Harga Ikan Louhan

Beternak ikan louhan bukanlah suatu hal yang mudah, ada banyak sekali kendala yang akan dihadapi dan juga harus dilewati agar ternak menjadi sukses dan berhasil.

Lalu mengapa harus beternak ikan louhan dan bukan jenis ikan lainnya? Sebab louhan memiliki pasaran yang sangat tinggi, ikan tersebut banyak digemari oleh masyarakat. Olahan menggunakan ikan tersebut sebagai bahan dasarnya pun sangat mudah sekali dan juga terdapat aneka macam menu.

pengertian ikan louhan
gambar ikan louhan yang gemuk di akuarium (wanipira.com)

Sebelum melangkah jauh, mari kita ulas sedikit mengenai apa itu ikan Louhan. Apa itu ikan? Ikan sendiri adalah hewan yang hidup bertempat tinggal di dalam air.

Baca juga: Harga Ikan Koi

Alat pernapasan utamanya adalah insang dan bergerak dengan sirip. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur, namun ada beberapa ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Salah satunya adalah lumba-lumba.

Jenis-Jenis Ikan

Macam-macam ikan sendiri terbagi lagi menjadi dua yakni ikan air laut dan ikan air tawar.

1. Ikan Air Laut

gambar ikan laut
gambar ikan laut (youtube.com/watch?v=eHuBINA4UO8)

Jenis ikan air laut ini tentunya hidup di dalam laut, akan mati apabila dipindahkan ke dalam air tawar. Ikan laut masih bisa hidup diluar habitat aslinya yakni laut itu sendiri, namun air yang digunakan untuk menampung ikan tersebut harus merupakan air yang sudah dicampur dengan garam khusus yang membuat air tersebut menyerupai air laut. Kebanyakan ikan air laut adalah ikan hias yang kecil-kecil apabila masih berada di dalam kedalaman air yang dangkal.

Namun tak hanya berfungsi sebagai ikan hias saja, ikan air laut juga bisa dikonsumsi dan kaya sekali akan omega yang bermanfaat bagi otak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ikan laut akan sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan otak anak dan remaja. Ikan laut sering diolah menjadi minyak ikan kemasan yang kemudian dikonsumsi dalam bentuk kapsul.

2. Ikan Air Tawar

gambar ikan air tawar
gambar ikan air tawar (poskotanews.com)

Ikan air tawar ini jelas keberadaannya adalah di air tawar, bisa di sungai, di danau maupun di rawa-rawa. Ikan louhan adalah salah satu ikan yang masuk ke dalam kategori ikan air tawar. Ikan air tawar ini lebih banyak diminati sebagai konsumsi sehari-hari dibandingkan dengan ikan laut. Sebab cara mendapatkannya lebih mudah, harganya lebih murah serta proses pengolahannya lebih mudah pula.

Sama halnya dengan ikan laut, ikan air tawar apabila dimasukkan ke dalam air asin laut juga pasti akan mati. Oleh sebab itu antara keduanya tidak bisa dipindah tempatkan, di luar hal itu semua tetap ada beberapa jenis ikan yang bisa beradaptasi di kedua jenis air tersebut, yakni air asin dan air tawar.

Daftar Harga Ikan Louhan Terbaru

Jenis Ikan LouhanAnakanDewasa
Louhan BonsaiRp230.000Rp830.000
Louhan CencuRp180.000Rp780.000
Louhan Golden BaseRp460.000Rp1.820.000
Louhan Golden RedRp700.000Rp2.950.000
Louhan KamfaRp830.000Rp3.550.000
Louhan KemalauRp170.000Rp650.000
Louhan RainbowRp630.000Rp3.050.000
Louhan StromRp610.000Rp2.530.000
Louhan Super Red DragonRp410.000Rp1.470.000
Louhan Super Red SynspillumRp530.000Rp2.530.000
Louhan Super Red TexasRp630.000Rp2.270.000

Note: Harga diatas hanya perkiraan dan bisa saja berbeda, tergantung tempat dan waktu Anda membeli. Jadi, untuk mengetahui harga ikan louhan hari ini silahkan kunjungi pasar atau toko ikan hias terdekat.

Jenis Ikan Louhan

Di Indonesia, pada dasarnya ada 12 jenis ikan lohan. Namun sebenarnya ada lebih dari 12 jenis ikan louhan. Apalagi setelah terjadi persilangan antar jenis ikan lohan tersebut. Berikut ini adalah macam-macam ikan lohan tersebut.

1. Cencu

gambar ikan louhan cencu
gambar ikan louhan cencu (hewanpeliharaan.org)

Ikan lohan cencu atau yang memiliki nama asli zhen zu ini adalah salah satu jenisikan lohan paling populer di Indonesia. Ikan ini memiliki ciri khas berupa bintik-bintik putih berwarna abu pada tubuhnya. Bintik tersebut mirip dengan mutiara, hingga pada akhirnya banyak yang menyebut ikan lohan cencu ini sebagai ikan lohan mutiara.

Baca juga: Harga Ikan Arwana

2. Golden Red

gambar ikan louhan golden red
gambar ikan louhan golden red (kuyahejo.com)

Sesuai dengan namanya, ikan lohan golden red ini memiliki perpaduan warna merah dan emas yang sangat bagus sekali. Namun perpaduan tersebut baru akan terlihat ketika ikan ini sudah besar. Bila pada anakannya akan belum terlihat.

3. Kamfa

gambar ikan louhan kamfa
gambar ikan louhan kamfa (olx)

Ikan ini juga merupakan ikan yang umum ada dan dijual di Indonesia, peminatnya pun sangat banyak sekali. Warna sisik ikan louhan kamfa ini agak kalem, ikan lohan kamfa memiliki bentuk bintik yang terlihat sangat cantik sekali, mirip dengan bentuk bunga. Ikan lohan kamfa juga sering disebut sebagai ikan lohan golden flower.

4. Bonsai

gambar ikan louhan bonsai
gambar ikan louhan bonsai (Infoikan.com)

Meskipun ikan lohan bonsai memiliki tubuh yang kecil, namun kepalanya sangat besar. Hal tersebut dipandang unik dan menjadikan ikan ini sebagai ikan yang langka. Akibatnya ikan jenis ini banyak dicari oleh kolektor. Apalagi ikan louhan bonsai ini tidak memiliki sifat yang agresif, sehingga keindahannya bisa dinikmati oleh tiap mata di akuarium.

5. Super Red Dragon

gambar ikan louhan super red dragon
gambar ikan louhan super red dragon (youtube.com/watch?v=koRSyyxhS2g)

Keunikan ikan ini adalah warna matanya yang merah pekar, lalu pada bagian tengah matanya berwarna hitam. Semakin merah mata ikan louhan super red dragon ini, maka akan semakin mahal pula warnanya.

6. Super Red Synspilum

gambar ikan louhan super red synspilum
gambar ikan louhan super red synspilum (belajarbeternak.com)

Ikan ini sangat terlihat indah sekali dengan kombinasi warna sempurna antara merah bata dan juga oranye di tubuhnya. Ciri khas ikan lohan super red synspilum adalah tubuhnya tidak memiliki bintik-bintik, hal inilah yang menjadikan ikan ini menjadi semakin banyak diminati sebagai koleksi.

7. Golden Base

gambar ikan louhan golden base
gambar ikan louhan golden base (tokopedia)

Secara umum, ikan ini tubuhnya hampir mirip, bahkan cenderung sama dengan jenis-jenis ikan lohan lainnya. Pembedanya hanyalah warna ikan louhan golden base yang jauh lebih rata dan tidak punya bintik hitam.

Baca juga: Harga Ikan Aligator

8. Kemalau

gambar ikan louhan kamalau
gambar ikan louhan kamalau (dictio.id)

Ciri khas ikan lohan kemalau yakni tidak memiliki corak mutiara yang biasanya membentang di tubuh ikan. Namun kombinasi antara warna jenong dan tubuh yang berbeda membuat ikan lohan kamalau ini banyak peminatnya. Kepala jenongnya berwarna merah tua sementara badannya berwarna merah muda.

9. Super Red Texas

gambar ikan louhan super red texas
gambar ikan louhan super red texas (youtube.com/watch?v=QUobT2C_1QU)

Jangan sampai terkecoh dengan nama ikan ini, meskipun namanya adalah super red texas. Ternyata ikan yang satu ini termasuk ke dalam ikan lohan yang berasal dari Thailand. Ikan ini diberi nama ikan louhan super red texas karena merupakan ikan hasil persilangan texas cichild abu-abu dengan golden red.

10. Strom

gambar ikan louhan strom
gambar ikan louhan strom (kepogaul.com)

Ikan ini mungkin terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, sebab budidaya ikan ini lebih banyak dilakukan di Thailand. Keunikan ikan louhan strom terletak pada corak hitam dan mutiara yang ada di dalam tubuhnya. Bentuknya pun sangat unik yakni horisontal lurus, sementara mutiaranya membentuk corak yang lebar.

11. Rainbow King

gambar ikan louhan rainbow king
gambar ikan louhan rainbow king (dictio.id)

Seperti namanya, ikan lohan rainbow king ini warna tubuhnya terlihat seperti pelangi. Setidak-tidaknya ada 10 warna yang akan terlihat di tubuh ikan louhan rainbow king. Keunikan inilah yang kemudian menjadikan ikan ini banyak dicari serta membuatnya memiliki harga ikan louhan yang tinggi.

Baca juga: Harga Ikan Nila

12. Super Red Monkey

gambar ikan louhan super red monkey
gambar ikan louhan super red monkey (ikanhias-id.blogspot.com)

Secara fisik, ikan lohan super red monkey ini memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan kamfa. Pembedanya adalah ikan super red monkey ini memiliki warna merah yang sangat pekat sekali.

