Harga Burung Perkutut

Jika dibandingkan dengan burung jalak, burung perkutut tentu kalah jauh karena kicauan burung ini tak semerdu burung jalak.

Apa itu burung perkutut? Burung perkutut dianggap memiliki kicauan yang monoton dan itu-itu saja, namun tetap saja burung perkutut memiliki penggemar. Apalagi, burung ini dianggap burung pembawa berkah bagi siapapun yang memilikinya. Nama latin dari burung ini yakni Geopelia sriata dan terdiri dari beberapa jenis spesies.

Meski demikian, dikalangan para pencinta burung, burung perkutut terdiri dari dua kelas yakni perkutut lokal dan perkuttut bangkok.

Burung Perkutut

Perkutut lokal banyak diminati karena dianggap memiliki ‘kekuatan lebih’ bagiang merawatnya, sedangkan perkutut bangkok disukai karena memiliki kicauan yang cantik.

Bagi orang Jawa, perkutu lokal memiliki kasta atas dan disukai masyarakat. Bahkan, ada anggapan burung perkutut dianggap sebagai salah satu kelengkapan bagi seorang pria diantaranya kukila (burung), wisma (rumah), curigo (keris), Turonggo (kuda), garwo (istri)

Baca juga: Harga Ikan Guppy

Jika Anda tertarik dengan uraian di atas dan hendak mencoba untuk memeliharanya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu harga burung perkutut di pasaran agar Anda tidak tertipu.

Harga burung Perkutut Putih misalnya, berkisar sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu. Kemudian harga burung Perkutut Bangkok lebih murah yakni Rp 200 ribu sampai Rp 350 ribu.

Harga Hewan yang satu ini biasanya dibrandol dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Sementara harga burung Perkutut Hitam dipatok pada kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu.

Daftar Harga Burung Perkutut Terbaru Tahun 2019

Jenis Burung PerkututHarga Dalam Rp
Burung Perkutut PutihRp300.000 – Rp600.000
Burung Perkutut BangkokRp200.000 – Rp350.000
Burung Perkutut JawaRp100.000 – Rp300.000
Burung Perkutut HitamRp150.000 – Rp250.000
Burung Perkutut lokalRp100.000 – Rp200.000

Jenis-Jenis Burung Perkutut

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai burung perkutut, sebaiknya kita mengetahui beragam jenis burung perkutut yang menjadi favorit orang Indonesia.

1. Burung Perkutut Jawa

burung-perkutut-jawa
Gambar Burung Perkutut Jawa (Wikipedia))

Burung Perkutut Jawa adalah burung kicauan dari Suku Columbidae dan masuk jenis burung pemakan serangga dan biji bijian.

Burung perkutut Jawa memiliki kelebihan khususnya di di masyarakat Jawa karena dianggap memiliki suara yang unik dan dipercaya mendapatkan keberuntungan dan mempermudah rejeki.

Karakteristik burung perkutut jawa yakni memiliki ukuran panjang tubuh kecil atau sekitar 21 cm dan ramping. Selain itu, memiliki ekor panjang dengan warna abu-abu pada bagian kepala burung.

Untuk lehernya biasanya memiliki garis yang halus dan pada bagian punggungnya berwarna coklat dengan tepian warna yang hitam. Tetapi untuk Perkutut jantang memiliki warna khas kehitaman dengan ujung putih di ekornya.

2. Burung Perkutut Hongkong

harga-burung-perkutut-hongkong
Gambar Burung Perkutut Hongkong (Youtube)

Burung perkutut Bangkok dikenali karena memiliki suara besar dan juga ngebass berbeda dengan perkutut lokal yang memiliki suara kecil.

Pada dasarnya perkutut bangkok berasal dari Indonesia yang kemudian dikembangkan di Bangkok dan kembali diekspor ke Indonesia.

3. Burung Perkutut Maungeus

burung-perkutut
Gambar Burung Perkutut Maungeus (Youtube.com)

Jenis burung perkutut selanjutnya termasuk jenis burung perkutut belang dari Sumba, Sumbawa dan berasal dari Pulau Timor.  Jenis burung perkutut ini kerap disebut perkutut Sumba karena asalnya.

Tubuhnya secara sekilas mirip perkutut Jawa tetapi tubuh bagian bawahnya memiliki garis melintang dan kulit pada sekitar mata berwarna kuning.

Merawat Burung Perkutut

Agar tidak pesakitan, penggemar burung harus mengetahui bagaimana cara merawat burung perkutut dengan benar sebagaimana berikut.

1. Memandikan Burung

Tidak saja manusia yang harus mandi, perkutut juga perlu dimandikan secara rutin agar bulunya menggilat dan tidak memiliki kutu. Caranya, bisa dengan menggunakan semprotan atau spray dengan lubang halus.

2. Dijemur di Pagi Hari

Burung perkutut agar sehat perlu dijemur secara teratur dibawah sinarmentari pagi atau sekitar jam 7 hingga 10 pagi.

3. Berikan Makanan yang Bergizi

Agar tetap sehat, burung juga memerlukan vitamin dan protein tinggi bak dari pabrik ataupun bahan yang diracik sendiri. Makanan racikan biasanya campuran dari jewawut, milet, dan biji godem tau beras merah, ketan hitam serta jagung.

Selain itu, burung juga harus diberikan Vitamin agar hormon testosteronnya meningkatdan semakin gancor serta memiliki daya tahan tubuh kuat.

4. Berikan Jamu Khusus

Agar kualitas burung terjaga,  perlu juga diberikan makanan tambahan atau suplemen seperti jamu khusus atau makanan tambahan kroto atau ulat hongkong.

5. Suasana Ramah

Suasana sekitar sangkar haruslah dibuat seramah mungkin sehingga nyaman dan memengaruhi kualitas fisik serta suara burung perkutut.

Baca juga: Harga Burung Jalak Putih

Makanan Burung Perkutut

Burung Perkutut merupakan salah satu burung yang dikenal mudah dalam perawatannya. Karena itu, biayanya pun tidaklah mahal karena hanya dibutuhkan perawatan harian seperti memberi makanan atau vitamin dengan perawatan tambahan seperti dijemur.

Nah untuk memiliki burung dengan suara gancor salah satu faktor utamanya yakni dengan memberi makanan atau vitamin. Berikut beberapa makanan yang baik untuk burung.

1. Millet

Anda yang ngaku pecinta burung pasti tahu apa itu millet. Millet ini sejenis biji-bijian yang memiliki warna putih dan kekuning-kuningan dan sangat ccok untuk burung perkutut.

Namun harus diperhatikan, konsumsi millet secara berlebihan tidaklah baik karena bisa menyebabkan berat badan dan menjadikan burng malas berkicau.

2. Jewawut

Jewawut adalah makanan burung perkutut juga banyak dijumpai dan termasuk ke dalam jenis biji-bijian. Perbedaannya dengan millet yakni warna jewawut yang lebih orange.

kandungan protein jewawut sendiri sangat tinggi dan bagus untuk menambah kegacoran dan mempercepat proses pertumbuhan burung perkutut.

3. Ketan Hitam

Ketan Hitam adalah makanan utama burung perkutut karena dianggap mampu membantu tubuh burung lebih hangat. karena itu sebaiknya ketan hitam diberikan ketika musim dingin atau musim penghujan agar tubuh perkutut lebih terjaga dan tidak terserang penyakit.

4. Kacang Hijau

Jika kacang hijau diberikan secara rutin maka akan membantu burung perkutut tumbuh cepat. Cara pemberiannya yakni dengan langsung diloloh namun terlebih dahulu harus direndam dengan air yang sudah masak sekitar 6-8 jam .

5. Beras Merah

Beras merah ini dijadikan makanan utama karena memiliki banyak khasiat terutama untuk membantu pertumbuhan burung perkutut.

Selain itu, kandungan pada beras merah bagus seperti vitamin E yang berguna membantu perkembangan reproduksi burung. Adapun vitamin lainnya yakni vitamin B.

6. Gabah

Gabah adalah makanan paling disukai karena dengan memakan gabah tidak akan menambah berat badan burung. Dan jika burung memiliki berat badan yang berlebihan maka akan malas berkicau.

Selain beberapa jenis makanan diatas, jika Anda menginginkan burung perkutut Anda cepat gacor, sebaiknya diberikan beberapa suplemen seperti campuran biji-bijian, vitamin, kencur, dan minyak ikan.

Pemberian kencur bisa dengan langsung dilolohkan dengan tangan guna membuat ita suara dan tenggorokan lebih lega dan tidak memiliki efek samping. Berikan kencur 3 kali sehari dan sesekali berikan jeda untuk melihat hasilnya.

Baca Juga : Harga Burung Jalak

Tinggal kalian pilih mana burung perkutut yang paling sesuai dengan Anda, apakah mencari harga burung yang lebih murah, yang paling cantik, yang memiliki suara merdu, ataukah karena faktor lain-lain.

Tapi apapun itu, sebaiknya belilah burung perkutut yang sehat yah, jangan teriming-iming karena harga yang murah.

Brand: Burung Perkutut, Nama Produk: Burung, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp100000 to Rp600000

Berikan Komentar