Biaya Membuat SIM C Tahun 2023

Surat izin mengemudi (SIM) adalah salah satu dokumen penting yang dimiliki oleh setiap pengemudi di Indonesia. SIM C adalah jenis SIM yang berlaku untuk mobil dan menyatakan bahwa pemiliknya memiliki kemampuan untuk mengemudikan mobil. Jika Anda ingin membuat SIM C baru, Anda harus mengetahui biayanya.

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap orang yang berusia minimal 17 tahun dan telah lulus tes teori dan praktik dapat membuat SIM C. Namun, sebelum melakukannya, Anda harus membayar biaya pembuatan SIM C yang berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu, biaya pembuatan SIM C pada tahun 2023 tidak akan sama di seluruh wilayah di Indonesia.

Biaya Pembuatan SIM C di Jakarta Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Jakarta dikenal sebagai SIM C Jakarta. Untuk membuat SIM C Jakarta pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 200.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Bandung Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Bandung dikenal sebagai SIM C Bandung. Untuk membuat SIM C Bandung pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 225.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Yogyakarta Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Yogyakarta dikenal sebagai SIM C Yogyakarta. Untuk membuat SIM C Yogyakarta pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 250.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Bogor Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Bogor dikenal sebagai SIM C Bogor. Untuk membuat SIM C Bogor pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 275.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Surabaya Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Surabaya dikenal sebagai SIM C Surabaya. Untuk membuat SIM C Surabaya pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 300.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Bali Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Bali dikenal sebagai SIM C Bali. Untuk membuat SIM C Bali pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 325.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Solo Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Solo dikenal sebagai SIM C Solo. Untuk membuat SIM C Solo pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 350.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Medan Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Medan dikenal sebagai SIM C Medan. Untuk membuat SIM C Medan pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 375.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Biaya Pembuatan SIM C di Makassar Pada Tahun 2023

SIM C yang dikeluarkan di Makassar dikenal sebagai SIM C Makassar. Untuk membuat SIM C Makassar pada tahun 2023, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 400.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya untuk mencetak foto dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM C.

Kesimpulan

Biaya pembuatan SIM C berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor seperti biaya administrasi, biaya ujian, dan biaya pengeluaran SIM. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa biaya pembuatan SIM C di daerah Anda sebelum Anda mulai membuatnya. Dengan melakukan ini, Anda bisa menghemat waktu dan uang yang Anda habiskan untuk membu