Tips Budidaya Ikan Louhan

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara merawat ikan louhan. Ikan louhan ini tergolong ikan yang sangat mudah sekali untuk dikembang biakkan. Meskipun begitu, mudah bukan berarti tidak ada kesulitan dan tidak perlu ada yang harus diperhatikan dalam pembudidayaannya. Ikan louhan sendiri apabila sudah besar bisa mencapai berat 1 kg, dagingnya gurih dan juga sangat banyak.

Tidak seperti umumnya ikan, ikan louhan ini mencapai kedewasaan saat umur 4 bulan hingga 5 bulan. Ikan ini berkembang biak dan siap kawin pada umur antara 1 sampai 2 tahun.

cara ternak ikan louhan
cara ternak ikan louhan (semuaikan.com)

Waktu yang cukup lama bila dibandingkan dengan ikan jenis lainnya. Ketika ikan louhan sudah mencapai umur 1 tahun pertama, berat ikan tersebut bisa mencapai 1 kilogram. Satu ekor ikan louhan bisa mengeluarkan larva atau telur ikan sekitar 1200 sampai dengan 1500 sekaligus. Cukup banyak sekali namun tentu saja tidak semua telur tersebut menetas dan berhasil tumbuh menjadi ikan louhan dewasa.

Pertumbuhan ikan louhan ini tergantung pH di dalam air, suhu air sebaiknya antara 20 sampai dengan 30 derajat celcius, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Sementara itu kadar pH di dalam air sebaiknya antara 7 sampai dengan 8 saja.

Pakan ikan juga sangat berpengaruh sekali dalam perkembangan dan pertumbuhan si ikan. Makanan ikan louhan biar jenong tersebut antara lainnya adalah lumut, pelet dan juga cacing. Tidak jarang potongandaging ikan kecil yang masih mentah juga dijadikan sebagai pakan ikan.

Baca juga: Harga Ikan Arapaima

Nasi dan roti juga kerap kali dijadikan sebagai pakan ikan, sayangnya hal itu amat tidak sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan louhan tersebut. Hanya berikan pakan yang benar dan juga bergizi pada ikan lohan agar ikan tumbuh dengan baik.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dengan Betina

Selanjutnya hal yang juga harus diperhatikan baik-baik dalam pengembang biakkan ikan adalah dengan cara memilih benih ikan yang baik. Tips membedakan ikan louhan jantan dan betina, sebaiknya Anda memilih benih jantan yang lebih banyak, sebab perkembangannya 40% jauh lebih cepat dari pada yang betina.

perbedaan ikan louhan betina jantan
perbedaan ikan louhan betina jantan (hobibinatang.net)

Namun bila untuk indukan, dalam satu kolam bisa ditaruh 3 ekor betina dengan 1 ekor jantan. Sebab 1 ekor jantan mampu membuahi betina tersebut, selanjutnya pisahkan atau angkat indukan tersebut dan biarkan telur ikan menetas.

Satu lagi tips yang bisa Anda lakukan untuk bibit adalah, jangan mencampur bibit jantan dan betina dalam satu kolam. Sebaiknya dipisahkan saja sebab ikan louhan sangat mudah sekali untuk kawin dan berkembang biak.

Hal itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap berat badan ikan. Akibatnya dalam satu kolam, berat ikan akan banyak sekali yang berbeda. Hal itu sedikit banyak akan merugikan bisnis ternak louhan Anda. Sediakan kolam pembenihan sendiri dan kolam bibit sendiri.

Baca juga: Harga Ikan Tenggiri

Untuk membuat kolam ikan juga harus diperhatikan betul-betul, tinggi minimal kolam adalah 30 cm dari permukaan. Tinggi minimal tersebut akan mencegah ikan louhan meloncat dari dalam air. Kolam terpal yang bersih bisa digunakan. Kolam terpal di sisi lain akan lebih mudah untuk dibersihkan.

ikan louhan di kolam
ikan louhan di kolam (topikanguppy.com)

Untuk intensitas kekotoran kolam harus dibersihkan minimal seminggu sekali. Tergantung dari banyaknya ikan yang ada di kolam serta luas kolam tersebut. Kolam yang sudah digali harus didiamkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari secara langsung selama 3 sampai dengan 7 hari.

Baru setelahnya kolam bisa diisi dengan terpal dan air serta benih dimasukkan ke dalam kolam. Penebaran ikan juga harus diperhatikan, setiap meter kubiknya setidaknya hanya boleh 15 sampai dengan 30 ekor benih ikan louhan yang dimasukkan. Apabila terlalu banyak maka ikan akan kecil-kecil dan tidak maksimal beratnya.

Itulah tadi sedikit tips mengenai pengembang biakkan ikan louhan yang dapat Anda tiru untuk dilakukan. Memang membutuhkan modal yang agak besar untuk berbisnis ternak ikan hias ini karena harga ikan ini termasuk mahal. Namun hal itu tentu akan sejalan dengan hasil yang didapatkan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar