Harga Lampu Sorot

Lampu sorot atau biasanya disebut juga dengan lampu tembak adalah lampu yang hanya menyorotkan ke satu arah saja. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan berikut. Apa itu lampu sorot?

Apa Itu Lampu Sorot?

Lampu sorot biasanya akan memproyeksikan cahaya yang hanya bersumber dari lampu busur karbon, caranya dengan sebuah cermin reflector parabola.

lampu-sorot
Gambar Lampu Sorot (Elevenia.com)

Kemudian cahaya yang dilepaskan sejajar dan menuju suatu titik dalam arh tertentu. Lampu sorot ini biasanya akan dirancang agar dapat berputar.

Lampu sorot biasanya digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik suatu ruangan. Arah pencahayaan lampu sorot terpusat pada satu titik tertentu. Berikut adalah daftar harga lampu sorot LED terbaik.

Daftar Harga Lampu Sorot (LED) Terbaru Tahun 2019

Jenis Lampu Sorot (LED)Harga Dalam Rp
Lampu Sorot LED 50 WattRp135.000
Lampu Sorot LED 5 WattRp47.500
Lampu Sorot LED IndoorRp130.000
Lampu Sorot LED Aibao DiscolourRp57.000
Lampu Sorot LED 20 Watt EmicoRp57.000
Lampu Sorot LED Mthl 10 WattRp47.000
Lampu Sorot LED + DudukanRp72.500
Lampu Sorot LED 5 Watt 220 VoltRp63.000
Lampu Sorot LED 20 Watt 6500k ip65 smdRp58.000
Lampu Sorot LED Outdoor Philips 20 WattRp254.200

Baca juga: Mesin Cuci Sanken 2 Tabung

Tips Memilih Lampu Sorot

Jika Anda ingin membeli lampu sorot untuk ruangan Anda. Pastikan jika lampu sorot yang Anda gunakan sudah tepat dan baik.

Jangan sampai Anda membeli lampu sorot yang justru membahayakan diri Anda sendiri, tidak mengerti dayanya dan bahan yang digunakan.

Lalu bagaimana cara memilih lampu sorot yang benar? Berikut adalah tips memilih lampu sorot yang bisa Anda lakukan!

1. Hitung Besar Daya

Jika Anda ingin menggunakan lampu sorot, pastikan Anda juga harus tau besarnya daya yang dibutuhkan untuk ruangan Anda.

Untuk memilih yang sesuai Anda bisa melakukan langkah ini yaitu hitung terlebih dahulu besarnya daya yang dibutuhkan. Caranya adalah dengan menghitung besarnya daya semua lampu yang Anda perlukan kemudian jumlahnya dapat Anda kalikan 115 persen.

Hal ini dilakukan untuk menentukan besarnya daya minimal transformator yang dibutuhkan.

2. Pilih Lampu Berkualitas

Pastikan Anda memilih jenis lampu yang tepat dan berkualitas baik. Anda harus tau besarnya ruangan dengan besaran cahaya lampu.

Meski tujuan untuk menyinari ruangan tapi Anda harus paham, untuk memberi cahaya pada suatu ruangan harus paham pencahayaan agar tidak salah dan mengakibatkan mata rusak akibat cahaya yang terlalu terang ataupun redup.

3. Pemilihan Desain Ornament

Tentukan desain ornament seperti apa yang ingin Anda gunakan. Ornament disini adalah bagaimana bentuk tiang lampu yang akan digunakan. Keindahannya harus disesuaikan agar kesan yang ada tetap indah dan tidak salah.

4. Baca Petunjuk Pemasangan Lampu

Sebelum melakukan pemasangan lampu sorot untuk ruangan Anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah tetap baca petunjuk cara penggunaan lampu sorot, agar Anda lebih paham dan tidak salah langkah ketika memasang atau ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

Jenis-Jenis Lampu Sorot

Hal yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis dari lampu sorot serta kegunaan masing-masing lampu tersebut.

1. Lampu Pijar (Biasa)

lampu-pijar
Gambar Lampu Pijar (Canfm.org)

Dikembangkan oleh Thomas Alfa Edison, lampu ini menggunakan filament tungsten. Pada lampu pijar ini memiliki daya yang lebih besar dibandingkan dengan lampu TL dengan tingkat cahaya yang setara.

Namun, lampu pijar ini pemakaiannya hanya 1000 jam saja atau 10 jam perhari dan bertahan dari 3 sampai 4 bulan.

Banyak orang yang menggunakan ini karena dirasa cahaya yang dihasilkan hangat dan juga memberikan kesan yang tenang. Derajat suhu warnanya 2’500 – 2’700 (Kelvin)

2. Lampu TL

lampu-tl-led
Gambar Lampu TL (Bukalapak.com)

Lampu TL atau yang disebut dengan lampu fluorescent. Lampu ini sering juga disebut dengan lampu neon. Berbagai macam bentuk yang dimiliki dari lampu TL ini, dari berbentuk memanjang umu, spiral, berbentuk uril atau ada juga yang berbentuk vertikal.

Pada umumnya lampu Tl yang berkualitas baik, berumur 15.000 jam atau diperkirakan sampai 10 tahun penggunaan. Namun, biaya nya lebih baik 10 x lipat dari lampu pijar.

Dan yang berumur buruk biasanya hanya berumur 4 sampai 6 bulan. Cahaya pada lampu TL adalah sebagai berikut:

  • Kuning (2’700 K – 3’000 K)
  • Netral ( 3’500 K – 4’500K)
  • Putih (5’000 K – 6’500 K)

3. Lampu Halogen

lampu-halogen
Gambar Lampu Halogan (Elevenia.com)

Pada lampu halogen ini biasanya memiliki reflector yaitu cermin dibelakangnya. Untuk memperkuat cahaya yang akan keluar, biasanya memiliki fitting yang khusus, dan ada juga yang fitting jenis biasa.

Lampu jenis ini merupakan salah satu lampu spot yang baik. Lampu spot adalah lampu yang cahayanya hanya mengarah ke satu arah tertentu saja.

4. Lampu LED

lampu-led
Gambar Lampu LED (Philips.com)

Lampu ini merupakan salah satu lampu sirkuit yang semikonduktor, yang akan memancarkan cahaya hanya ketika dialiri listrik.

Sifatnya berbeda dengan lampu filament, lampu TL, yang pijarannya hanya menggunakan partikel. Lampu ini cahayanya dari aliran listrik, sehingga tidak terlalu panas.

Sehingga lampu LED terasa lebih dingin ketika di dalam suatu ruangan dan berbeda dengan lampu TL yang cenderung lebih panas.

Lampu LED ini adalah lampu yang berisi kumpulan LED kecil yang bervariasi dengan warna putih ataupun kuning.

Baca juga: Mesin Cuci Aqua 2 Tabung

Cara Merawat Lampu Sorot

Untuk merawat lampu sorot, hal yang harus dilakukan agar floodlights dapat terus bertahan dalam waktu yang cukup lama dan tetap bekerja secara optimal adalah sebagai berikut.

1. Memilih Produk yang Berkualitas

Langkah awal adalah Anda harus memastikan kualitas lampu yang Anda gunakan adalah lampu yang baik dan material yang berkualitas.

Hal ini juga perlu diperhatikan ketika lampu sorot Anda akan diletakkan di luar ruangan.

Beberapa pilihan yang baik jika Anda ingin meletakkan lampu sorot di luar ruangan adalah kuningan, keramik, ataupun campuran tembaga, dan juga kuningan yang tidak mudah korosif sehingga akan bagus dan tahan lama.

2. Meletakkan di Titik Strategis

Anda juga harus memperhatikan dengan benar, dimana Anda akan meletakkan lampu sorot Anda. Letakakkan ditempat yang strategis.

Pastikan kondisi di lingkungan sekitar lampu aman dan kondusif. Pilihlah ditempat-tempat yang cukup aman dan juga terlindungi ketika Anda akan memasang lampu sorot tersebut.

Jangan sampai lupa untuk terus melakukan pengecekan ulang secara rutin. Periksa komponen-komponen yang penting seperti foundation bold dan juga bracket lampu.

3. Membersihkan Bagian Permukaan Penampang

Karena 17% cahaya yang keluar pada lampu sorot ketika kena debu ataupun kotoran akan berkurang. Angka ini akan terus bertambah jika kotoran yang menempel semakin banyak.

Bersihkan batgian penampang secara rutin dengan rajin mengecek lampu. Perhatikan juga, jika membersihkannya juga tidak boleh sembarangan.

Rekomendasi Lampu Sosot Terbaik

Pilihlah lampu sorot terbaik. Berikut rekomendasi lampu sorot terbaik!

1. Tembak Led Luxion dan Cree

Lampu sorot ini adalah lampu yang cocok untuk tambahan kabut. Lampu ini juga cocok untuk tambahan lampu mobil yang belum dilengkapi dengan lampu kabut dan diletakkan di depan bemper mobil.

Atau coba Anda meletakkannya di depan motor Anda, high bem atau low be mini semua sudah dibekali dengan bracket. Ini nantinya yang bisa Adna pasangkan sesuai dengan kreasi Anda sendiri.

2. Lampu Light Sorot Light Bar 18 Watt Waterproff

Lampu sorot ini sangat cocok untuk menambah penerangan ketika malam hari. Cocok juga untuk tambahan lampu pada mobil ataupun motor.

Bahannya terbuat dari alumunium yang memiliki kelebihan yaitu

  • Tahan banting
  • Lebih dingin
  • Tahan panas dipanjer lama
  • Serta waterproff

Demikianlah ulasan mengenai lampu sorot dan kegunaannya serta cara memilih dan menentukan lampu sorot yang berkualitas dan sesuai dengan ruangan Anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Berikan Komentar