Harga Lampu LED Motor Beat

Penggunaan lampu LED bukan hanya digunakan sebagai penerang ruangan saja, namun motor pun juga telah menggunakan lampu LED, seperti lampu LED motor beat. Hal ini dikarenakan lampu LED mempunyai kelebihan dan lebih baik daripada lampu bohlam.

Kelebihan Lampu LED Motor Beat

Motor beat merupakan salah satu motor matic keluaran dari honda yang mempunyai pasaran luas dan dilengkapi fitur andalan honda.

Motor ini telah dikenal sebagai motor dengan konsep hemat bahan bakar. Jika dibandingkan dengan motor matic lainnya, konsumsi bahan bakar motor honda beat akan jelas perbandingannya.

Lampu LED juga telah dikenal sebagai lampu hemat energi. Lampu ini mengkonsumsi energi 2 kali lebih sedikit daripada lampu bohlam.

Sedangkan apa itu lampu LED motor beat adalah lampu headlamp yang berfungsi sebagai penerang jalan. Jika lampu honda headlamp pada motor beat dilengkapi dengan lampu LED, maka semakin lengkap kualitas motor beat yang telah terkenal hemat bahan bakar sebelumnya.

Selain dapat lebih menghemat bahan bakar, lampu LED juga mempunyai kelebihan. Kelebihan tersebut adalah :

1. Kualitas Tahan Lama

Kualitas-lampu-led-Lebih-Tahan-Lama
Kualitas Lampu LED Lebih Tahan Lama (Youtube.com)

Seperti halnya lampu LED pada ruangan, lampu LED pada motor beat juga mempunyai kualitas yang sangat bagus, awet dan tahan lama. Dengan konsumsi energi yang sedikit, secara tidak langsung akan memperpanjang umur lampu.

Bahkan kerusakan yang terjadi pada lampu LED motor sangat minim. Sebab lampu LED tidak menggunakan halogen yang rawan akan putus dan pencahayaan menjadi kurang maksimal.

2. Sinar Lampu Lebih Terang

Hasil-Sinar-Lampu-LED-Motor-Lebih-Terang
Hasil Sinar Lampu LED Motor Lebih Terang (Youtube.com)

Lampu LED memang menggunakan teknologi emitting diode yang akan menghasilkan pencahayaan lebih terang dengan maksimal. Dengan menggunakan lampu LED pada motor dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan pada malam hari yang disebabkan minim cahaya.

3. Sinar Lampu Fokus Stabil

Arah-Sinar-Lampu-LED-Lebih-Fokus-dan-Stabil
Arah Sinar Lampu LED Lebih Fokus dan Stabil (Youtube.com)

Pencahayaan dengan lampu LED jauh lebih fokus ke dalam satu titik. Sehingga cahaya dari lampu bekerja dengan maksimal dan tidak menyebar ke seluruh tempat, baik ke samping ke atas maupun berlawanan arah.

Cahaya yang dihasilkan dari lampu ini juga sangat stabil dan tidak terpengaruh dengan jalannya mesin atau besar kecilnya gas yang diambil.

4. Hemat Energi dan Tidak Mudah Panas

Kelebihan dari lampu LED memang sangat hemat energi. Lalu lampu ini juga tidak mudah panas. Adanya peraturan lalu lintas yang mengharuskan lampu headlamp motor harus tetap menyala baik pada siang atau malam hari.

Hal ini membuat penggunaan lampu secara berlebih. Dengan lampu LED, bagian headlamp akan tetap dingin walaupun setelah seharian penuh menyala.

Baca juga: Harga Lampu Sorot

Biasanya harga Lampu Led Motor Honda Beat yang asli lebih mahal dibanding dengan produk Lampu Led Motor Beat yang palsu. Berikut daftar harga lampu LED Motor Beat yang bisa menjadi acuan anda sebelum membeli lampu LED.

Daftar Harga Lampu LED Motor Beat Berbagai Jenis

Jenis Lampu LED Motor BeatHarga
Lampu Led Motor Beat ESP
Rp145.000
Lampu LED Motor BEAT FI AMSRp68.000
Lampu LED Philips Motor Bebek Matic Supra Beat Mio Vario
Rp59.000
Lampu LED Motor Tyto Original H6 Vario Beat Mio Jupiter M2a AC/DCRp41.000
Lampu LED Headlamp Motor Matic PNP AC/DC  Mio/Beat/Soul GTRp35.000
Lampu Led Motor 2 Sisi Motor Bebek Vario Mio Beat Soket H6 ARp32.000
Lampu LED Vinyx 6 SisiRp80.000
Lampu LED Osram LED T19 M5 K1Rp59.000
Lampu LED Motor Led H6 Philips Lamp BeadRp75.000
Lampu LED Eagle Eye DRL for Honda Beat KarbuRp49.000

Harga Lampu Led Motor Beat diatas mungkin bisa berubah-ubah dari waktu kewaktu. Sehingga Anda harus selalu update harga otomotif ini.

Baca juga: Harga Lampu LED Mobil

Kekurangan Lampu LED Motor Beat

Lampu LED juga mempunyai suatu kekurangan disamping kelebihannya yang diantara jenis lampu headlamp lainnya.

Kekurangan tersebut adalah:

1. Sangat Menyilaukan Mata

Hal ini akan lebih jelas pada malam hari. Lampu LED memang memberi penerangan terbaik dan jelas. Namun untuk pengendara lain justru agak sedikit terganggu, apalagi yang berlawanan arah. Sebab cahaya yang dihasilkan cukup menyilaukan mata. Seperti yang ditulis tribun news disini

2. Tidak Dapat Menembus Kabut

Kekurangan lain dari lampu ini adalah cahaya dari lampu tidak mampu menembus kabut. Cahaya dari lampu LED sangat terang, namun bersifat halus dan tidak panas sehingga tidak mampu untuk menembus kabut. Berbeda dengan lampu bohlam yang mempunyai cahaya panas, jadi mampu menerobos kabut.

3. Pencahayaan Kurang Maksimal Ketika Hujan atau Jalanan Basah

Sifat dari cahaya lampu yang sangat halus membuat lampu ini tidak mampu dalam mempertajam jalanan yang basah, terutama jalanan aspal. Sehingga ketika terjadi hujan, tingkat pencahayaan menjadi kurang maksimal.

4. Harga Relatif Mahal

Harga lampu LED motor beat lebih mahal daripada lampu bohlam. Bahkan perbandingannya hampir 10 kali lipat. Karena itu penggunaan lampu bohlam pada motor masih dipertahankan.

Apalagi cahaya dari lampu bohlam lebih tajam dan mampu menembus kabut, sehingga akan mendapat pencahayaan yang lebih maksimal.

Cara Memasang Lampu LED Motor

Memasang atau mengganti lampu headlamp pada motor bisa dilakukan sendiri tanpa harus membawa ke bengkel. Cara pasang lampu LED motor beat juga cukup mudah, peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak dan hanya menggunakan obeng.

Pertama-tama buka cover lampu dan atas. Kemudian buka saklar lampu dengan hanya mencongkel lock dan melepaskan kabel kuning pada socket lampu. Kemudian, socket lampu yang berwarna putih dipotong dan lepaskan isolasi pada kedua ujung kabel. Selanjutnya persiapkan 2 helai kabel, lalu sambungkan dengan isolasi.

Kemudian pasang kembali saklar dan rapikan kabel tambahan. Lalu pada kabel kontak pilih kabel warna merah yang terdapat strip berwarna hitam. Lalu buka isolasi pada kabel tersebut hingga kawat tembaganya keluar. Kupas kabel yang telah ditandai pada saklar lampu utama dan rapikan dengan isolasi supaya tidak goyah.

Lalu pasang lampu LED motor sesuai dengan fitting lampu. Lampu utama pun akan langsung menyala bahkan. Tanpa menghidupkan mesin sekalipun.

Baca juga: Harga Ban Sepeda

Rekomendasi Lampu LED Motor Honda Beat

Lampu LED umumnya mempunyai arus dc, sedangkan sebagian besar motor honda beat menggunakan arus ac. Karena itu mungkin harus menggunakan trick supaya lampu LED motor dapat menyala.

Namun ada beberapa rekomendasi lampu LED motor beat paling terang dan bagus serta multifungsi. Berarti mempunyai 2 buah arus, arus dc dan arus ac.

Di bawah ini adalah rekomendasi lampu LED motor honda beat double arus :

1. Lampu LED Motor Beat NAO M3AC 3 Sisi

Lampu-LED-Motor-Beat-NAO-M3AC-3-Sisi
Gambar Lampu LED Motor Beat NAO M3AC 3 Sisi (Bukalapak.com)

Lampu ini mempunyai konsumsi energi sebesar 40 watt dan mempunyai 3 sisi. Dengan fitur double arus, lampu LED ini dapat dipasang pada motor beat lama yang menggunakan arus ac atau pun motor beat terbaru yang telah menggunakan arus DC. Lampu LED ini tersedia dalam warna putih. Untuk harga dari lampu LED ini sekitar ± 125.000 IDR.

2. Lampu LED Vinyx 6 Sisi

Lampu-LED-Vinyx-6-Sisi
Gambar Lampu LED Vinyx 6 Sisi (Bukalapak.com)

Lampu LED vinyx 6 sisi mempunyai fitur flash yang akan sangat membantu untuk mempertajam pencahayaan bahkan saat malam hari atau hujan.

Dengan fitur ini akan menutupi kekurangan dari karakter lampu LED yang pada dasarnya mempunyai cahaya yang halus. Terlebih lagi dengan fitur double arus yang dapat dipasang di semua jenis motor apapun. Lampu ini tersedia dalam 2 buah warna yaitu warna putih dan kuning. Besar energi lampu ini adalah 35 watt. Harga dari lampu juga relatif murah, hanya ± 80.000 IDR.

Itulah kelebihan dan kekurangan pada lampu LED motor beat. Sebaiknya pilih lampu yang berwarna kuning. Sebab lampu warna kuning mempunyai cahaya yang lebih tajam. Sedangkan lampu LED putih pencahayaannya kurang tajam.

Originally posted 2019-01-21 15:18:55.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar