Biaya FK Unair: Apa yang Harus Kamu Persiapkan?

Bagi kamu yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), tentu biaya yang dibutuhkan untuk menjalani pendidikan adalah hal yang harus diperhatikan. FK Unair merupakan salah satu fakultas di Unair yang dikenal dengan mahalnya biaya pengeluaran. Namun, biaya yang dibutuhkan tentu tidak selalu mahal. Berikut ini adalah informasi mengenai biaya FK Unair yang wajib kamu persiapkan.

Biaya Pendidikan FK Unair

Biaya pendidikan FK Unair tergolong cukup mahal jika dibandingkan fakultas lain di Unair. Biaya yang harus dipersiapkan mulai dari biaya pembelian buku, biaya perkuliahan, biaya laboratorium, biaya kuliah kedokteran spesialis, dan biaya lainnya. Salah satu biaya yang menonjol adalah biaya perkuliahan yang cukup mahal. Perkuliahan di FK Unair dikenakan biaya sekitar Rp. 2.500.000 per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya pembelian buku, biaya laboratorium, dan biaya lainnya.

Biaya Kemahasiswaan FK Unair

Selain biaya pendidikan, kamu juga harus mempersiapkan biaya kemahasiswaan FK Unair. Biaya kemahasiswaan FK Unair antara lain biaya pendaftaran, biaya pembuatan kartu mahasiswa, biaya ujian akhir, dan biaya lainnya. Biaya pendaftaran FK Unair adalah sekitar Rp. 500.000. Biaya pembuatan kartu mahasiswa sendiri berkisar antara Rp. 150.000-Rp. 250.000. Biaya ujian akhir yang harus dipersiapkan juga cukup mahal yaitu sekitar Rp. 1.500.000.

Biaya Kegiatan Mahasiswa FK Unair

Biaya lainnya yang harus dipersiapkan untuk kuliah di FK Unair adalah biaya kegiatan mahasiswa. Biaya kegiatan mahasiswa ini tergantung pada kegiatan apa yang kamu ikuti. Kegiatan mahasiswa di FK Unair meliputi seminar, lomba, pameran, dan lain-lain. Biaya yang harus dipersiapkan berkisar antara Rp. 100.000-Rp. 500.000. Besarannya tergantung pada jenis kegiatan mahasiswa yang kamu ikuti.

Biaya Lainnya

Selain biaya pendidikan, kemahasiswaan, dan kegiatan mahasiswa, kamu juga harus mempersiapkan biaya lainnya agar kuliah di FK Unair berjalan dengan lancar. Biaya lainnya tersebut antara lain biaya transportasi, biaya asrama, biaya makan, biaya kesehatan, dan lain sebagainya. Biaya transportasi berkisar antara Rp. 150.000-Rp. 200.000 per bulan. Biaya asrama, biaya makan, dan biaya kesehatan tergantung pada tempat tinggal dan pengeluaran masing-masing mahasiswa.

Kesimpulan

Kamu harus mempersiapkan biaya yang cukup besar jika ingin kuliah di FK Unair. Biaya pendidikan, biaya kemahasiswaan, dan biaya kegiatan mahasiswa merupakan biaya wajib yang harus dipersiapkan. Selain itu, biaya transportasi, biaya asrama, biaya makan, dan biaya kesehatan juga harus dipersiapkan agar kuliah di FK Unair berjalan dengan lancar. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan biaya yang cukup jika ingin kuliah di FK Unair.