1 Katalog Harga Helm Terbaru dan Lengkap!

Helm atau pelindung kepala merupakan salah satu aksesoris yang wajib dipakai oleh para pengendara sepeda motor baik muda maupun tua. Mengapa wajib? Salah satu alasan utamanya adalah karena alat yang satu ini dapat menghindari terjadinya benturan saat pengendara mengalami kecelakaan atau terjatuh.

Di zaman yang semakin maju dan canggih ini banyak sekali model pelindung kepala yang dapat dijumpai di pasaran. Mulai dari variasi model hingga warna yang semakin menambah kesan menarik dan unik pada pelindung kepala ini.

Secara umum pelindung kepala yang satu ini terbuat dari bahan metal atau bahan super keras seperti serat resin, kevlar hingga plastik. Tidak hanya dipakai saat berkendara saja, ternyata ada beberapa model helm yang digunakan untuk bekerja atau aktivitas pertempuran militer, olahraga, pertambangan dan masih banyak lagi.

Selain fungsinya dapat melindungi bagian kepala dari benturan, ternyata pelindung kepala ini juga bisa melindungi kepala dari panas dan hujan lo. Apa saja modelnya? Simak beberapa informasi terkait helm dibawah ini.

Jenis-Jenis Helm

Seperti yang diketahui helm tidak hanya dipakai untuk berkendara saja tetapi juga digunakan untuk beberapa aktivitas tertentu. Nah berikut ini jenis-jenis helm berdasarkan kegunaannya antara lain

a. Helm Perang

Helm Perang
Gambar Helm Perang (Amazon)

Pada zaman dulu pelindung kepala yang satu ini sering digunakan untuk berperang. Fungsi utama helm perang ini adalah untuk melindungi kepala dari tebasan senjata lawan, panah hingga peluru yang memilihi kecepatan yang rendah.

Perkembangan helm semakin mengalami peningkatan ketika terjadi perang dunia kedua. Hal tersebut karena pada saat itu helm menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dipakai oleh para prajurit perang.

b. Helm Motor

Helm Motor
Gambar Helm Motor (Amazon)

Sesuai dengan namanya jenis helm yang satu ini dipakai untuk berkendara sepeda motor. Kegunaan utama atau fungsi dari pelindung kepala jenis ini adalah melindungi para pengendara sepeda motor dari benturan apabila terjadinya kecelakaan lalu lintas. Penggunaan pelindung kepala ini juga dapat meringankan risiko benturan kepala yang begitu keras pada saat terjatuh.

c. Helm Sepeda

Helm Sepeda
Gambar Helm Sepeda (Amazon)

Jenis pelindung kepala selanjutnya yaitu jenis yang sering dipakai untuk bersepeda. Memiliki desain atau model helm yang berbeda dengan jenis sebelumnya. Hal tersebut karena jenis pelindung kepala ini lebih menyesuaikan dari kecepatan sepeda yang digunakan yaitu rata-rata sekitar 15 Km/jam.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis helm ini dibagi menjadi beberapa jenis atau tipe yang ke semua jenisnya dirancang untuk untuk melindungi kepala pengguna dari benturan saat bersepeda. Sementara itu untuk jenis pelindung kenapa ini memiliki bobot yang ringan dan nyaman dibandingkan dengan jenis helm pada umumnya.

d. Helm Proyek

Helm Proyek
Gambar Helm Proyek (Amazon)

Selanjutnya adalah jenis pelindung kepala yang dipakai untuk bekerja. Sama halnya dengan jenis-jenis lainnya, helm ini juga dirancang untuk melindungi para penggunanya dari beberapa material yang bisa menjatuhi kepalanya.

Helm jenis ini banyak dipakai untuk pembangunan proyek gedung rumah dan lain-lain. Penggolongan warnanya pun berbeda-beda yaitu warna kuning untuk para pekerja proyek, warna putih untuk supervisor dan wara merah untuk keamanan atau safety.

List Harga Helm Terbaru

Daftar Harga Helm Full Face NHK Terbaru

Nama BarangHarga Dalam Rp
NHK GP1000 Double Visor Helm Full Face – Red MaroonRp445.000
NHK GP 1000 Solid Helm Full Face – BlackRp450.000
NHK GP 1000 Solid Helm Full Face – Black DoffRp450.000
NHK GP 1000 Solid Helm Full Face – WhiteRp450.000
NHK GP 1000 Helm Full Face – Solid RedRp450.000
NHK GP 1000 Solid Helm Full Face – Royal RedRp450.000
NHK GP 1000 Double Visor Helm Full Face – Solid WhiteRp480.000
NHK RX9 Solid Helm Full Face – Black DoffRp460.000

Standar-Standar Helm

Perlu Anda ketahui para distributor helm tidak boleh melakukan prodeksi secara sembarangan. Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan agar helm yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar.

Nah bagi Anda yang berencana untuk membeli helm dalam waktu dekat ini pastikan untuk melihat dan meneliti apakah helm pilihan Anda sudah masuk kedalam standar-standar helm baik DOT maupun SNI. Apa itu standar SNI atau DOT? Simak penjelasannya dibawah ini

a. Standar DOT

DOT atau Departement of Transportation merupakan salah satu lembaga terkenal di Amerika. Merek helm yang memiliki stiker DOT ini tentu sudah dinyatakan telah lulus uji produksi keamanan yang cukup ketat.

Beberapa merek helm yang memiliki stiker Dot ini seperti KYT, MDS dan masih banyak lagi. Nah perlu Anda ketahui bahwa jenis helm yang sudah memiliki stiker DOT ini maka keamanannya sudah diakui oleh internasional. Lalu bagaimana dengan standar SNI?

b. Standar SNI

Jika dilihat dari harga helm dengan standar SNI ini memang lebih murah jika dibandingkan dengan standar DOT. Beberapa jenis atau kualifikasi helm yang memenuhi standar SNI adalah helm terbuka atau tertutup.

Masing masing helm tersebut harus memiliki konstruksi yang kuat pada bagian leher dan penutup pada bagian depan kuping. Pada intinya kualitas SNI ini harus mewajibkan sebuah helm yang mampu melindungi dari benturan yang keras. Disamping itu juga dapat memberikan kenyamanan saat digunakan.

Tips Memilih Helm Berkualitas

Selain memiliki sertifikat DOT dan SNI ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih helm bagus dan berkualitas. Beberapa cara memilih helm yang benar antara lain:

1. Memiliki ukuran yang profesional maksudnya ukuran helm tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil saat digunakan.
2. Memiliki bahan standar tinggi atau kualitas tinggi
3. Mempunyai tingkat ketebalan stirofom sekitar 1 cm pada bagian depannya.
4. Jarak antara mulut pemakai dengan bagian ujung helm yaitu sekitar 1-1,5 cm
5. Kaca helm memiliki ketebalan rata-rata sekitar 2-3 mm
6. Helm tersebut terbuat dari bahan plastik atau karbon kevlar.

Cara Menggunakan Helm

Pemakaian helm yang tidak sesuai dapat memberikan efek yang tidak nyaman bagi kepala. Selain itu, menggunakan helm dengan tepat akan mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan ketika berkendara.

Misalnya pada kasus kecelakaan, bagian terpenting dari tubuh yang harus dilindungi adalah kepala. Karena di dalam kepala terdapat otak yang berfungsi dalam koordinasi seluruh tubuh.

Apabila terjadi benturan di kepala maka akibatnya akan sangat fatal mulai dari gagar otak hingga berujung kematian. Oleh karenanya, sangat diperlukan sekali untuk mengetahui Cara Menggunakan Helm dengan benar. Bagaimana caranya?

1. Pastikan helm yang Anda pasang di kepala sudah benar-benar rapat, jangan lupa mengunci tali helm pada bagian bawah dagu.
2. Jangan gunakan helm yang berukuran lebih besar maupun kecil dari kepala Anda
3. Pastikan seluruh kepala hingga wajah tertutup rapat oleh helm yang dikenakan

Cara Membersihkan Helm


Agar helm tetap awet digunakan, Anda perlu merawatnya dengan baik dengan cara membersihkannya secara teratur. Berikut adalah Cara Membersihkan Helm yang dapat Anda tirukan di rumah:

1. Lepaskan visor atau kaca untuk dibersihkan dengan kain halus
2. Lepas semua busa yang terdapat di helm untuk dicuci
3. Rendam busa yang telah dikeluarkan ke dalam air sabun atau air yang telah diberi pewangi
4. Tunggu selama kurang lebih 30 menit
5. Setelah itu, peras busa dan jemur di bawah sinar matahari
6. Untuk bagian luar helm, Anda hanya perlu menggosok nya menggunakan Wax pemoles
7. Jika semua proses sudah selesai, pasang semua komponen tadi
8. Agar helm tetap terasa wangi, Anda dapat menyemprotkan pewangi dan desinfektan setelah menyatukan semua komponen

Ada banyak model helm yang digandrungi oleh para rider, salah satunya helm touring, yang juga cukup populer. Namun, ada berbagai pilihan model yang dapat Anda temukan di toko-toko di seluruh Indonesia baik online maupun offline sesuai dengan selera Anda. Semoga Informasi tentang helm diatas bermanfaat!