Harga Ikan Gabus

Ikan gabus adalah sejenis ikan predator bergaris yang memiliki nama ilmiah Channa striata. Ikan gabus ini sering ditemukan di daerah perairan tawar seperti danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air sampai ke sawah-sawah penduduk.

Dikarenakan ikan gabus adalah jenis ikan predator, maka ikan ini sering sekali memakan aneka ikan kecil-kecil seperti serangga dan berbagai hewan air lainnya termasuk berudu dan kodok.

Seperti apakah pemeliharaan ikan abus dan ada berapa saja jenis ikan gabus di dunian ini? Berikut adalah ulasannya.

Ikan Gabus di Indonesia

Harga ikan gabus sendiri bisa dikatakan cukup mahal yakni hampir Rp.100.000 per kilogramnya.

Daftar Harga Ikan Gabus Terbaru 2019

Jenis Ikan GabusHarga Dalam Rp/kg
Ikan Gabus SegarRp50.000
Ikan Gabus AsapRp90.000
Ikan Gabus AsinRp170.000
Ikan Gabus HiasRp150.000
Ikan Gabus AlbinoRp400.000-Rp1.500.000
Ikan Gabus GilingRp60.000

Apa itu Ikan Gabus?

Ikan gabus dikenal sebagai ikan predator atau snakehead umum, chevron snakehead dan snakehead murrel. Ikan gabus adalah asli Asia Selatan dan Tenggara, dan telah diperkenalkan ke beberapa Kepulauan Pasifik berdasarkan laporan dari Madagaskar dan Hawaii.

ikan-gabus
Gambar Ikan Gabus (Kaskus.com)

Ikan ini tumbuh hingga satu meter panjangnya dan ukuran ini jarang ditemukan di alam liar. Ikan ini bisa ditemukan di beberapa negara Asia Seatan dan Tenggara seperti Cina selatan, Pakistan, India, Nepal selatan, Bangladesh, Sri Lanka, dan sebagian besar negara Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Ikan gabus bisa dikatakan makanan penting di beberapa daerah perairan yang muncul ian ini. Ikan gabus emiliki kepentingan ekonomi yang cukup besar.

Banyak orang membangun sarang dari vegetasi air selama masa pembiakan. Telur dijaga hingga berubah warna menjadi coklat kehijauan sekitar 5–6 cm.

Ikan gabus pada umumnya ditemukan di dataran air tawar, di mana ikan  ini bermigrasi dari sungai dan danau dan kadang bertahan dengan menggali di lumpur.

Baca juga: Harga Burung Trucukan

Ikan gabus memangsa katak, serangga air, dan ikan yang lebih kecil, dan itu akan menyerang apa pun yang bergerak saat berkembang biak.

Ya, makanan ikan gabus adalah ikan-ikan kecil dan apapaun jenis serangga yang ada bisa dilahapnya.

Nama lain ikan Channa striata umumnya dikenal sebagai Nga-mu porom di Meitei dalam bahasa Tamil, India. Kemudian di Sri Lanka nama Channa striata dikenal dengan  ikan Loola trey ross.

Di  Thailand nama Channa striata dikenal dengan  ikan pla chon. Di Malaysia nama Channa striata dikenal dengan  ikan haruan, haloan, aruan.

Di Filipina, nama Channa striata dikenal dengan  haruan, halwan, bulig, dalag, turagsoy atau “mudfish”. Di  Indonesia nama Channa striata dikenal dengan  ikan gabus.

Olahan Makanan Khas Ikan Gabus

Pada umumnya, ikan Channa striata dimasak dengan bumbu serai dan daun jeruk, siap untuk dikukus dan rasanya sungguh nikmat.

Jika di Kerala, India, ikan gabus dimasak dalam bentuk kari yang dibuat dengan ikan dan tapioka dan makanan tersebut adalah hidangan lezat di Kerala.

Hidangan yang menggunakan ikan ini dimakan dengan nasi sangat populer di antara orang Bengali di Bangladesh dan Bengal Barat.

Ikan Channa striata umumnya sangat populer di masakan Thailand dan dapat disiapkan dengan berbagai cara. Ikan bakar adalah makanan umum yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima atau di Kaeng Som.

Pla ra atau saus ikan fermentasi yang populer di masakan Thailand timur laut, dibuat dari ikan gabus yang difermentasi a selama beberapa waktu. Juga, sosis Cina juga disiapkan dengan daging ikan Channa striata.

Di Filipina, biasanya ikan Channa striata disajikan dalam bentuk goreng, bakar, atau sup. Di Indonesia, Channa striata umumnya diasinkan dan menjadi jenis ikan asin yang populer dalam masakan Indonesia.

Baca juga: Harga Burung Cendet

Manfaat Memakan Ikan Gabus

Industri budidaya ikan daratan pedalaman di seluruh pernah dunia menderita kerugian ekonomi besar-besaran karena sindrom ulkus epizootic (EUS) dan patogen berbasis ikan.

gambar-ikan-gabus
Gambar Ikan Gabus (edubio.info)

Literatur yang tersedia menunjukkan bahwa infeksi dari patogen ikan disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila,  jamur Aeromonas sobria dan Aphanomyces invadans serta virus.

Bakteri, jamur dan virus inilah yang dapat menyebabkan pertumbuhan ikan sangat sulit dan menjadi kerdil.

Channa striatus sendiri bergantung pada komponen imun bawaan mereka untuk melawan infeksi ini. Beberapa molekul kekebalan yang ada pada ikan Channa striatus sendiri bisa dikatakan sangat baik seperti memiliki Chemokine, reseptor kemokin, Thioredoxin, Superoxide dismutase, Serine Protease, Cathepsin, Lectin.

Molekul kekebalan yang ada pada ikan gabus itu setidakknya mampu menolak datangnya virus, jamu dan bakteri yang hendak menyerang ikan gabus.

Dalam budaya India, pernah ada program yang mempromosikan untuk menelan ikan gabus hidup-hidup sebagai obat herbal pengobatan asma.

Namun pengadilan tinggi memutuskan bahwa ikan gabus tidak dapat disebut sebagai”obat”. Tidak ada bukti yang menunjukkan ikan gabus bisa mengobati penyakit dengan efektif secara klinis.

Sementara cerita rakyat di antara orang Cina di Cina Selatan dan Asia Tenggara mengatakan bahwa memakan ikan gabus membantu penyembuhan luka pasca bedah.

Ya, meskipun harga hewan (ikan gabus) memang sangat kaya dengan kandungan albumin atau jenis protein yang penting untuk tubuh. Kandungan albumin ini sangat diperlukan oleh tubuh manusia setiap hari, terutama untuk proses menyembuhkan luka-luka memar dalam tubuh.

foto-ikan-gabus
Gambar Ikan Gabus (Mancingmania.com)

Memakan daging ikan gabus mampu meningkatkan kadar albumin dalam darah sehingga membantu menyembuhkan beberapa penyakit.

Baca juga: Harga Burung Jalak Kebo

Jenis-jenis Ikan Gabus di Dunia

Ada banyak sekali jenis ikan gabus yang tersebar  di dunia ini, di antaranya adalah :

1. Channa amphibeus

Jenis ikan gabus satu ini memiliki nama umum Borna Snakehead dan memiliki panjang sekitar 25 cm, iklan ini banyak menyebar di kawasan Asia.

2. Channa Argus

Jenis ikan gabus satu ini mempunyai nama umum Northern snakehead dan memiliki panjang hingga 85 cm dan banyak menyebar di kawasan Asia.

3. Channa Micropeltes

Ikan Gabus jenis ini banyak menyebar di kawasan Asia Tenggara dan Channa Micropeltes juga sering dijuluki sebagai ikan Toman.

4. Channa Diplogramma

Jenis ikan gabu satu ini bisa dikatakan cukup populer dan sering dijumpai di habitat aslinya yakni Semenanjung India.

5. Channa Bleheri

Jenis ikan satu ini cukup populer karean warnanya yang mirip dengan warna pelangi sehingga mendapat julukan Rainbow Snakehead. Ikan ini menyebar di kawasan Assam, India.

6. Channa Pleuro

Jenis ikan ini memiliki nama ilmiah Channa pleurophthalma yang memiliki ukuran ikan gabus paling besar yakni 40 cm. Jenis ikan bisa Anda temukan di daerah Sumatra dan Borneo. Ikan ini jika di Indonesia sering disebut sebagai ikan Gabus Selendangmayang.

7. Channa Barca

Jenis ikan ini memiliki corak warna birunya yang sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Jenis ikan gabus ini juga memiliki sirip yang melebar ke atas sehingga menambah pesona ikan gabus Barca.

Anda bisa menemukan jenis ikan gabus ini di negara bagian Assam dan Nagaland di India bagian timur laut.Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis ikan gabus yang tidak bisa disebutkan satu per satu karena saking banyaknya.

Seperti itulah yang bisa diulas dari ikan gabus, semoga bermanfaat.

Originally posted 2019-01-19 21:30:00.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar