Berapa Biaya Buat SIM C?

Proses pengurusan SIM C atau Surat Izin Mengemudi (SIM) C memang tidak mudah. Ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan untuk memulai proses membuat SIM C. Salah satu dokumen yang sangat penting adalah biaya untuk membuat SIM C. Jadi, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C?

Secara umum, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C adalah Rp. 250.000. Biaya ini berlaku untuk semua pengurusan SIM C, baik itu SIM C baru ataupun perpanjangan SIM C. Namun, biaya ini belum termasuk biaya administrasi yang harus dikeluarkan untuk pengurusan SIM C. Biaya administrasi ini berbeda-beda menurut wilayah dan daerah. Di Jakarta, misalnya, biaya administrasi yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C adalah sebesar Rp.25.000.

Selain biaya untuk membuat SIM C dan biaya administrasi, Anda juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen lainnya untuk proses pengurusan SIM C. Dokumen-dokumen ini antara lain adalah KTP, surat keterangan sehat, dan foto berwarna. Semua dokumen ini harus diserahkan ke Dinas Perhubungan yang berada di wilayah Anda masing-masing.

Untuk mempersiapkan dokumen-dokumen penting ini, Anda harus menyiapkan sejumlah biaya tambahan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen ini bervariasi, tergantung fotografer yang Anda pilih. Namun, sebagai gambaran, biaya untuk mempersiapkan dokumen-dokumen ini berkisar antara Rp.50.000 hingga Rp.100.000.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan biaya asuransi kendaraan bermotor (AKB) untuk membuat SIM C. Biaya ini bervariasi tergantung jenis kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mengikuti ujian SIM C. Untuk kendaraan roda dua berkapasitas hingga 250cc, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat AKB adalah Rp. 75.000.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan biaya untuk Ujian SIM C. Biaya untuk ujian ini bervariasi tergantung lokasi atau daerah yang Anda pilih. Biaya ujian ini berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 tergantung lokasi ujian yang dipilih. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan biaya ujian kesehatan jasmani yang berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000.

Jadi, berdasarkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C di atas, secara total biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C sekitar Rp.460.000. Biaya ini belum termasuk biaya administrasi yang harus dikeluarkan untuk pengurusan SIM C.

Namun, biaya ini bisa berbeda-beda tergantung lokasi atau daerah yang Anda pilih untuk membuat SIM C. Jadi, pastikan Anda telah mempersiapkan biaya yang tepat untuk membuat SIM C sebelum mulai proses pengurusan SIM C.

Kesimpulan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C adalah Rp. 250.000. Biaya ini belum termasuk biaya administrasi yang berbeda-beda menurut wilayah dan daerah. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan biaya tambahan untuk mempersiapkan dokumen pengurusan SIM C, biaya AKB, ujian SIM C, dan ujian kesehatan jasmani. Secara total, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM C sekitar Rp.460.000.