5 Katalog Harga TV Terbaru dan Lengkap!

TV sebagai salah satu media informasi mengalami perkembangan dari masa ke masa. Berawal dari TV ( televisi, tipi ) pertama yang hanya mempunyai gambar hitam putih, berkembang menjadu sebuah alat elektronik yang mempunyai berbagai macam fungsi. Bahkan bisa menghasilkan berbagai jutaan warna. Hingga dapat dijadikan media sebagai hologram. Selengkapnya simak daftar isi berikut ini

Macam – Macam TV Yang Diperjualbelikan

Berikut ini adalah jenis TV yang diperjualbelikan terdapat di toko merupakan macam-macam TV ( tabung, LCD, LED ) pada umumnya. Sedangkan jenis TV lainnya tidak diperjualbelikan secara bebas. Inilah jenis TV yang terdapat di pasaran :

1. TV tabung

TV Tabung
Gambar TV Tabung (Tokopedia)

Jenis TV tabung adalah jenis TV yang pertama. Namun TV tabung yang sedang beredar di pasaran mempunyai bentuk seperti TV tabung pertama. Perbedaanya TV tabung yang saat ini mempunyai warna yang beragam dan tidak lagi hitam putih. Bahkan fungsi dari TV tabung saat ini dapat digunakan untuk hal apapun, seperti akses untuk video player, audio player dan speaker.

Kelebihan dari TV tabung adalah harga yang lebih murah, lebih tahan lama dan mempunyai angle yang terbaik. Sedangkan untuk kelemahan dari TV tabung adalah mempunyai ukuran yang besar dan berat serta membutuhkan daya listrik yang besar pula.

Sayangnya TV tabung ini lambat laun telah menjadi alat elektronik langka dan telah terganti dengan TV lec dan LCD TV. Bahkan beberapa produsen elektronik tidak memproduksi TV tabung lagi.

2. TV Plasma

TV Plasma
Gambar TV Plasma (Amazon)

TV plasma mempunyai body yang lebih ramping daripada TV tabung. TV ini terdiri dari 2 buah lapisan kaca. Kaca tersebut merupakan hasil dari campuran gas. Gas tersebut diinjeksi serta ditutup sebagai wujud plasma saat diproduksi. Ketika TV dialiri listrik, gas akan bereaksi dan menghasilkan bayangan pada layar.

Kelebihan dari TV plasma adalah mempunyai harga yang paling murah daripada slim TV lain dan tahan lama. Kekurangan dari TV ini adalah kualitas gambar menurun seiring berjalannya waktu dan membutuhkan daya listrik yang banyak.

3. LCD TV

TV LCD
Gambar TV LCD (Amazon)

LCD TV ( Liquid Crystal Display Television ) adalah sebuah layar LCD komputer sekaligus dapat dijadikan sebagai TV. Di dalam LCD TV terdapat sebuah panel yang terbuat dari kristal cair atau liquid crystal. Fungsi dari panel ini adalah untuk memblokir / memberi jalan terhadap cahaya yang akan keluar.

Kelebihan dari LCD TV adalah display saturasi dan kecerahan dapat diatur, semakin minim kecerahan dan saturasi semakin sedikit pula daya listrik yang dibutuhkan. Kualitas gambar dari jenis TV ini sangat tajam dan jelas. Serta dapat digunakan sebagai LCD komputer, layar proyektor hingga TV.

Kelemahan dari TV ini adalah masih membutuhkan sumber cahaya eksternal dari lampu, kecuali lampu pijar. Harga dari LCD TV relatif lebih mahal dari pada TV plasma dan TV tabung.

4. TV LED

 TV LED
Gambar TV LED(Amazon)

Untuk TV LED terdapat 2 jenis yaitu direct LED dan edge lit. Pada jenis direct LED,  meletakkan lampu LED di belakang layar. Sedangkan untuk edge lit mempunyai lampu LED yang terdapat di bagian tengah.

Kelebihan dari TV LED adalah mempunyai kualitas gambar yang tajam dan baik, hamat daya, tahan lama, sangat slim dan ringan serta ramah lingkungan. Untuk kelemahan dari TV LED terletak pada harga yang relatif mahal.

5. TV OLED

OLED TV
Gambar OLED TV (Amazon)

TV oLED ( Organic Light Emitting Diode ) merupakan jenis TV yang menggunakan bahan – bahan organik. Untuk bahan organik utamanya adalah karbon yang berfungsi menghasilkan cahaya saat terdapat aliran listrik. Sehingga TV ini tidak memerlukan cahaya apapun.

Kelebihan dari TV oLED yaitu sangat tipis dan fleksibel serta kualitas gambar yang sangat jelas dan tajam. Kelamahan dari TV oLED bukan hanya terletak pada harga yang relatif mahal, namun TV ini masih langka dan sulit untuk didapatkan.

6. Smart TV

Smart TV
Gambar Smart TV (Amazon)

Jenis TV pintar atau smart TV umumnya sebuah layanan TV di sebuah gadget atau handphone. Ada berbagai jenis TV pintar ( apple TV, android TV ) yang dapat di download melalui playstore maupun appstore.

Smart TV juga tersedia dalam bentuk TV bukan aplikasi. Fitur dari smart TV sangat variatif. Bukan hanya dapat digunakan untuk menonton siaran TV, namun juga dapat melakukan video call, browsing, akses internet, playback, layanan pesan singkat, streaming dari youtube hingga mendowload berbagai macam aplikasi ( termasuk game ).

Banyaknya model TV yang ada, menjadikan harga dari TV tersebut juga beragam. Berikut ini beberapa daftar harga TV yang ada di Indonesia

Daftar Harga TV LED Terbaru

Nama BarangHarga Dalam Rp
LG LED TV 20 inch 20MT48AF-PTRp1.200.000
Phillips LED TV 15.6 inch 160EL1SBRp750.000
Polytron LED TV 20 inch PLD20D901Rp1.280.000
Sharp AQUOS LED TV 24 inch LC-24LE170iRp1.298.000
LG LED TV 21 inch 21FU3RLRp1.270.000

Perbedaan TV Digital Dan Analog

TV analog dan TV digital mempunyai perbedaan yang terletak di siarannya. Perbedaan TV digital dan analog adalah sebagai berikut ini :

a. TV analog

TV analog menggunakan siaran TV yang dipancarkan melalui frekuensi signal  dan variasi voltase. Sistem yang menggunakan TV analog antara lain PAL, SECAM, NTSC (National Television System Committee ). Sebagian besar siaran TV yang digunakan di Indonesia adalah siaran TV analog.

Siaran TV analog menggunakan suatu alat penangkap signal atau antena. Jika letak antena semakin jauh dari stasiun pemancar TV, maka signal yang akan diterima semakin lemah dan gambar yang buruk. Jika letak antena dekat dengan stasiun pemancar TV, maka signal yang akan diterima semakin kuat dan menghasilkan gambar yang jernih.

b. TV digital

Sedangkan TV digital merupakan suatu progam yang ditransmisikan ke dalam bentul bit 0 dan 1 yang bertujuan untuk mendapatkan signal audio, visual dan data ke sebuah pesawat TV dengan kualitas gambar yang dihasilkan tinggi.

Siaran TV digital tidak bergantung pada sebuah antena. Namun kualitas gambar dan suara hang baik dengan menggunakan sebuah pemancar signal digital yang stabil dan tidak menurun. Jadi ketika signal hilang atau tidak diterima sama sekali maka gambar akan hilang. Jika signal dapat diterima dengan baik, maka gambar dan suara yang akan muncul mempunyai kualitas yang tajam dan jernih.

Untuk saat ini pemerintah telah memberlakukan siaran TV digital. Hal ini temah dilakukan sejak tahun 2012, namun hingga saat ini belum mencangkup seluruh wilayah.  Sebagian besar masih menggunakan siaran TV analog dari stasiun TV swasta nasional yang free to air.

Tujuan pemerintah dalam mengganti siaran TV analog ke dalam digital adalah menghemat frekuensi dan mempunyai potensi menambah pendapatan negara. Beberapa TV nasional pun digalakkan supaya menyediakan layanan siaran digital free to air. Srhingga seluruh lapisan masyrakat dapat menikmati TV digital secara gratis.

Tips Memilih TV Yang Baik Dan Tepat

Dalam memilih sebuah TV ( televisi, tipi ) harus memperhatikan beberapa faktor dan tidak terpengaruh dengan jenis TV. Merk TV terbaik juga menjadi faktor ketika memilih TV. Inilah tips memilih TV yang tepat dan sesuai dengan kondisi :

1. Pahami terlebih dahulu berbagai jenis TV

Sebelum membeli TV, sebaiknya pahami terlebih dahulu berbagai jenis TV yang ada. Dari berbagai jenis mempunyai karakteristik dan tingkat sumber daya yang berbeda – beda.

Untuk jenis TV plasma mempunyai harga yang relatif murah, namun sumber daya yang dibutuhkan TV plasma cukup besar. Pada jenis TV LCD masih menggantunggan pada sumber cahaya eksternal pada lampu. Walaupun TV LCD hemat energi, namun memerlukan dua buah alat elektronik sekaligus, yaitu TV LCD sendiri dan lampu.

Sedangkan pada TV LED tidak memerlukan sumber cahaya eksternal, hemat energi dan ramah lingkungan. Tetapi harga dari TV ini relatif mahal. Pada TV oLED mempunyai kualitas yang terbaik daripada semua jenis TV yang ada. Hanya saja masih jarang ditemukan sebab harga dari TV ini sangat mahal.

2. Memilih rasio kontras yang tinggi.

Semakin tinggi rasio kontras pada sebuah TV, maka semakin jernih dan tajam pula gambar yang dihasilkan. Pada rasio kontras merupakan faktor yang penting untuk memilih sebuah TV. Jadi perhatikan deskribsi dari TV yang akan dipilih, terutama pada tingkat rasio kontras.

3. Sumber daya yang dibutuhkan

Hemat daya menjadi prioritas utama dalam memilih TV. Jika TV mempunyai sifat hemat daya, maka akan semakin mengemat pengeluaran untuk listrik. Sehingga jangan terpengaruh dengan harga yang relatif murah. Harga yang relatif murah, belum tentu untuk kedepannya tidak memerlukan biaya tagihan yang rendah.

Untuk mengatasi sumber daya TV yang besar harus pandai-pandai. Seperti menggunakan alat penghemat sumber daya listrik. Jadi tidak perlu khawatir akan tagihan listrik yang membengkak.

4. Harga atau biaya yang telah disediakan untuk membeli TV

TV yang mempunyai kualitas yang baik, tajam dan hemat energi sangat menggiurkan. Namun ingat biaya yang dimiliki. Jika prioritas utama adalah mempunyai TV yang ukuran layar cukup lebar, pilihlah jenis TV plasma atau TV low end. Apabila hemat energi menjadi prioritas utama, dapat memilih jenis TV yang terbaik dengan ukuran layar yang tidak begitu lebar.

Dalam harga merk TV juga perlu dipertimbangkan. Untuk merk TV lokal memang mempunyai harga relatif murah daripada TV luar. Namun harga tersebut merupakan bukan berdasarkan kualitas, tetapi juga biaya bea cukai dan pajak lainnya. Sehingga sebaiknya tidak meragukan kualitas TV lokal yang mempunyai harga yang paling murah daripada merk TV luar.

5. Garansi yang disediakan

Dalam memilih sebuah TV, garansi juga menjadi faktor yang cukup penting. Umumnya garansi yang akan diterima merupakan garansi dari vendor bukan garansi dari toko. Tujuan garansi ini adalah untuk mendapatkan kualitas TV yang baik dan tahan lama. Tidak ada salahnya untuk melakukan testing di tempat sebelum membawa pulang TV.

6. Jarak antara rumah dengan lokasi service center resmi

Service di service center dengan service di luar mempunyai perbedaan yang mencolok, terutama untuk tarif dari service. Melakukan perbaikan di service center terkadang cukup mahal, sebab spare part yang digunakan asli dan ekslusive. Namun terkadang akan mendapat layanan free service, tergantung jenis perbaikan.

7. Jenis siaran TV

Jenis siaran TV juga perlu menjadi pertimbangan. Apakah nantinya akan menggunakan siaran TV analog, TV digital, TV kabel atau TV parabola. Untuk TV tabel atau parabola mungking memerlukan biaya tambahan untuk langganan bulanan, namun layanan channel yang tersedia cukup luas dan variatif.

Tips dalam memilih jenis TV ( televisi, tipi ) diatas adalah sebuah referensi dalam membeli TV baru. Jadi TV yang akan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan, layanan hingga jenis dari siaran TV.

Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews Harga: from Rp950000 to Rp190000000


TV Samsung

TV Samsung memiliki keunggulan pada teknologi layar yang digunakan sehingga gambar yang ditampilkan lebih jelas. Dengan penggunaan teknologi ini tidak heran bila TV dari Samsung memberikan harga yang tidak murah. Harga TV Samsung berkisar antara harga 900 ribu hingga ratusan juta rupiah, namun harga tersebut sebanding dengan kualitas plus yang ditawarkan.

TV LED Polytron

TV LED Polytron merupakan TV lokal dengan kualitas internasional. TV ini mampu bersaing dengan pasaran TV LED internasional yang memiliki harga yang tinggi, tapi tidak dengan TV LED Polytron. Harga TV LED Polytron terbilang sangat murah meskipun memiliki spesifikasi yang tinggi, kisaran harga nya mulai dari 1 jutaan hingga belasan juta saja

TV LED

TV LED merupakan perkembangan baru dari teknologi TV. Dari yang awalnya berbentuk tabung, kemudian berkembang menjadi tipis dan semakin jelas. Harga TV LED juga beragam tergantungan dengan ukuran dan fitur yang dimiliki.

TV LED LG

TV LED dari LG selalu memiliki kualitas yang luarbiasa baik pada gambar maupun suara sehingga tidak heran tiap produknya selalu diminati. Banyak sekali fitur dan kemudahan yang juga diberikan pada TV LED LG seperti fitur Bluetooth, game, dan lainnya. Harga TV LED LG yang terjangkau juga menjadi salah satu alasan TV ini diminati. Harga nya mulai dari 1.200.000 hingga 169.000.000. dan tentunya harga bicara kualitas.

TV LED Samsung

TV LED Samsung terkenal karena kualitas gambar yang diberikan dan ukuran nya yang slim. Inovasi pada smart TV dan QLED TV nya menunjukan kualitas yang sempurna dari sebuah TV. Harga TV LED Samsung pun sesuai dengan fitur dan kelebihan yang dimiliki TV tersebut. Kisaran harganya dimulai dari 1 jutaan hingga 10 juta lebih.