang bertuliskan TSI. Jika sudah melihat itik tersebut anda bisa berbelok ke kiri dan ikuti jalan hingga menemukan taman safari tersebut.

Berbeda dengan anda menggunakan kendaraan umum, jalan yang dilalui akan lebih mudah dari pada menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta anda bisa menggunakan bus Bandung via Puncak kemudian turun di pertigaan TSI.

Dari tempat tersebut anda bisa beralih menggunakan ojek online atau menggunakan angkot dnegan jarak tempuh sekitar sepuluh menit.

Kemudian jika anda menggunakan KRL, dari stasiun Bogor anda bia pindah menggunakan angkot hijau 02 ke Sukasari kemudian oper ke angkot biru Cisarua. Selain itu anda juga bisa menaiki 03 ke Baranangsiang kemudian oper ke L300 ke arah puncak.

Seperti sebelumnya anda bisa berhenti dan turun di pertigaan TSI dan melajutkan dnegan kendaraan umum lainya. Namun jika perjalanan tersbeut anda nilai terlalu jauh, anda bisa menginap dibeberapa hotel dekat taman Safari yang memberikan harga terjangkau.

Nah dengan ulasan tersebut, Taman Safari memang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat layak untuk anda kunjungi. Anda dapat menikmai sekaligus mendapatkan ilmu pengetahun dari satwa serta wahana yang disediakan.

Originally posted 2019-01-17 17:37:37.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar